Tips Menghindari Gempa

Diposting oleh Tukang Tambal Ban on Sep 14, 2009




Indonesia adalah salah satu negara yang rawan gempa. Celakanya gempa adalah salah satu bencana yang sangat sulit diperkirakan kapan datangnya dan berapa kekuatannya.

Kendati demikian, ada beberapa tips sederhana dalam menghadapi
Gempa baik itu sebelum, pada saat ataupun sesudah terjadinya gempa.

Namun sebelum kita mengetahui tips-tips sebelum gempa kita harus memperhatikan hal-hal penting yang terkait gempa atau
seminar rumah.

Berikut beberapa hal yang harus dipahami soal gempa dari Badan Meterologi dan Geofisika. Kunci utama itu antara lain mengenali apa yang disebut gempa bumi. Selain itu, memastikan struktur dan letak rumah atau bangunan dapat terhindar dari bahaya yang disebabkan gempa.

Hal lainnya lagi adalah mengevaluasi dan merenovasi ulang struktur bangunan anda agar terhindar bahaya gempa bumi Langkah lainnya adalah mengenali lingkungan tempat bekerja dan tinggal.

Misalnya, memperhatikan letak pintu, lift serta tangga darurat, apabila terjadi gempa bumi, sudah mengetahui tempat paling aman untuk berlindung.

Lalu belajar melakukan P3K dan menggunakan alat pemadam kebakaran atau ke
ahli tanaman. Dan tak lupa mencatat nomor telepon penting yang dapat dihubungi pada saat terjadi gempa bumi/

Hal yang perlu dilakukan lagi adalah mempersiapkan keadaan rumah agar dapat meminimalkan akibat gempa. Contohnya, perabotan seperti lemari ataupun kabinet diatur menempel pada dinding dengan cara dipaku atau diikat.

Cara ini untuk menghindari jatuh, roboh, bergeser pada saat terjadi gempa. Perlu dilakukan juga untuk menyimpan bahan yang mudah terbakar pada tempat yang tidak mudah pecah, agar terhindar dari kebakaran. Selalu mematikan air, gas dan listrik apa bila sedang tidak digunakan

Dukung kampanye stop dreaming start action


http://metro.vivanews.com

{ 0 komentar ... read them below or add one }