Air Terjun Tanjung Jaro nan Indah

Diposting oleh Auri Kasturi on Mar 23, 2013


Sumatera Barat memang kaya dengan wisata alam. Biasanya wisatawan sudah mengenal Bukittinggi, Padang, Mentawai. Padahal masih banyak daerah lain yang memiliki potensi wisata. Salah satunya adalah di Kabupaten Lima Puluh Kota.

Di Nagari Simpang Kapuak Kecamatan Mungka Kabupaten Lima puluh Kota terdapat sebuah air terjun yang bagus yaitu air terjun Tanjung Jaro di jorong Balai Tampung Pinang. Jaraknya sekitar 35 km dari Kota Bukittinggi atau 125 km dari Kota Padang.

Yang menarik dari air terjun Tanjung jaro ini adalah airnya yang sejuk dikelilingi oleh alamnya yang masih perawan.Walau di musim kemarau Air Terjun Tanjung jaro ini tidak mengalami kekeringan.

Air terjun yang tingginya mencapai 20 meter ini mempunyai debit air yang besar,menurut peneliti dari pemda lima puluh kota Air terjun tanjung jaro ini mempunyai debit 80 m3/detik. Air terjun Tanjung Jaro ini memiliki tiga tingkat air terjun,tiap-tiap tingkatnya ada lubuk yang dibatasi oleh batu-batu besar.

Lubuk-lubuk di air terjun Tanjung Jaro ini sangat bagus untuk mandi-mandi.Saat hari-hari libur tidak sedikit anak-anak atau wisatawan lokal yang mandi di lubuk Tanjung jaro ini.

{ 0 komentar ... read them below or add one }