Satelit GPS Units

Diposting oleh Tukang Tambal Ban on Sep 28, 2009




Gps (global positioning system)
adalah sebuah sistem navigasi berbasis satelit, di mana satelit-satelit gps yang berorbit di bumi ini membantu untuk mendapatkan posisi alat gps di koordinat bumi. Gps pertama kali diciptakan untuk aplikasi militer, namun sejak tahun 1980an, sistem ini bisa digunakan secara bebas. Gps bisa bekerja dalam kondisi cuaca apapun, di manapun di bumi, dan kapanpun (24 jam). Tidak ada pembebanan biaya terhadap penggunaan layanan gps ini.
Satelit-satelit gps ini mengorbit bumi dengan jarak sekitar 12.000 mil dari permukaan bumi, satelit-satelit ini senantiasa bergerak mengelilingi bumi dalam waktu kurang dari 12 jam. Satelit-satelit ini bergerak dengan kecepatan kira-kira 7.000 mil per jam. Satelit menggunakan panas matahari sebagai sumber energinya, satelit juga mengisi terus cadangan baterenya sehingga satelit ini senantiasa bergerak walaupun saat itu panas matahari sedang tidak ada. Terdapat sebuah roket kecil pada setiap satelit untuk menjaga satelit agar tidak keluar dari orbitnya. Saat ini (2006) terdapat 24 satelit yang mengorbit di atas permukaan bumi ini.

Berikut ada beberapa fakta menarik tentang satelit gps :

- satelit gps pertama kali diluncurkan pada tahun 1978 cthnya ada di toko gps.
- masing-masing satelit bisa bertahan 10 tahun. Satelit gps ini senantiasa diganti dan diorbitkan.
- sebuah satelit gps memiliki berat kira-kira 2.000 pon dan lebar panel suryanya sekitar 17 kaki.
- listrik yang digunakan oleh pemancarnya hanya sekitar 50 watt atau kurang.

Sinyal gps
satelit gps memancarkan sinyal ke alat gps dengan sinyal radio, sinyal ini bisa menembus kaca, awan, dan plastik, namun tidak bisa menembus objek yang lebih padat, seperti terowongan, gedung-gedung, gunung, dan lain sebagainya. Sinyal satelit gps ini berisi 3 jenis informasi, informasi pertama adalah berisi informasi identitas satelit yang memancarkan sinyal. Informasi kedua adalah tentang kondisi satelit (bagus atau tidaknya kondisi satelit). Sedangkan informasi ketiga adalah informasi tentang tanggal dan waktu serta posisi koordinat bumi.

Implementasi gps
gps memberikan kontribusi yang cukup besar terhadap kehidupan manusia, terutama dalam bidang transportasi missal, silakan anda bisa lihat di toko gps. Saat ini hampir semua pesawat terbang menggunakan alat gps untuk menentukan posisi navigasi, sehingga pesawat bisa terbang sesuai dengan jalurnya masing-masing. Berikut adalah contoh implementasi gps :

- sistem navigasi pesawat
- sistem pelacakan posisi taksi
- sistem untuk mengatasi pencurian mobil
- sistem untuk mengontrol kendaraan jarak jauh
- dan lain sebagainya...


http://selektrindo.multiply.com

{ 0 komentar ... read them below or add one }