Komoditi Padang Sebagai Suplai Di Pekanbaru

Diposting oleh Pekanbaru Sore Hari on Mar 26, 2013



Padang merupakan ibukota representatif sumatera barat. Seperti telah banyak kita ketahui bahwasanya sangat banyak terdapat potensi sumber daya alam di sumatera barat tanah sakato ini, dari mulai sumber daya alam berbentuk batubara hingga sumber daya di bidang pertanian seperti padanmisalnya komoditi sembilan bahan pokok (sembako) yang saat ini juga merupakan penyuplai terbesar dan terdekat dari provinsi riau tak terkecuali pekanbaru sebagai ibukota provinsi ini.

Dari sekian banyak jenis komoditi yang menjadi suplai ke pekanbaru riau berikut komoditi yang banyak menjadi prioritas di perjual belikan di pekanbaru :

1. Beras
Banyak terdapat jenis varietas beras di sumatera barat yang menjadi pilihan untuk di konsumsi di pekanbaru riau seperti misalnya varietas anak daro, beras solok dan varietas lainnya. Beras sumatera barat banyak menjadi pilihan beberapa pengusaha masakan untuk memenuhi kebutuhan nasi kapau padang mereka.



2. Telur Ayam
Telur ayam merupakan komoditi yang juga sangat banyak di konsumsi di pekanbaru riau dan suplai kebutuhan ini sangat bergantung sekali dengan pengiriman dari sumatera barat melalui jalur jalan negara yang menghubungkan lima puluh koto di payakumbuh dan kabupaten kampar di riau.



3. Ayam
Suplai hawan ternak ini yang dapat dijadikan sajian lauk pauk di hampir semua rumah makan di pekanbaru sangat bergantung sekali dari suplai di sumatera barat.



4. Kelapa
Buah kelapa namun yang sangat di butuhkan sebagai bahan dasar masakan dengan perasan santannya yang sering sekali di gunakan oleh pengusaha masakan di kota pekanbaru.




5. Cabai
Kota pekanbaru yang hampir 70-80% di huni oleh masyarakat minangkabau sumatera barat dan identik dengan “lado”nya atau pengkonsumsi cabai untuk semua jenis masakan memang sangat dibutuhkan untuk pencampur masakan di hampir semua rumah tangga dan idnustri rumah makan di kota pekanbaru.



5 komoditi tersebut merupakan komoditi yang sangat banyak diperjual belikan dari padang sumatera barat ke kota pekanbaru, meskipun masih banyak komoditi lainnya di juga di suplai dari sumatera barat. (ydq)

{ 0 komentar ... read them below or add one }