Mungkin Anda heran, apa perlu sih acara ulang tahun pakai direncanakan anggarannya segala. Bukankah dengan membuat makanan dalam jumlah banyak, membeli banyak kue dan menyewa banyak kursi, juga sudah cukup pada pesta ulang tahun? Jangan salah Bapak, Ibu. Anggaran untuk birthday party tetap harus direncanakan matang. Karena kalau Anda tidak hati-hati, bisa saja pengeluaran Anda jebol untuk membayar pos-pos yang belum tentu Anda butuhkan.
Misalnya saja, ada contoh di mana seorang mengadakan pesta ulang tahun anak dan sudah keluar banyak uang untuk makanan. Eh, ternyata makanan yang disediakan banyak tersisa. Sayang uangnya,Untuk menghindari hal-hal seperti itu, berikut ini saya berikan tips tentang cara menyusun anggaran pesta ulang tahun. Entah itu hari ulang tahun Anda sendiri, atau mungkin pesta anak untuk ultah anak Anda yang masih kecil.
Langkah 1: "Tentukan siapa saja yang akan diundang dan berapa jumlahnya"
Hal pertama yang harus Anda lakukan adalah dengan menentukan siapa saja yang akan datang ke kids birthday Anda. Biasanya sih, kalau yang berulang tahun itu Anda, mungkin saja Anda akan mengundang tetangga-tetangga, teman serta saudara-saudara Anda. Kalau yang berulang tahun itu anak Anda yang masih berusia 5 tahun, mungkin Anda akan mengundang teman-teman sekolahnya di TK.
Setelah itu - ini yang paling penting - adalah membuat perkiraan tentang jumlah hadirin. Apakah 20 orang? 50 orang? Atau mungkin 100 orang? Atau, Anda mungkin akan mengadakan pesta ulang tahun sederhana dengan undangan sekitar 10 orang saja? Perkiraan jumlah tersebut akan sangat menentukan besar kecilnya rupiah yang harus Anda keluarkan nantinya.
Langkah 2: "Tentukan di mana Anda akan mengadakan pesta tersebut"
Setelah Anda mengetahui siapa saja yang akan Anda undang dan berapa perkiraan jumlahnya, hal kedua yang harus Anda lakukan adalah dengan menentukan di mana Anda akan mengadakan pesta ulang tahun tersebut.
Bicara soal tempat, sebetulnya ada banyak tempat yang bisa Anda pilih untuk mengadakan pesta tersebut, salah satunya adalah di restoran favorit Anda. Tapi bicara soal harga, maka tempat paling murah yang bisa Anda pilih adalah di rumah Anda sendiri.
Mengadakan pesta di rumah, selain murah, biasanya Anda juga bisa lebih leluasa dalam mengatur agar pesta tersebut menjadi lebih meriah. Anda toh tinggal di situ, jadi ada hal yang Anda rasa belum beres, Anda bisa keluar dari kamar dan langsung membereskan ketidakberesan tersebut. Cuma ya itu, Anda harus siap dengan segala kerepotan yang mungkin ditimbulkan setelah acara. Seperti bersih-bersih rumah misalnya. Tapi, Anda mau pesta yang murah meriahkan
Langkah 3: "Tentukan peralatan apa saja yang akan Anda gunakan"
Kalau orang yang Anda undang cukup banyak, coba lihat apakah Anda juga membutuhkan kursi tambahan? beberapa tempat yang menyewakan kursi untuk acara-acara ulang tahun atau pernikahan. Jumlah yang Anda bayar biasanya disesuaikan dengan jumlah kursi yang Anda sewa, di mana tarif sewanya biasanya dihitung per kursi.Sebagai alternatif, bisa juga Anda tidak memakai kursi, tapi cukup dengan menggelar karpet. Karpet umumnya lebih menimbulkan suasana santai. Tamu-tamu Anda bisa lebih relaks nantinya. Selain itu, juga lebih murah dibanding kalau Anda menyewa kursi. Yang penting, pastikan untuk membersihkan dulu debu di karpet Anda sebelum digunakan. Jangan sampai tamu Anda nanti malah bersin-bersin karena kemasukan debu karpet Anda.
Selain kursi, pikirkan juga apakah Anda perlu menggunakan peralatan sound system. Yang pertama adalah mikrofon. Ini biasanya perlu kalau tamu-tamu yang datang tidak difokuskan untuk duduk di satu ruangan tertentu, tapi menyebar ke ruangan lain. Sebagai contoh, saya pernah melihat ada acara ulang tahun di mana tamu-tamunya duduk di ruang keluarga, ruang tamu, serta di garasi. Dengan adanya mikrofon, maka tamu-tamu Anda bisa mengetahui sampai di mana "perkembangan" acara Anda walaupun ia duduk di ruangan yang jauh dari Anda.
Selain itu, biasanya loud speaker yang menempel pada mikrofon bisa juga Anda pakai untuk memutar kaset. Yah, siapa tahu peserta acara Anda butuh musik untuk hiburan guna menemani mereka ketika makan-makan.
Nah, Bapak, Ibu, mudah-mudahan setelah ini Anda bisa menyusun anggaran pesta ulang tahun dengan lebih bijak. Jangan lupa undang saya dan jika masih bingung bisa menggunakan jasa birthday party organizer.
http://unhicommunity.blogspot.com/
Temukan informasi lain mengenai Birthday Party Organizer, Birthday Party, Kids Party Organizer, Kids Party Organizer Jakarta, Kids Party, Ulang Tahun, Ulang Tahun Anak, Ultah Anak hanya di 88DB.com
{ 0 komentar ... read them below or add one }
Post a Comment