Kreasi Souvenir Nikah Berbentuk Sabun

Diposting oleh Wike Furyandi on Nov 10, 2009

Souvenir Nikah sabun transparan adalah sabun yang dibuat dengan teknik khusus dengan menghilangkan kandungan alkali di dalamnya. Sabun transparan ini lebih unggul daripada sabun mandi biasa, selain dari tampilannya yang transparan (transparent) yang menawan, sabun ini sangat lembut dikulit dan dapat melembabkan kulit sangat cocok menjadi souvenir nikah yang bermanfaat.

Souvenir nikah berupa sabun transparan punya daya bersih yang efektif tanpa meninggalkan busa sabun. Sabun ini akan terasa lebih lunak di tangan anda karena tidak mengandung alkali. Selain sangat bagus untuk sabun mandi, sabun transparan unik ini banyak dijadikan sebagai souvenir, baik souvenir ulang tahun, souvenir pesta syukuran, maupun jadi souvenir nikah. Dengan tampilannya yang elegan dan menawan, membuat sabun transparan ini dapat dibuat berbagai macam bentuk sesuai desain anda dan menjadi sebuah souvenir nikah yang unik.

Souvenir nikah sabun transparan ini didesain dengan sangat menarik dan elegan, dengan tambahan aroma parfum import dan beberapa pilihan warna dan bentuk. Souvenir nikah sabun special akan membuat acara pernikahan anda tambah meriah dan elegan bak Putri keraton.

souvenirpernikahan.net

Selengkapnya Kreasi Souvenir Nikah Berbentuk Sabun

Pintar Menentukan Souvenir Pernikahan

Diposting oleh malamjumat on

Ketika Anda menghadiri atau mengadakan pesta pernikahan, satu hal yang seringkali diberikan kepada tamu adalah souvenir pernikahan.

Biasanya ini diberikan oleh penerima tamu dibagian depan. Begitu selesai mengisi buku tamu, dan mereka akan memberikan sebuah benda untuk Anda.

Bentuk dari souvenir pernikahan pun beragam. Mulai dari potongan kuku, gantungan kunci, tempat uang receh, permen yang dihias, keramik, dan masih banyak lagi. Tentunya berbeda dengan oleh-oleh biasa yang biasanya seperti baju branded atau alat elektronik, playstation yang dibeli di toko elektronik terkenal, dll.

Biasanya, pada ujung souvenir akan digantungkan ucapan sebuah kertas kecil yang dilipat, berisi ucapan terima kasih dari pengantin.

Memang, souvenir pernikahan tidak mutlak ada. Namun, jika Anda memiliki anggaran, mengapa tidak Anda juga menyiapkan untuk tamu Anda. Toh, Anda pasti akan senang bukan jika mendapatkan sovenir cantik dan lucu ketika menghadiri pesta pernikahan teman Anda?

Memilih souvenir perkawinan tidaklah harus mahal. Anda bisa membelinya di pasar tradisional maupun modern. Jika Anda membeli dalam jumlah banyak, maka harganya jauh lebih murah. Bahkan, jika Anda pandai memilih dan menawar, sebuah souvenir bisa Anda dapatkan dengan harga sekitar seribu rupiah saja.

Nah, jika Anda memiliki waktu persiapan pesta pernikahan yang cukup, Anda bisa memesan jauh hari sebelumnya. Dengan demikian, Anda bisa menambahkan inisial nama Anda dan suami pada souvenir pernikahan yang akan Anda pesan.

Ini akan lebih menarik, karena meski harga produk Anda tergolong murah, namun akan terasa unik dengan torehan nama pada souvenir. Tentu saja produk ini tidak akan ditemukan di toko manapun juga.

Sebelum memutuskan dan memesan souvenir pernikahan Anda, tidak ada salahnya Anda melakukan riset dulu ke internet, atau menanyakan ke saudara mengenai hal ini. Jika Anda tidak pengalaman, bisa jadi Anda akan mendapatkan harga yang mahal.

Sayang bukan, hanya untuk urusan souvenir, hanya akan kehilangan banyak rupiah. Sedangkan pesta pernikahan Anda sendiri pun membutuhkan biaya yang tidak sedikit.

