Menulis Bisa Mendapatkan Uang Tambahan

Diposting oleh malamjumat on Sep 28, 2009


Pendapatan yang kita terima dari hasil karya tulisan kita sifatnya residual. Artinya? Pekerjaan menulis hanya kita lakukan satu kali saja, kemudian kita akan menerima penghasilan terus-menerus secara berkala. Contoh nyatanya adalah apabila kita menulis buku. Kita cukup menulis satu kali naskah buku kita, kemudian diserahkan ke penerbit seperti Elexmedia untuk dicetak. Setiap setengah tahun, Elexmedia akan membayar royalti ke kita sebesar 10% dari harga buku yang terjual pada periode tersebut (besarnya royalti berbeda-beda, tergantung dari kebijakan penerbit.

Apabila buku Anda menjadi best seller, jumlah pendapatan akan lumayan loh. Apalagi kalau sampai dicetak ulang hingga berkali-kali. Kita asumsikan saja penerbit mencetak 5.000 buku per batch dengan harga Rp. 30.000,-. Dalam satu cetakan, Anda akan menerima:

= 5.000 x Rp. 30.000 x 10%

= Rp 15.000.000

Pendapatan ini akan dipotong pajak royalti sebesar 15%. Ini masih perhitungan untuk satu kali cetakan. Anda bisa melihat buku-buku best seller bisa dicetak ulang hingga 10 kali. Tentunya pendapatan royaltinya akan menjadi 10 kali lipat juga. Mungkin yang menjadi biaya adalah untuk urusan percetakan, misalnya percetakan Jakarta, oleh sebab itu sebaiknya mencari percetakan yang murah tapi tetap berkualitas.

Jika Anda menginginkan royalti yang lebih besar terhadap tulisan Anda, Anda dapat menerbitkan sendiri buku Anda. Presentasi royalti yang akan Anda dapat dari buku akan jauh lebih besar. Namun repotnya juga lebih banyak. Bahkan ada kemungkinan Anda perlu mengeluarkan modal sendiri untuk biaya mencetak buku. Kemudian Anda juga harus mengatur cara mendistribusikan buku Anda ke toko-toko buku. Untuk distribusi bisa menggunakan kendaraan sendiri maupun rental mobil seperti car rental Surabaya, atau cara lain yang efisien.

Selain menggunakan jalur biasa (buku dalam bentuk fisik), Anda juga dapat menggunakan internet untuk mencari pendapatan dengan cara menulis.

Sekarang sedang populer istilah “blog”, yaitu fasilitas di internet yang memungkinkan Anda untuk menuliskan artikel-artikel dalam situs khusus milik Anda. Dan lebih enaknya lagi, situs ini bisa Anda peroleh secara gratis di www.blogger.com, www.multiply.com, www.wordpress.com dan masih banyak lagi. Selain gratis, mereka juga menyediakan fasilitas-fasilitas yang dengan gampang dapat langsung Anda gunakan, seperti foto album, feedback dalam bentuk komentar, dan lain-lain. Nantinya setelah blog Anda sudah ramai dikunjungi orang, Anda bisa mendapatkan penghasilan dari iklan-iklan yang dipasang pada blog Anda. Ada banyak engine untuk periklanan seperti Google Adsense, Adbrite, Widgetbucks, program affiliate, dan lain-lain. Untuk tulisannya bisa dirujuk dari artikel mana saja termasuk yang berbahasa Inggris atau bahasa asing lain. Kalau mengalami kesulitan sekarang sudah ada google translate tanpa harus menggunakan jasa penerjemah Inggris.

Kemampuan untuk menulis dapat dilatih, asalkan Anda memiliki motivasi untuk melakukannya. Jadi peluang untuk mendapatkan penghasilan tambahan dengan cara menulis ini terbuka untuk siapa saja. Termasuk Anda.

http://blog.keuanganpribadi.com

{ 0 komentar ... read them below or add one }