Pusat Perbelanjaan Pasar Bawah Pekanbaru

Diposting oleh Auri Kasturi on Mar 4, 2013



Pekanbaru tidaklah sepopuler Bandung, Yogya, maupun Padang. Baik wisata alam maupun wisata belanja. Namun bagi yang berwisata ke Pekanbaru, tetap bisa mengunjungi tempat wisata. Salah satu wisata belanjanya adalah Pasar Bawah Pekanbaru, terletak di pinggir Sungai Siak dan dekat dengan pelabuhan, sehingga di pasar bawah ini mudah sekali ditemukan barang-barang dari luar negeri dengan harga miring.

Lokasi Pasar Wisata tidak terlalu luas dan merupakan pasar yang tertua yang pernah ada di Pekanbaru, dikatakan pasar ini merupakan cikal bakal berdirinya ibukota Riau Pekanbaru sekarang ini, lihat saja posisinya yang berdekatan dengan sungai siak, jalur transportasi utama tempo dulu. wisata belanja ini terletak di ujung jalan A Yani.

Pasar Bawah menjadi pusat perbelanjaan favorit di kota ini untuk berburu barang-barang elektronik dari luar negeri. Tapi tentunya bukan cuma barang elektronik saja, aneka hiasan kebutuhan rumah tangga seperti guci dan patung-patung juga tersedia dengan aneka pilihan. Seiring waktu berjalan, peraturan pemerintah pun semakin ketat. Barang-barang yang dulunya mudah masuk, sekarang tidak bisa lagi.

Pemerintah kota Pekanbaru tidak mau pasar yang sudah terkenal itu menjadi mati. Kemudian pemko membangun sebuah pasar yang lebih bagus dan menjadikannya sebagai pasar wisata di kota pekanbaru. Sekarang Pasar bawah Pekanbaru berubah nama menjadi Pasar Wisata, walaupun orang banyak lebih familiar dengan nama Pasar Bawah. Harus diakui langkah yang diambil Pemkot Pekanbaru sudah tepat.


Sampai saat ini kita masih dapat bisa berburu barang dari luar negeri dengan harga miring dengan cara tertentu, jadi pandai-pandailah. Seiring dengan pertumbuhan pusat perbelanjaan di Pekanbaru, banyak penduduknya yang mengharapkan agar pasar ini terus bertahan dengan menjual cindera mata khas Pekanbaru yang tidak ditemui di tempat lain. Hal itu tentu akan menarik para wisatawan untuk berkunjung kesana.

{ 0 komentar ... read them below or add one }