Berikut tips menentukan souvenir pernikahan yang tepat :

1. Ketahui dengan pasti jumlah tamu yang akan Anda undang

2. Perkirakan budget yang Anda anggarkan untuk souvenir

3. Lakukan pencarian dan penawaran untuk mendapatkan harga souvenir sesuai budget Anda

Jika Anda mengalami masalah dalam hal keuangan, Anda bisa menyiasatinya dengan cara berikut :

1. Letakkan souvenir pernikahan di meja tamu perempuan. Sehingga setiap pasangan suami istri, cukup mendapatkan satu souvenir saja.

2. Membedakan souvenir untuk tamu laki-laki dan perempuan

Oh ya, Anda tidak perlu melakukan semuanya sendirian. Anda bisa meminta orang lain untuk mengurus masalah ini. Apalagi jika Anda menggunakan jasa wedding organizer, bisa jadi souvenir pernikahan sudah termasuk dalam paket tersebut. Satu hal yang tidak kalah penting, jangan mempersiapkannya secara mendadak, sehingga pilihan Anda menjadi asal-asalan. Selamat berburu!

www.anneahira.com

Selengkapnya Pintar Menentukan Souvenir Pernikahan

Usaha Toko Dari Rumah

Diposting oleh Tukang Tambal Ban on


Berikut ini kiat untuk menentukan jenis usaha:

  1. Mulai dari yang anda sukai
    anda bisa mulai mencoba membuka usaha
    jual bangunan pabrik dan jual pabrik murah yang sesuai dengan hobi atau kesukaan anda. Karena kalau sudah suka, anda tidak akan cepat bosan dan mudah menyerah menjalankannya walaupun mungkin di masa-masa awal akan ada banyak tantangan.
  2. Mulai dari yang anda kuasai
    atau bisa mencoba dengan membuka usaha
    jual bangunan pabrik dan jual pabrik murah yang memang sudah anda kuasai bidangnya. Waluapun belum berpengalaman berwirausaha, tapi saya yakin anda memiliki keahlian yang bisa dimanfaatkan. Misalnya saja dengan keahlian anda dalam pembukuan (akuntansi), anda bisa mulai usaha jasa pembuatan laporan keuangan untuk usaha pabrik kecil .
  3. Telusuri kemana uang anda pergi
    cara lain yang bisa anda lakukan adalah dengan menelusuri kemana uang
    pabrik anda pergi selama ini. Tujuan membuka usaha ini adalah untuk menambah penghasilan bukan, maka anda perlu melihat bagaimana caranya uang berputar. Berpindah tangan dari konsumen ke penjual, agen, produsen dan seterusnya. Coba lihat bahwa anda selama ini mengeluarkan uang untuk membeli buku, foto kopi, makan, kos, transport dan sebagainya. Teliti satu persatu arus uang yang sudah anda keluarkan pada sopir angkot, pengusaha makanan, toko buku dan sebagainya. Mungkin ada salah satu celah dimana anda bisa menikmati keuntungan dari arus uang tadi.
Http://www.perencanakeuangan.com
Selengkapnya Usaha Toko Dari Rumah

Tips Membuat Website

Diposting oleh Tukang Tambal Ban on


1. Mendaftarkan domain kita pada reseller domain dan menyediakan space untuk website kita.

Kita membutuhkan sebuah alamat website (domain/url) yang mudah diingat, agar pengguna internet dapat dengan mudah menemukan website kita. Domain adalah nama dari website, misalnya yahoo.com, google.com, namaanda.com dan sebagainya.sedangkan hosting adalah tempat untuk menyimpan file di internet. Jika diibaratkan rumah, maka alamat rumah adalah domain, dan rumah tempat tinggal adalah hosting. Kita daftarkan pertama kali domain yang kita inginkan, misalnya namaanda.com. Kita membutuhkan web hosting setelah kita memiliki sebuah domain. Untuk memiliki sebuah website, diperlukan “tempat” (”space”) berupa hard disk di sebuah komputer/server untuk meletakkan halaman-halaman (file) bikin website kita. Halamanhalaman tersebut akan dapat diakses oleh seluruh pemakai internet di dunia kapan saja. Servis web host menyediakan tempat di internet di mana website kita tinggal. Itu jauh lebih murah daripada kita membeli web server sendiri dan kita tidak perlu menggaji teknisi untuk perawatan server kita. Perusahaan web hosting menyediakan perlengkapan hardware, software, bandwidth, data center dan servis teknis yang kita butuhkan tanpa harus kita yang melakukan sendiri.

