Tips Tempat Usaha Jasa Cetak

Diposting oleh Auri Kasturi on Mar 14, 2013


Agar konsumen baru menjadi loyal dan mau datang kembali ke tempat usaha jasa cetak anda, cobalah anda sedikit berusaha merapikan tempat usaha ini. Pada umumnya tempat jasa cetak adalah tempat yang paling semrawut (berantakan) dan terkesan agak kotor. Hal ini sudah menjadi trade mark yang melekat pada pelaku industri percetakan, usaha skala kecil atau besar.

Bila anda ingin menghilangkan kesan negatif tersebut, tidak ada salahnya anda berusaha merubah image demikian dengan cara, misalnya:
  • merapikan barang-barang stok (kertas) yang terlihat asal tumpuk saja
  • merapikan tempat tinta. 
  • bekas tinta cetak dihapus (dicat) kembali agar terlihat bersih. 
Yang paling utama adalah mencuci mesin cetak anda agar kelihatan kinclong. Memang tidak semudah membalikkan telapak tangan dalam hal mendidik para pegawai anda agar bersikap lebih bersih lagi setiap harinya. Juga diperlukan kemauan dan contoh yang ekstra keras dari anda sebagai pemilik usaha, agar perilaku bersih dari anda dapat ditiru oleh bawahan anda. 

Bagi para pemain di bisnis percetakan, bila ingin mendatangi suatu tempat produksi cetak untuk keperluan bisnisnya, hal pertama kali yang diingat adalah bagaimana suasana tempat tersebut. Kalau sudah cocok dengan suasana, lingkungan, pola kerja dan sdm di tempat tujuannya biasanya mereka enggan berpindah ke lain hati. Nah, untuk mempertahankan konsumen loyal seperti ini, cobalah anda sebagai pengusaha percetakan berkorban sedikit dengan merapikan tempat usahanya seperti cara tersebut di atas. 

Ini agar usaha percetakan semakin berkembang. Kalau bisa tampilan luar kantor anda dicat ulang dengan warna cerah yang bisa menjadi ciri khas. Kalau tak ada biaya, tidak perlu direnovasi fisik, cukup beri warna pembeda minimal setiap awal tahun baru.

{ 0 komentar ... read them below or add one }