Memilih Makanan Jajanan

Diposting oleh malamjumat on Oct 28, 2008


Berikut ini beberapa kiat praktis yang dapat digunakan memilih makanan yang aman.

1. Aman Dari Bahaya Fisik

Hindari makanan yang dijual di tempat terbuka dan tanpa penutup atau kemasan.
Hindari makanan yang dijual oleh
rumah makan atau restoran maupun tempat makan yang menangani makanan jualannya secara sembrono.
Amati kondisi makanan sebelum dikonsumsi. Apakah ada benda asing di dalamnya?

2. Aman Dari Bahaya Kimia

Pilih hanya makanan yang bersih dan tertutup dari debu.
Cuci sayuran dan buah-buahan dengan bersih sebelum dimakan.
Beli makanan yang dijual ditempat bersih dan terlindung dari matahari, debu, hujan, angin dan asap kendaraan bermotor serta jauh dari sumber kontaminan seperti sampah, binatang atau hama. Jangan membeli makanan yang dijual di tempat kotor atau tercemar. Jangan membeli makanan yang dikemas dengan kertas bekas atau kertas koran.
Lihat harga makanan. Biasanya, makanan yang harganya tidak realistis mengandung bahan pangan sintetis berlebihan atau bahan tambahan terlarang dan berbahaya.
Perhatikan warna dan rasa makanan atau minuman. Produk dengan warna yang terlalu mencolok atau terlalu cerah besar kemungkinan mengandung pewarna sintetis. Begitupun dengan rasa. Waspadai makanan gorengan yang terlihat berwarna gelap dan lebih keras dari normalnya. Gorengan ini mungkin sisa yang tidak habis terjual pada hari sebelumnya dan digoreng ulang. Kalau Anda membeli makanan di restoran, rumah makan, atau di tempat makan yang lain sifat hati-hati juga harus ditonjolkan.

3. Aman Dari Bahaya Biologis

Belilah makanan ditempat yang memenuhi persyaratan tempat berikut:
Lokasi penjualan bersih dan terlindung dari matahari, debu, hujan, angin dan asap kendaraan bermotor serta jauh dari sumber kontaminan seperti sampah, dari binatang ataupun hama. Jangan membeli makanan yang dijual di tempat yang kotor atau tercemar. Jika terpaksa membeli, pilih makanan yang ditutup untuk melindunginya dari kontaminasi.
Kebersihan kantin atau alat penjualan keliling terjaga baik dan bebas dari sampah, serangga dan hama.
Peralatan masak dan perlengkapan makan dicuci bersih. Penggunaan lap perabotan makannya terpisah dari penggunaan untuk tujuan lain. Air pencuci peralatan bersih dan selalu diganti.
Orang yang memegang makanan tidak sakit, mengenakan baju dan perlengkapan lainnya (celemek, tutup kepala) yang bersih, kuku dan tangan bersih, menutup luka dengan plester kedap air, melakukan praktek cuci tangan yang baik, tidak memegang yang lain selama menangani makanan atau memegang makanan dengan alat bantu yang bersih (tidak dengan tangan) dan tidak melakukan praktek yang buruk selama menangani makanan (misalnya merokok, meludah, makan, memegang rambut, hidung, wajah atau yang lain)

Demi keamanan, pilihlah makanan yang telah dimasak
Beberapa makanan mentah, terutama ayam, daging dan susu yang tidak dipasteurisasi seringkali terkontaminasi oleh mikroba penyebab penyakit. Pemasakan akan meningkatkan keamanan dan umur simpan makanan. Dengan pemasakan yang sempurna, maka mikroba pembawa penyakit akan mati.
Hindari mengkonsumsi makanan yang bahan bakunya sebagian atau seluruhnya tidak dimasak. Kita harus hati-hati memilih makanan seperti ayam bakar, ikan bakar, atau makanan dimasak lainnya.

Belilah makanan yang dipajang, disimpan dan disajikan dengan cara berikut:
Makanan tidak diletakkan di lantai dan terlindung dari kontaminasi.
Tempat menyimpan, menjual atau memajang selalu bersih, misalnya ayam bakar Taliwang Jakarta Barat.
Makanan siap saji tertutup untuk mencegah kontaminasi oleh debu dan serangga
Semua makanan panas disimpan panas (bukan hangat! Suhu penyimpanan panas diatas 60°C) dan makanan dingin disimpan dingin (suhu penyimpanan dingin dibawah 5°C)
Makanan dikemas dengan kertas bersih, plastik, atau kemasan lainnya yang diijinkan untuk pangan. Jangan membeli makanan yang dikemas dengan menggunakan kertas bekas, kertas koran atau majalah untuk mengemas makanan.
Jangan membeli makanan jajanan jika peralatan pengolahan dan wadah penyimpanannya bercampur dengan bahan pangan mentah atau dengan bahan-bahan bukan pangan.

Konsumsilah pangan secara benar
Cuci tangan sebelum makan
Cuci bersih buah dan sayur yang akan dimakan mentah.
Jangan membeli makanan yang bau dan penampakannya sudah menyimpang
Belilah makanan jajanan yang masih panas dan langsung dimakan setelah panasnya hilang.
Tidak membeli dan mengkonsumsi makanan jajanan yang sudah dingin
Tidak membeli makanan jajanan yang harusnya dingin, tapi sudah tidak dingin lagi.
Jangan membeli minuman yang dibuat dengan menggunakan air mentah.

http://id.shvoong.com

Temukan Rumah Makan, Restoran, Tempat Makan, Ayam Bakar, Ayam Bakar Taliwang Jakarta Barat, hanya di Rumah Makan / Restoran: Tempat Makan | Ayam Bakar & Taliwang Jakarta Barat 88db.com

{ 0 komentar ... read them below or add one }