2. Menyiapkan isi/content website

Selanjutnya kita mempersiapkan bikin website design yang hendak kita gunakan untuk membangun website kita. Adapun design yang kita buat dapat menggunakan software tertentu bias menggunakan macromedia dreamweaver atau fireworks tergantung kehendak kita. Kita juga dapat mengumpulkan bahan-bahan yang akan anda muat di internet berupa text, gambar/foto atau suara.file text & gambar tersebutlah akan diakses oleh pengguna internet. Selain itu, kita juga harus membuat program script apa yang hendak kita pakai untuk menjalankan bikin website kita. Sehingga bikin website kita dapat berjalan dinamis dan bukan statis.program yang dapat kita gunakan contohnya php, javascript, maupun asp. Disamping programnya, database yang akan kita gunakan juga ditentukan sesuai program yang kita buat misalnya mysql, microsoft access, adodb maupun yang lainnya.

3. Mempromosikan website kita

Setelah bikin website jadi, kita tidak bisa membiarkannya begitu saja website kita tanpa kita memanajenya. Adapun salah satu caranya adalah dengan mempromosikannya website kita di dunia internet itu sendiri. Salah satu cara yang paling penting dan terbukti efektif adalah dengan pertukaran banner dan mendaftarkannya pada search engine di internet (seperti alta vista, google, fast search, hotbot, lycos, excite, netcrawler, dll) website yang telah kita buat, jangan dibiarkan saja tanpa kita kontrol dan kita awasi. Kita hendaknya menganalisis setiap perkembangan hasil website kita dalam dunia internet. Bagaimana pengunjungnya setiap harinya apakah mengalami kenaikan atau malah sebaliknya, bagaimana dampaknya terhadap usaha kita apakah mengalami keuntungan ataupun kerugian harus kita analisis demi optimalnya website yang selama ini kita bangun.

Http://blog.idwebhost.com

Selengkapnya Tips Membuat Website

Desain Website Joomla

Diposting oleh Tukang Tambal Ban on


Jika kita sudah bisa bikin website dengan joomla, nah hal yang terpenting adalah membuat website kita lebih kelihatan bikin website profesional, terlalu keren gak ya ..kata-kata itu, initnya biar kelihatan mantaf dan handal. Nah agar website joomla tersebut keihatan baik dan lebih profesional, mungkin tips tentang membuat website joomla ini sedikit membantu anda dalam mengelola web joomla:

1. Buat baru bikin website pavicon.ico untuk mengganti pavicon standar joomla. Saat website kita selesai di buat pavicon atau icon pada browser pasti memakai standar joomla yang berwarna hitam. Jika website kita resmi tentu gak lucu jika icon nya berbeda dengan isi web kita. Untuk mengganti pavicon silahakan kunjungi alamat berikut tinggal anda sediakan icon web anda dengan ukuran 16×16 pixel formatnya bisa jpg, gif, png atau lainnya yang mendukung pembutan icon. Anda bisa membuat pavicon di sini atau disini. Tinggal replace file sebelumnya dengan file pavicon baru anda.

2. Selalu membackup file database joomla, membackuap database joomla bisa menggunakan phpmyadmin atau anda memasang component backup database.

3. Jika anda hendak mengisi content joomla jangan mengcopy paste langsung dari file word, apalagi word 2007 karena hal ini akan membuat isi content bikin website anda tidak sesuai dengan setingan. Misal jenis font bisa berubah begitu juga ukurannya. Sebaiknya anda mengopy dari notepad.

4. Jangan lupa menempatkan tombol pencarian di website joomla anda. Saat kita merubah posisi2 modul terkadang kita lupa menempatkan modul pencarian. Tempatkan modul ini agar mudah terlihat oleh pengunjung, hal ini penting jika web anda telah banyak isinya.

5. Manfaatkan tombol readmore. Biasanya kita sengaja atau tidak kita tidak menempatkan tombol readmore dan hanya cukup menempatkan link pada judul saja. Ini penting jika pengunjung bikin website anda baru.

