Tips Foto Jurnalisme

Diposting oleh malamjumat on Oct 27, 2008


Anda pasti pernah melihat sebuah foto di koran atau majalah, di mana foto tersebut digunakan untuk menceritakan suatu berita. Anda bisa melakukan seperti itu dengan kursus fotografi (photography course) maupun belajar otodidak. Foto seperti ini disebut sebagai photojournalism. Foto dari semua subyek fotografi (seperti still life, makro, street photography dll) bisa menjadi foto jurnalisme asalkan memiliki cerita/informasi di dalamnya.

Ada dua jenis photojournalism.

Jenis pertama adalah foto yang digunakan sebagai ilustrasi sebuah artikel. Banyak jurnalis terkenal yang bekerja sama dan membayar fotografer untuk membuat foto ilustrasi untuk artikelnya.

Jenis kedua adalah foto yang dibuat untuk menceritakan sebuah peristiwa. Foto seperti ini biasa ditampilkan dengan sedikit atau tanpa sepatah kata.

Salah satu skill yang wajib dimiliki seorang fotojurnalis adalah kemampuan untuk bereaksi cepat ketika ada momen atau scene menarik yang layak dijadikan berita. Iini bisa diperoleh dengan kursus privat fotografi maupun kursus foto online.

Jika Anda ingin serius belajar fotojurnalisme, berlatihlah dengan cara memotret lingkungan sekitar Anda. Potret tokoh atau pengusaha lokal dan momen sehari-hari. Mungkin sebagian besar dari gambar yang Anda hasilkan tidak layak dijadikan berita saat ini, tapi bisa jadi suatu saat bisa jadi gambar tersebut layak. Misalnya Anda memotret seorang pengusaha kecil di lingkungan Anda, mungkin saja suatu saat pengusaha tersebut akan sukses dan menjadi “orang.” Dan ketika itu, Anda memiliki gambar yang dapat menceritakan kondisi pengusaha tersebut ketika bisnisnya masih kecil. Seperti telah diutarakan di atas, Anda bisa belajar otodidak maupun ikut kursus fotografi (photography course) apakah itu kursus privat fotografi maupun kursus foto online. Semuanya terserah Anda.

Kemajuan fotografi digital saat ini membuat kerja fotojurnalis menjadi lebih mudah. Sekarang mereka dapat melihat dan mengirim gambar mereka kepada penerbit dalam hitungan detik. Namun, tetap, fotojurnalis memiliki tantangan tersendiri. Fotojurnalis terkadang harus memotret di daerah yang rawan dan berbahaya. Banyak fotojurnalis yang tewas di medan perang atau di daerah bencana di mana mereka mencari gambar.

Saat ini kita hidup di dunia di mana informasi datang dan pergi dengan begitu cepat, karena itu, jika Anda memiliki sebuah foto yang memiliki muatan berita dan sekiranya layak ditampilkan di media cetak, segera kirimkan sebelum beritanya basi!

http://lifofeui.net

Temukan Kursus Fotografi, Photography Course, Kursus Privat Fotografi, Kursus Foto Online, hanya di Kursus Fotografi / Photography Course: Kursus Privat Fotografi & Kursus Foto Online 88db.com

{ 0 komentar ... read them below or add one }