Untung Rugi Memakai Pemanas Air Tenaga Matahari

Diposting oleh Wike Furyandi on Oct 28, 2009




PEMANAS air dengan menggunakan tenaga matahari -atau lebih beken dengan sebutan solar water heater system- belakangan banyak dibicarakan. Maklum, Pemanas Air Wika yang satu ini memanfaatkan sumber energi dari alam yang tidak habis.

Bandingkan dengan pemanas air yang menggunakan tenaga listrik ataupun gas. Seperti kita ketahui, saat ini suplai listrik sangat terbatas. Apalagi, di beberapa daerah sedang mengalami krisis listrik.

Selain itu, "Dari sisi ekonomis, listrik tiap tahun harganya naik, per tahun biayanya jadi makin tinggi saja," sebut Andi Darmawan, Supervisor Pemasaran PT Dinamika Inti Surya Cemerlang, distributor pemanas air bermerek Envirosun.

Pemanas air tenaga surya (pemanas air wika )juga memiliki kelebihan dibandingkan dengan pemanas yang menggunakan tenaga gas. Harga gas pun mengalami kenaikan tiap tahunnya. Plus, "Sumber daya alamnya terbatas, sehingga tidak bisa dieksploitasi terus," imbuh Andi.

Hanya saja, karena pemanas air wika ini perlu sinar matahari sebagai energinya, maka kemampuannya tergantung pada banyaknya sinar matahari. Jadi, kalau mendung, dayanya akan sedikit berkurang. Tapi, "Tetap tidak masalah, karena dia masih bisa menyerap sinar matahari, dan tetap bisa berfungsi," cetus Lien, pemilik Atmayudha, distributor pemanas air Wika.

Kekurangan pemanas air Wika tenaga surya yang lain adalah tidak bisa ditaruh di sembarang tempat. Beda dengan pemanas air tenaga listrik atau gas yang tidak membutuhkan tempat yang luas dan juga bisa ditaruh di dalam ruangan. "Misalnya, di dalam kamar mandi," terang Andi.

Selain itu, yang masih menjadi pertimbangan orang untuk menggunakan pemanas air Wika tenaga surya ini adalah masalah isi dompet. Maklum, "Harga pemanas air tenaga surya ini memang lumayan mahal," cetus Deded, Kordinator Pemasaran PT Nucifera Multi Mandiri, dealer PT Bernadi Utama, distributor pemanas air Solahart.

Sebagai gambaran, pemanas air merek Solahart harganya berkisar antara Rp 15,5 juta sampai dengan Rp 34 juta. Solahart memiliki tiga tipe, yaitu Solahart tipe Freeheat, tipe L series, dan tipe Gold. Masingmasing tipe tersedia dalam 2 macam kapasitas, yaitu yang berkapasitas 180 liter dan 300 liter.

Sementara, produk pemanas air tenaga surya yang lain sedikit lebih murah dibandingkan dengan Solahart. Rata-rata, produk pemanas air tenaga surya seperti Wika dan Envirosun dilego mulai harga Rp 10 jutaan. Nah, terserah Anda mau pilih yang mana.

kontan-harian.info

{ 0 komentar ... read them below or add one }