6. Jangan mengaktifkan publikasi pdf hal ini akan membuat duplikat content bikin website yang tidak di sukai oleh search engine dan akan menghambat seo

Http://www.tarjoni.com
Selengkapnya Desain Website Joomla

Tips Jitu Memulai Waralaba

Diposting oleh Tukang Tambal Ban on


1. Melayani kebutuhan. Orang selalu membuka usaha berdasarkan kebutuhan riil konsumen. Tipsnya adalah kenali kebutuhan konsumen di sekitar anda lewat banyak bertanya dan nguping, lalu jajaki apakah anda bisa memenuhi kebutuhan tersebut dengan harga bersaing. Misalnya, jika kantor anda membutuhkan katering, awalilah dengan membuka bisnis katering dsb.

2. Menjual eceran. Ini cara tradisional untuk membuka usaha dagang atau pertokoan. Anda bisa mendatangi pasar grosir, pabrik, mencari barang-barang bagus dan murah lalu membawanya ke lokasi yang ramai dikunjungi orang dan menjualnya secara eceran dengan selisih harga tertentu. Misalnya adalah pasar glodok untuk elektronik murah, pasar senen dan pasar tanah abang untuk produk garmen, juga pasar beringharjo (jogja) dan pasar klewer (solo). Barang baru (impor), barang sisa ekpor, barang cuci gudang atau barang second, biasanya cukup menarik untuk diecerkan. Tipsnya adalah tidak cepat bosan, tepat janji dan bertanggung jawab.

3. Menjual penemuan. Penemuan baru apalagi unik, sangat berpeluang menumbuhkan segmen pasar baru. Misalnya seorang programmer pabrik mampu menciptakan sebuah program aplikasi tertentu, jangan ragu untuk mematenkan dan menjual pabriknya. Tipsnya adalah kreatif dan tidak mudah patah semangat.

4. Duplikasi usaha. Bagi anda yang merasa diri anda kurang kreatif dan inovati, tak perlu patah arang. Ide bisnis jual bangunan pabrik dan jual pabrik murah tidak harus otentik dari anda. Cukup mengamati usaha-usaha yang sedang trend, lalu membaca peluangnya ke depan, mengukur potensi dan kemudian berani ambil risiko bersaing. Anda tinggal membuka usaha yang sama dengan sedikit sentuhan yang berbeda. Misalnya di depan kampus a ada beberapa bisnis fotokopi yang laris. Tidak ada salahnya anda juga “mem-fotokopi” bisnis jual pabrik tersebut, dengan memberikan nilai plus misalnya pada kecepatan, kebersihan, kenyamanan ataupun bonus. Tipsnya adalah berani mengambil risiko, kreatif dan inovatif.

5. Bisnis pelatihan. Bisnis pelatihan jual bangunan pabrik dan jual pabrik murah dapat berupa pelatihan alat musik, seni tari, aerobik, tae kwon do, dsb. Akan lebih mudah apabila anda merupakan bagian dari bidang pelatihan tersebut, namun apabila tidak, anda pun bisa memanfaatkan orang-orang yang ahli tersebut untuk anda kelola guna memberikan pelatihan. Tipsnya adalah buka jaringan pergaulan dan kedekatan personal dengan orang-orang yang memiliki keahlian-keahlian khusus tersebut serta memiliki skill yang baik dalam mengelola orang.

Http://tipsanda.com

Selengkapnya Tips Jitu Memulai Waralaba

Bagaimana Cara Menyantuni Anak Yatim Adalah Akhlak Mulia

Diposting oleh Tukang Tambal Ban on



Saudaraku muslim ! Islam telah mendorong pemeluknya agar memiliki akhlak mulia. Salah satu akhlak mulia itu adalah menyantuni anak yatim di panti asuhan. Sesungguhnya, anak yatim adalah manusia yang paling membutuhkan pertolongan dan kasih sayang. Karena ia adalah anak yang kehilangan ayahnya pada saat ia sangat membutuhkannya. Ia membutuhkan pertolongan dan kasih sayang kita, karena ia tidak mungkin mendapatkan kasih sayang ayahnya yang telah tiada. Jika anda melihat seseorang yang penyayang kepada anak-anak yatim dan menyantuni mereka, maka ketahuilah bahwa ia adalah seorang yang berbudi dan berakhlak mulia. Suatu ketika saib bin abdulloh rodhiyallohu ‘anhu datang kepada nabi shollallohu ‘alaihi wa sallam, maka nabi sholallohu ‘alaihi wa sallam bersabda kepadanya :
“wahai saib, perhatikanlah akhlak yang biasa kamu lakukan ketika kamu masih dalam kejahiliyahan, laksanakan pula ia dalam masa keislaman. Jamulah tamu, muliakanlah anak yatim, dan berbuat baiklah kepada tetangga.” [hr.ahmad dan abu dawud, shohih abu dawud, al-albani : 4836]

