Masakan Padang Ayam Pandan Balado

Diposting oleh Auri Kasturi on Mar 26, 2013


Resep masakan padang yang lezat mempunyai ciri khas tidak pelit soal bumbu dan rasanya pedas. Resep masakan ayam balado pandan khas Sumatera ini pas bagi anda yang menyukai masakan pedas. Aroma harum pandan menambah selera makan makin meningkat. Berikut resep membuat ayam pandan balado

Bahan-bahan:
1 Ekor ayam
2 Batang serai
6 Buah bawang merah, iris halus
1 Lembar daun pandan, bersihkan sebelum diolah
5 Lembar daun jeruk, bersihkan sebelum diolah
50 ml minyak sayur
150 ml air putih
1 Sendok makan penyedap rasa ayam / kami pilih Royco Rasa Ayam
1 Buah jeruk nipis segar
12 Buah cabe merah bersih
10 Buah cabe rawit merah pilihan
7 Siung bawang putih pilihan
4 cm jahe

Cara membuat masakan padang ayam balado pandan:

Potong potong ayam sesuai selera (saran: 16 potong), bersihkan lalu Sisihkan. Tumbuk halus atau blender cabe merah, cabe rawit, jahe dan bawang putih, sisihkan.

Siapkan wajan beri minyak sayur, tumis daun pandan, bawang merah, dan serai yang telah dimemarkan. Masak sampai berubah warna kecoklatan dan tercium harum. Kemudian tambahkan daun jeruk, penyedap rasa ayam, serta bumbu yang telah dihaluskan sebelumnya. Lanjutkan memasak sampai harum.

Jika armoa harum sudah tercium, masukan potongan ayam lalu aduk hingga berubah warna. Tambahkan air, kurangi api. Lanjutkan memasak dengan api kecil agar bumbu bisa diserap serat daging dengan sempurna, tutup. Masak terus (ungkep) sampai air menguap. Masak terus sampai sesekali diaduk dan angkat jika setelah matang. Proses akhir adalah dengan menambahkan air jeruk serta aduklah sampai tercampur rata.

{ 0 komentar ... read them below or add one }