Mengurangi Hobi Belanja

Diposting oleh Auri Kasturi on Mar 8, 2013



Jalan ke pusat perbelanjaan menjadi kegiatan yang menyenangkan. Apalagi sambil belanja memenuhi keinginan sendiri. Sayangnya keinginan untuk berbelanja seseorang tak diimbangi oleh anggaran yang dimiliki. Sehingga masalah ini kerap terjadi pada seseorang yang hobi berbelanja.

Nah berikut solusi belanja sesuai anggaran yang telah direncanakan:

Membuat Anggaran
Sebelum gajian, tentukanlah berapa uang yang akan ditabung dan berapa yang akan digunakan untuk belanja bulanan. Hal itu untuk menghindari pengeluaran uang yang tak terkontrol. Cara ini dapat menghilangkan kebiasaan buruk seorang yang lapar mata jika berada di pusat perbelanjaan.

Sabar Sebelum Membeli
Lihat terlebih dahulu barang yang dijual tersebut. Jangan cepat terpengaruh dengan diskon maupun promo. Kita dituntut memahami sistem diskon yang diterapkan. Tidak semua diskon itu berita baik karena syarat dan ketentuan tetaplah berlaku.

Kreatif
Jadikanlah label harga sebagai panduan untuk berbelanja. Jika sedang mencari barang tertentu, sebaiknya buatlah perbandingan harga dari setiap lain. Karena biasanya harga yang ditawarkan di tempat lain, berbeda dan bisa saja lebih murah. Dengan begitu dapat membantu Anda membeli barang yang dibutuhkan dengan harga lebih terjangkau.

Butuh atau Ingin
Kita harus mengetahui perbedaan apa yang dibutuhkan dan diinginkan. Kebutuhan tentunya menjadi prioritas. Keinginan untuk memperoleh barang memang biasanya bukanlah suatu kebutuhan. Jadi, perlu kita membawa catatan anggaran kita setiap berbelanja.

{ 0 komentar ... read them below or add one }