Dalam sebuah atsar disebutkan riwayat dari daud ‘alaihissalam, yang berkata :
“bersikaplah kepada anak yatim di yayasan panti asuhan atau panti asuhan anak, seperti seorang bapak yang penyayang.” [hr. Bukhori]
Saudaraku muslim ! Kasih sayang dan berbuat baik kepada anak yatim di panti asuhan, sebagaimana yang telah saya katakan kepada anda, adalah sebagian dari akhlak dan moralitas orang-orang yang mulia. Itu tidak bisa dilakukan kecuali oleh seorang lelaki yang mulia, yang menghimpun banyak budi pekerti mulia, yang mencintai kebajikan. Abdullah bin umar rodhiyallohu ‘anhu tidak pernah memakan makanan kecuali dimeja makannya ada seorang anak yatim di yayasan panti asuhan atau panti asuhan anak yang makan bersamanya. Jadilah orang seperti itu, saudaraku ! Seorang yang penyantun, lemah lembut, dan berupaya berbuat kebaikan kepada anak yatim, mengusap air mata mereka dengan tangan dan harta anda serta memasukkan perasaan gembira ke dalam hati mereka. Ketahuilah, bahwa jika anda mendapat taufiq untuk melaksanakan itu, maka anda benar-benar manusia yang beruntung. Yang berhak mendapat gelar “seorang yang berbudi”.





Http://ikatanwargaislaminalum.com

Selengkapnya Bagaimana Cara Menyantuni Anak Yatim Adalah Akhlak Mulia

Tips Makeup Wajah Sendiri

Diposting oleh Tukang Tambal Ban on



Tips.. Bagaimana caranya merias wajah sendiri dan professional makeup dan professional makeup course akan di dapatkan? Biar nggak usah ke salon dan menghemat. Mari mengintips

1. Pakailah toner dan pelembab
biar tidak jadi jerawat karena kotoran yang menempel dan tertimbun akibat make up, mulailah dengan membersihkan wajah. Dari leher bisa memakai pembersih lanjutkan dengan menggunakan toner dan pelembab. Tahap yang ini bisa membuat wajah anda lebih segar

2. Pakai alas bedak

foundation professional makeup dan professional makeup course akan di dapatkan atau alas bedak bisa membuat make up dan warna-warni menyatu sempurna. Saran saya nih pilih warna foundation yang satu tingkat lebih tinggi dari warna kulit anda.

3. Concealer

seperti kata saya tadi kalau make up bisa menyamarkan atau menutupi kekurangan wajah dengan personal makeup course. Nah keajaiban itu ada pada concealer! Alat ajaib ini bisa membuat anda menyamarkan kantung mata, jerawat, flek dll. (duw kok kayak sales sayah.. Hihihi)

4. Eyeshadow

pilih warna-warna personal makeup course eyeshadow yang dapat membantu wajah terlihat segar dan muda. Warna yang dapat dipilih antara lain warna hijau, peach, ungu, emas

5. Eyeliner

ini nih yang membuat seseorang bisa dikomentarin “waah kamu make up yak?”. Saran saya untuk pemula pakai yang pinsil saja, walau yang cair memang memberi kesan mata cantik dan lebih besar. Eits tapi jangan coba-coba pakai eye liner yang cair lkalau lagi buru-buru

6. Blush on

pilih deh warna makeup course yang berwarna natural seperti warna pink atau peach, blush juga bisa membuat anda terlihat lebih kurus kalau dipakai di belakang tulang pipi

7. Lipstik dan lipgloss

pilih lipstik yang berwarna sama atau satu tingkat lebih tinggi dari warna bibir. Hindari bibir dengan warna yang terlalu kontras. Pakai juga lipgloss agar bibir terlihat segar also juicy..
Hmm

8.pensil alis

rapikan alis
makeup course boleh-boleh aja. Tapi kata orang jangan deh kalau belum merid. Tar kalau merid nggak manglingi kata orang jawa (bikin pangling ***u) hehehe… jelas lah, kayak saya nih yang udah kadung di cukur alisnya pas ajang-ajangan waktu 2006 itu.. Hukz.. Alis saya dong, kiri dan kanannya nggak sama. Pangling asli! Aneh soalnya.



