Menyelami Bisnis Kids Party Organizer

Diposting oleh Wike Furyandi on Oct 30, 2009




Sepintas tugasnya tidak berat, bahkan terlihat menyenangkan. Namun, seorang event organizer (EO) yang berspesialisasi menyelenggarakan pesta anak-anak atau Kids Party Organizer tentu harus pandai menyelami dunia kanak-kanak. Simak pengalaman Tika Damarsatya (22), EO Peek A Boo Party Factory.

Berawal dari membuat suvenir ulang tahun pada tahun 2004, Tika lalu membuka jasa event organizer pesta anak (kids party organizer) pada tahun 2006. Hal ini didasari banyaknya permintaan dari klien, dan dia sendiri menyukai anak-anak. Dengan membuka EO Peek A Boo Party Factory, Tika, yang saat ini masih kuliah di STP Trisakti Jurusan Perhotelan, dan PR Resto ini, ingin semua kalangan bisa menggunakan jasanya. Jadi, pesta kecil, di rumah, dengan paket minimal Rp 2 juta, siap ia layani dengan kualitas baik.

Apa yang dilakukan seorang EO pesta anak?
Menyiapkan acara pesta untuk anak-anak. Salah satunya pesta ulang tahun yang seringkali bertema karakter superhero-nya anak-anak. Biasanya tema datang dari permintaan klien. Tugas kids party organizer membantu menciptakan dekorasi dan membuat pesta sesuai dengan tema yang diminta.

Adakah persyaratan khusus untuk menekuni profesi ini?
Tidak ada. Yang penting punya kreativitas dan pintar menghadapi klien. Dengan membuat mereka senang dan nyaman, klien akan percaya dan menyerahkan urusan pesta anak mereka pada si EO. Satu hal lagi, akan lebih baik jika si kids party organizer juga suka dengan anak-anak, dan pernak-pernik anak. Jadi, bisa merasakan fun-nya pekerjaan ini.

Bagaimana mencari klien?
Bisa memasang iklan di internet atau menaruh brosur di sekolah-sekolah seperti preschool atau taman kanak-kanak, atau tempat-tempat bermain di mal-mal.

Bagaimana prospek profesi ini?
Menurutku akan bagus karena setiap hari pasti ada bayi lahir. Orangtua biasanya tidak akan melewatkan ulang tahun pertama si anak. Apalagi kalau anak pertama, acara ulang tahun cenderung dirayakan besar-besaran. Ini bisa menjadi pangsa yang bagus bagi kids party organizer.

Berapa penghasilan yang bisa didapat?
Kalau sedang tidak banyak acara, kids party organizer sebulan sekitar Rp 5 juta, sementara kalau sedang ramai bisa minimal Rp 15 juta.

female.kompas.com

{ 0 komentar ... read them below or add one }