Menyusuri Perjalanan Padang Ke Pekanbaru

Diposting oleh Pekanbaru Sore Hari on Mar 26, 2013



Betul apa yang dikatakan oleh orang- orang tua dahulu bahwa lebih nyaman rasanya ketika kita berada di tanah kelahiran sendiri misalnya di kota padang. Menyusuri kota padang ketika anda baru tiba di Bandara International Minangkabau dan menikmati keindahan kota padang serta kota tua-nya dan sudah barang tentu Hotel Premier Basko Hotel menjadi salah pilihan anda menginap di kota padang.

Setelah cukup lama anda menikmati nikmatnya kuliner asli padang yakni rendang atau pun kudapan khas yang sudah sangat melegenda yaitu keripik sanjai dan kipang anda pelan- pelan bisa menyusuri wisata dari mulai padang ke pekanbaru. Berikut ulasannya :

1. Jembatan Siti Nurbaya
Jembatan Siti Nurbaya nama salah satu tokoh di novel minangkabau yakni Siti Nurbaya ( Kasih Tak Sampai ) yang mengisahkan perjodohan yang didasari hutang piutang dan perjuangan melawan penjajah di tanah air. Salah satu bangunan yang diabadikan menggunakan nama tersebut adalah Jembatan Siti Nurbaya di kota padang, dihiasi dengan lampu taman yang berbentuk gonjong rumah gadang dan di sore hari dapat menikmati indahnya sunset di pantai padang dari jembatan ini.



2. Lembah Anai
Setelah hampir lebih dari satu jam melalui perjalanan darat kita akan menemui salah satu wisata di sumatera barat yaitu air terjun lembah anai yang dapat anda nikmati meskipun sambil berkendara karena lokasi wisata ini persis berada di jalan negara yang menghubungkan sumatera barat dengan riau. Baik wisatawan lokal atau pun luar negeri banyak mengunjungi tempat wisata ini sejenak untuk melepaskan kelelahan dalam perjalanan. Di sepanjang menuju tempat wisata ini anda bisa juga beristirahat di kedai nasi kapau padang menikmati kuliner andalan padang seperti dendeng batokok dan rendang.



3. Minang Fantasi (Mifan)
Selanjutnya menyusuri perjalanan kita akan melalui tempat wisata Minang Fantasi atau lebih banyak dikenal dengan nama Mifan salah satu tempat rekreasi keluarga yang menjadi pilihan di sumatera barat. Berkonsep water park dan berada di kota padang panjang yang merupakan kota administrative kabupaten tanah datar sumatera barat.



4. Jam Gadang
Wisata yang satu ini sangat fenomenal karena lokasinya yang pernah menjadi pusat pemerintahan di zaman kolonial belanda. Menyusul dengan banyaknya pusat wisata di bukittinggi seperti ngarai sianok, lubang jepang, banteng Fort De Kock dan janjang 1000. Jam gadang yang merupakan salah satu jam pemberian hadiah dari Ratu Belanda Wilhelmina dan hanya ada 2 buah di dunia salah satunya adalah Big Ben di Inggris. Yang unik pada bangunan jam gadang di bukittinggi ini adalah proses pembuatan gedung dengan tinggi 26 meter ini menggunakan putih telur ayam sebagai pengeras bangunannya.




5. Lembah Harau
Wisata alam lembah harau tidak lah kalah memukau jika dibandingkan ngarai sianok di bukittinggi. Wisata alam yang eksotis ini dengan bentangan tebing- tebing tinggi dengan ketinggian lebih dari 100 meter dan membentang sepanjang desa harau di kabupaten lima puluh koto payakumbuh sumatera barat ini menjadikan lembah harau menjadi salah satu pilihan tempat beristirahat ketika anda melakukan perjalanan darat dari padang ke pekanbaru. Dari jalan negara atau biasa di sebut jalan lintas anda cukup masuk sejauh 2km dan untuk menikmati pemandangan alam ini.



6. Candi Muara Takus
Setelah berjalan hampir lebih 3-4 jam dari kota padang anda bisa mengunjungi candi muara takus yang berada di desa muara takus kecamatan XIII koto kabupaten kampar riau. Merupakan situs candi Buddha yang berada di pinggir sungai Kampar kanan dan bahasa ini berasal dari bahasa cina yang artinya Ta=besar, ku=tua dan se=candi ) sehingga bisa diartikan yakni candi besar tua yang berada di muara sungai.


Setelah menikmati wisata candi muara takus dan melakukan perjalanan lebih dari 2 jam dan memasuki provinsi riau dengan melalui kabupaten Kampar anda akan menikmati wisata kota pekanbaru yang saat ini sedang giat- giatnya melakukan pembangunan infrastruktur. Beberapa daftar wisata alam sumatera barat dan riau diatas dapat menjadi pilihan anda dalam berwisata bersama keluarga. (ydq)

{ 0 komentar ... read them below or add one }