Http://intipsaja.com
Selengkapnya Tips Makeup Wajah Sendiri

Bisnis Sewa Mobil Pengantin Makin Menjanjikan

Diposting oleh Wike Furyandi on



Sebulan terakhir bisnis sewa mobil di daerah ini banjir order. Dari keterangan pemilik perusahaan sewa mobil, kebanyakan permintaan datang dari tim sukses calon kepala daerah, yang memesan untuk keperluan kampanye.

H Sutiyono, pemilik Lili Rental Car, Jl A Yani Km 12, mengaku banyaknya order ini tidak terlepas pengaruh Pilkada dan proyek pertambangan serta tender.

"Pilkada baik itu Cagub dan Cabup yang hampir bersamaan di wilayah Kalsel cukup mendongkrak bisnis rental mobil. Tim sukses menyewa untuk keperluan operasional dan kampanye. Selain itu banyaknya proyek tambang terutama batu bara juga mendongkrak permintaan sewa mobil," katanya.

Menurut dia, kenaikan omzet jelas terlihat sejak bulan Arpril lalu yang bisa mencapai 70 persen.

Di Lili Rental menyediakan 11 mobil dengan jenis Kijang Capsule, Panther, dan Mobil tambang seperti jenis mobil 4x4 Double cabil kayak Ford ranger, Mitsubishi L-200 yang rata-rata disewakan Rp250-300 ribu per hari. Harga jika disewakan sampai tiga hari sama dengan harga biasa, tetapi jika lebih dari tiga hari akan diberi diskon 10 persen. "Harga tersebut termasuk driver dan fasilitas yang ada di mobil," katanya.

Kondisi sama juga terjadi di Rental Andi Setiawan di kawasan Kampung Melayu Darat, yang mengalami kenaikan omzet hingga 50 persen menjelang Pilkada dan banyaknya proyek tambang. "Biasanya pemesanan mobil dilakukan dua minggu hingga satu minggu pemakaian," katanya.

Seperti sekarang ini, banyak juga yang Sewa Mobil Pengantin untuk keperluan mobil pengantin. "Mobil yang digunakan untuk membawa pengantin, biasanya sudah diservis dengan menghias mobil," katanya.

Menurut Rudi, harga sewa mobil pengantin tersebut bervariasi bergantung jenis mobilnya, mulai Rp250 ribu hingga Rp300 ribu.

Sumber : Banjarmasin Post
Selengkapnya Bisnis Sewa Mobil Pengantin Makin Menjanjikan

Menggunakan Mesin Pengering Pakaian

Diposting oleh malamjumat on

Jakarta hujan hampir setiap hari ! itulah yang dirasakan warga kota jakarta dalam sebulan terakhir. Sebetulnya Hujan di Jakarta sudah dimulai dari awal-awal tahun 2009 ini. Pasti sudah bisa di duga, ketika hujan deras melanda ibu kota Jakarta, pemandangan yang terlihat adalah BANJIR.

Seperti biasa, ketika banjir dan hujan terus menerus, sinar Matahari jarang muncul. Sehingga masyarakat kota Jakarta kesulitan dalam proses pencucian pakaian. Cucian menumpuk, tidak kering. Namun Saat ini sudah banyak layanan jasa mencuci pakaian dengan sistem perhitungan jumlah berat pakaian. Jasa layanan ini biasa disebut LAUNDRY KILOAN.


