Pasar Oleh-oleh Terbaik di Indonesia

Diposting oleh Auri Kasturi on Mar 18, 2013


Belanja oleh-oleh menjadi kegiatan penutup dalam traveling. Indonesia memiliki lima pasar oleh-oleh terbaik di Indonesia:

1. Pasar Sukawati, Gianyar


Pasar Sukawati terletak di Desa Sukawati, Kecamatan Sukawati, Kabupaten Gianyar, Bali. Belanja oleh-oleh mulai dari kaos khas dengan tulisan 'Bali' dan lambang merk bir terkenal, aksesoris berupa kalung dan gelang, sendal, tas, lukisan-lukisan yang menggambarkan kehidupan Bali, kain Bali, dan masih banyak lagi. Pasar ini mulai buka dari pukul 08.00 WITA
Harga berkisar sepuluh ribu hingga ratusan ribu rupiah. 

2. Pasar Beringharjo, Yogya


Inilah surga belanja di Kota Gudeg tersebut. Terletak di Jl Jenderal A Yani atau di ujung Jalan Malioboro. Berdiri sejak tahun 1756, Pasar Beringharjo memiliki empat lantai dengan masing-masing keunikan di tiap lantainya.
Lantai 1 koleksi batik yang lengkap, ada pakaian jadi, batik bahan sutra, chiffon sampai katun. Selain itu, ada juga blangkon, tas, sendal dengan motif batik.
Lantai 2 bahan dasar jamu dan rempah-rempah herbal. 
Lantai 3 barang-barang antik. 
Lantai 4 kerajinan tangan yang menarik, ada tas anyaman, sandal anyaman sampai sarung bantal untuk sofa.

4. Pasar Triwindu, Solo


Pasar yang terletak di Jl Diponegoro ini menjual barang bersejarah dengan harga yang murah. Wow!
Di sini, tersedia barang-barang seperti uang kuno, gramofon, telepon kuno, kerajinan keramik, dan pernak-pernik antik yang cantik. Pasar Triwindu terbagi menjadi 2 lantai. 
Lantai 1 ada penjual uang kuno, aksesori, keramik, dan beragam perabotan rumah tangga seperti meja dan lampu antik. 
Lantai 2 terdapat pedagang sparepart kendaraan bermotor yang sudah langka, kebanyakan untuk motor-motor tua.

4. Pasar Atas, Lereng, dan Bawah di Bukittinggi


Bukittinggi di Sumatera Barat punya pasar tradisional yang unik. Kota ini memiliki tiga pasar yang letaknya berdekatan dan memiliki nama yang sesuai letaknya, yaitu Pasar Atas, Pasar Lereng, dan Pasar Bawah. Pasar-pasar ini letaknya di pusat Kota Bukittinggi dan dekat dengan Jam Gadang.
Pasar Bawah yang letaknya paling bawah. Pusatnya masakan padang, sayur, dan buah. Pasar ini cocok untuk ibu rumah tangga yang gemar masakan padang
Pasar Lereng yang letaknya berada kontur jalan yang miring seperti lereng, Anda akan menemukan banyak kaos-kaos yang bertuliskan 'Bukittinggi', gantungan kunci, dan miniatur Jam Gadang. Anda harus pintar-pintar menawar di Pasar Lereng. Selain itu, Anda juga bisa menikmati aneka jajanan khas Sumatera Barat, seperti karakaliang, dadiah, nasi kapau, dan keripik balado. 
Pasar Atas yang letaknya paling tinggi, Anda bisa menemukan aneka kain sulam khas Sumatera Barat dan kain songket yang khas.

5. Pasar Permata, Martapura


Terletak di kawasan Martapura di Kalimantan Selatan. Di sini Anda akan menemukan pasar berisi aneka olahan batu permata. Di Martapura terdapat dua pusat perdagangan hasil olahan batu permata, yaitu Pasar Batu dan Pasar Cahaya Bumi Selamat. Di pasar inilah Anda bisa berbelanja batu-batu permata yang indah, warna-warni dan berharga. Aneka hasil kerajinan dari batu permata seperti gelang, cincin, kalung dan anting juga dapat Anda temukan dengan mudah.

Tanah Martapura kaya akan mineral dan barang tambang, hal ini menjadikannya sebagai sumber penghasil batu intan permata. Tak heran, Martapura juga memiliki julukan sebagai Kota Intan. Harga permata di sana mulai dari Rp 30 ribu sampai Rp 500 juta. 

Nah, udah siap untuk travelling dan belanja?

{ 1 komentar ... read them below or add one }

Inveter said...

thanks