Menikmati Wisata Kuliner Cemilan

Diposting oleh malamjumat on Mar 18, 2013


Untuk yang ingin berwisata sambil menikmati kuliner enak, jangan lewatkan datang ke 5 kota berikut yang terkenal dengan cemilan enaknya.

1. Padang


Padang terkenal dengan keripik balado. Rasanya yang pedas dan manis digemari hampir semua orang.
Selain keripik balado, cemilan lain khas Padang yang cocok dijadikan adalah dakak-dakak. Cemilan yang terbuat dari singkong dan berwarna kuning. Anda pun bisa melihat makanan ini hampir tidak absen di meja penduduk Minangkabau.

Tidaklah sulit untuk menemukan toko yang menjual kedua cemilan khas ini. Hampir semua toko makanan di Kota Padang menyajikan cemilan ini, seperti toko yang ada di Pasar Raya Kota Padang dan kawasan Pecinaan.

2. Palembang


Palembang memiliki kerupuk ikan yang sudah terkenal. Rasanya ikan yang begitu terasa di kerupuk membuat orang tak bisa berhenti mengunyahnya. Bahkan, tak sedikit traveler yang sengaja datang ke Palembang hanya untuk membeli kerupuk ini langsung dari daerahnya.

Kerupuk Palembang juga dijual di banyak tempat di kota Palembang. Mulai di toko oleh-oleh, sampai dalam mobil, ada yang menjualnya. Kalau ingin yang lebih lengkap Anda bisa datang ke pasar yang ada di Kota Palembang, seperti Pasar 16 Ilir Pasar Kuto dan Pasar Plaju. 

3. Semarang


Semarang memiliki ciri khas wingko. Panganan yang satu ini berbahan dasar kelapa dengan aneka rasa. Wingko biasanya dijual per satu tas ukuran kecil. Tiap tas berisi 10 kantung kecil yang masing-masing diisi dengan 1 buah wingko. Untuk bisa membelinya, bisa mengunjungi sentra oleh-oleh di Kota Semarang.

Simpang Lima di Semarang juga bisa menjadi lokasi pas untuk berburu Wingko. Ini adalah kawasan belanja dan pusat oleh-oleh di Semarang. Anda bisa memuaskan hasrat belanja dan memborong cemilan, tentu salah satunya Wingko.


4. Yogyakarta


Yogyakarta terkenal dengan gudeg, bakpia dan gorengan belalang. Anda bisa datang ke kawasan Malioboro. Di sana ada banyak toko yang menjual aneka merk dan jenis bakpia. Jalan sedikit ke Pasar Pathuk, Anda bisa melihat pabrik pembuatan kue ini.

Gorengan belalang digandrungi banyak orang. Traveler pun rela jauh-jauh datang langsung ke Kabupaten Gunung Kidul yang menjadi sentra cemilan ini. Di sana, Anda bisa menemukan banyak warung yang menjual gorengan belalang nan renyah. 

5. Mataram


Mataram juga punya cemilan khas yang diburu setiap traveler yang datang, yaitu manisan kering rumput laut. Cemilan lezat ini bisa Anda temukan di seluruh pelosok Pulau Lombok, khususnya Mataram. Ada banyak toko yang menjajakan manisan kering ini dalam kemasan besar dan kecil.

Manisan rumput laut khas Lombok ini dibuat mirip seperti permen. Rasanya pun beraneka macam, ada rasa nanas, stoberi, melon dan masih banyak lagi. Semua rasa digabung dalam satu kemasan. Anda pun bisa mencicipi seluruh rasa. Saat ini, manisan rumput laut menjadi primadona di kalangan turis, rasa manisnya yang pas dan kelembutannya begitu terasa saat meluncur ke tenggorokan.

Nah, apakah Anda sudah menentukan pilihan mau berkunjung ke kota mana untuk berwisata sekaligus menikmati cemilannya?

{ 0 komentar ... read them below or add one }