Ketika order layanan laundry meningkat, jasa laundry kiloan ini menggunakan mesin pengering atau dryer. sehingga meskipun cuaca hujan ataupun hanya mendung, jasa layanan ini tidak mengalami kesusahan dalam pengeringan pakaian. Mesin
pengering pakaian ini dapat mengeringkan pakaian kurang lebih hanya membutuhkan waktu 30 – 60 menit saja. Estimasi waku pengeringan untuk mesin pengering pakaian / dryer gas adalah 30 – 60 menit, dengan kapasitas bervariasi, yaitu mulai dari kapasitas 10 kg sampai 60 kg bahkan lebih. Sedangkan untuk mesin pengering pakaian / dryer listrik waktu pengeringannya relatif lebih lama, dan yang pasti daya listrik yang dibutuhkan lebih besar dan boros listri. Dryer gas lebih hemat dari pada dryer listrik.


http://mesinlaundry.com
Selengkapnya Menggunakan Mesin Pengering Pakaian

Pembuatan Kusen Pintu

Diposting oleh malamjumat on

Hal penting dari pembuatan sebuah kusen pintu adalah kesesuaian antara ukuran kusen dan daun pintu yang akan dipasangkan dengan kusen tersebut, baik ukuran lebar maupun ukuran tinggi dan (terutama) ketebalan pintu tersebut.

Ketebalan daun pintu sangat berperan untuk pembuatan alur skonengan pada kusen sehingga nanti setelah selesai digantungkan pada kusen dan dirapatkan ke skonengan, daun pintu tidak mumbul dari kusen penggantungnya.

Daun pintu jadian (siap pasang) hasil produksi industri banyak dijual di toko-toko khusus dengan model-model yang menarik dan kualitasnya tinggi. Karena itu, orang sering memilih membeli daun pintu jadi daripada memesan pada tukang pembuat kusen. Sayangnya, industri/pabrik biasanya tidak ikut memproduksi kusen sehingga kusen harus dipesan tersendiri pada tukang kusen.

Hal yang paling ideal adalah memesan secara paket. Daun pintu dan kusen dibuat oleh pembuat yang sama. Tujuannya agar bahan kayu untuk pembuatan kusen dan daun pintu berasal dari satu sumber sehingga tekstur dan warna antara daun pintu dan kusen tersebut tidak berbeda jauh. Juga untuk menjaga keseragaman kualitas pembuatannya.

Dibandingkan dengan pembuatan oleh tukang, produksi pabrik atau industri yang berteknologi tinggi dengan mesin-mesin mutakhir jelas lebih menjamin kualitas.

Sebagai gambaran, industri/pabrik umumnya memiliki kamar atau oven pengering (dry-kiln) untuk “menguapkan” kandungan air yang ada dalam kayu sehingga lenyaplah kelembaban yang paling disukai gerombolan rayap. Ditambah dengan ruang khusus untuk “menginjeksikan” zat kimia tertentu ke dalam pori-pori kayu guna menambah kekuatan dan keawetan kayu.

Cukup melegakan pula bahwa sekarang telah banyak dijual secara eceran berbagai jenis kayu yang telah melalui proses ovenisasi.

http://albiziawood.wordpress.com

Selengkapnya Pembuatan Kusen Pintu

Syarat dan Adab Poligami

Diposting oleh HaryoBayu on

Syarat-Syarat Poligami



Allah Azza wa Jalla yang menciptakan manusia, maka Dia jugalah yang paling mengetahui mashlahat (perkara yang membawa kepada kebaikan) bagi manusia, dibandingkan manusia itu sendiri. Dia Maha Mengetahui, Maha Bijaksana, dan Maha Kasih Sayang kepada hamba-hambaNya. Allah berfirman :



"Apakah Allah yang menciptakan itu tidak mengetahui (yang kamu lahirkan atau rahasiakan); dan Dia Maha Halus lagi Maha Mengetahui?" [Al Mulk/67:14]



Demikianlah seluruh syari`at Allah, semuanya merupakan mashlahat, baik mashlahat murni yang tidak ada keburukannya, ataupun mashlahat rajihah (yang lebih kuat) terhadap keburukannya. Termasuk dalam hal ini, yaitu Poligami yang telah dihalalkan oleh Allah di dalam kitab suciNya, dihalalkan oleh RasulNya yang mulia Shallallahu `alaihi wa sallam, serta disepakati oleh umat Islam.



