Taman Hutan Raya Bung Hatta

Diposting oleh Auri Kasturi on Mar 22, 2013



Padang - Taman Hutan Raya Bung Hatta berada di Kecamatan Lubuak Kilangan, Kelurahan Indarung. berjarak 20 km sebelah timur dari pusat Kota Padang dan jarak dari Minangkabau International Airport adalah sekitar 50 km.

Sumber Daya Alam
Taman Hutan Raya Bung Hatta merupakan kawasan alami dengan ekosistem hutan darat dengan keragaman hayati yang cukup tinggi.

Potensi 
Pemandangannya yang indah, bentangan alam yang merupakan kesatuan lembah, bukit dan dataran daerah perkotaan, pantai dan lautnya yang biru dengan pulau-pulau didalamnya.

Arboretumnya sebagai koleksi jenis-jenis flora dari berbagai altitude berkisar antara 300 - 1000 m diatas permukaan laut. Jenis tumbuhan langka Rafflesia gaduttensis dan anggrek alam. Potensi Satwa: Tapir, jenis-jenis kera, siamang, harimau, rusa dan berbagai jenis burung. 

Tersedia sarana-sarana wisata antara lain : Pusat Informasi, Guest House, Tol Karcis, Restoran, Camping Ground, MCK, Plaza dan Musholla serta tempat parkir yang semuanya didesign dengan pola arsitektur Minangkabau.

Aksesibilitas
Taman Hutan Raya Bung Hatta memiliki aksesibilitas yang relatif mudah serta sarana jalan yang cukup memadai. Secara umum kawasan berada di pinggir jalan raya menunju Kota Solok sehingga penggujung dapat menggunakan jasa transportasi Padang – Solok. 

Secara rinci aksesibilitasnya sebagai berikut;
1. Jarak tempuh dari pusat Kota Padang adalah ± 20 km
2. Jarak tempuh dari BIM (Bandara Internasional Minangkabau) adalah ± 50 km
3. Jarak tempuh dari Bukittinggi adalah ± 100 km
4. Jarak tempuh dari Kota Solok adalah ± 30 km
5. Jarak tempuh dari Danau Singkarak adalah ± 45 km.
6. Jarak tempuh dari Danau Diatas dan Danau Dibawah adalah ± 30 km    .

Sarana air bersih didapat dari sumber air pegunungan dan kebersihannya dikelola oleh Dinas Pariwisata dan Kebudayaan Kota Padang. Kawasan ini telah terhubung dengan saluran listrik dan telekomuniasi. Jadi cocok untuk bersantai menikmati segarnya udara sambil menyaksikan panorama Kota Padang dengan latar belakang Samudera Hindia.

{ 0 komentar ... read them below or add one }