Sebagai syari`at yang dihalalkan, maka seorang muslim yang melakukan Poligami, semestinya memperhatikan syarat dan adab-adabnya. Sementara itu, di tengah masyarakat, umat Islam yang melakukan Poligami, sebagian di antara mereka melakukannya dengan tanpa memenuhi syarat dan adab-adabnya, sebagaimana yang telah diajarkan oleh Islam. Hal ini turut memperburuk citra agama Islam di mata musuh-musuhnya. Sehingga melahirkan penilaian negatif terhadap Poligami yang merupakan anugerah Allah ini.



Oleh karena itu sebagai umat Islam, sepantasnya kita mengetahui syarat-syarat dan adab-adab Poligami, sehingga kesempurnaan agama Allah ini dapat kita pahami. Dan bagi seseorang yang melaksanakan Poligami, dia melaksanakan dengan sebaik-baiknya sebagaimana dituntunkan syari`at.



SYARAT-SYARAT Poligami

Allah Azza wa Jalla tidak mensyaratkan adanya Poligami, kecuali dengan satu syarat saja. Yaitu berlaku adil terhadap para isteri dalam perkara lahiriyah. Disamping itu, juga harus memiliki kemampuan melakukan Poligami, karena kemampuan merupakan syarat di dalam melaksanakan seluruh jenis ibadah, sebagaimana telah dimaklumi. Berikut kami sebutkan dalil-dalil berkaitan dengan kedua syarat di atas.



1. Berlaku Adil Terhadap Para isteri Dalam Pembagian Giliran Dan Nafkah.

Allah Ta`ala berfirman:



"Dan jika kamu takut tidak akan dapat berlaku adil terhadap (hak-hak) perempuan yang yatim (bilamana kamu mengawininya), maka kawinilah wanita-wanita (lain) yang kamu senangi: dua, tiga atau empat. Kemudian jika kamu takut tidak akan dapat berlaku adil, maka (kawinilah) seorang saja, atau budak-budak yang kamu miliki. Yang demikian itu adalah lebih dekat kepada tidak berbuat aniaya" [An-Nisaa`/4:3]



Firman Allah pada ayat di atas: "Kemudian jika kamu takut tidak akan dapat berlaku adil, maka (kawinilah) seorang saja, atau budak-budak yang kamu miliki. Yang demikian itu adalah lebih dekat kepada tidak berbuat aniaya", ini menunjukkan adanya syarat berlaku adil terhadap para isteri. Yang dimaksud berlaku adil di sini, yaitu berlaku adil dalam perkara pembagian giliran dan nafkah. Adapun dalam hal kecintaan, syahwat, dan jima`, maka tidak wajib berlaku adil. Karena hal ini tidak mampu dilakukan oleh manusia.



Menurut Imam Ibnu Katsir rahimahullah, jika kamu takut tidak berbuat adil di antara isteri-isteri, sebagaimana firman Allah



[Dan kamu sekali-kali tidak akan dapat berlaku adil (yakni dalam perkara batin, Pen.) di antara isteri-isteri(mu), walaupun kamu sangat ingin berbuat demikian. –QS an-Nisaa` ayat 129-], maka barangsiapa takut dari hal itu, hendaklah dia membatasi dengan satu (isteri) atau terhadap budak-budak wanita, karena tidak wajib pembagian di antara mereka (budak-budak itu), tetapi disukai, barangsiapa melakukan, maka itu baik; dan barangsiapa tidak melakukan, maka tidak ada dosa.[1]



Ibnu Qudamah al Maqdisi rahimahullah berkata: "Kami tidak mengetahui perbedaan pendapat di antara ulama, bahwa tidak wajib menyamakan di dalam jima` di antara para isteri. Karena jima` adalah jalan bagi syahwat dan kecondongan, tidak ada jalan untuk menyamakan mereka di dalam hal itu, karena hati seorang suami terkadang condong kepada salah satu isteri tanpa yang lainnya". [2]



Syaikhul Islam Ibnu Taimiyyah rahimahullah berkata: "Alhamdulillah, wajib atas suami berlaku adil di antara dua isteri dengan kesepakatan muslimin. Dan di dalam Sunan Empat, dari Abu Hurairah, dari Nabi Shallallahu `alaihi wa sallam, beliau bersabda:



مَنْ كَانَتْ لَهُ امْرَأَتَانِ فَمَالَ إِلَى إِحْدَاهُمَا جَاءَ يَوْمَ الْقِيَامَةِ وَشِقُّهُ مَائِلٌ



"Barangsiapa memiliki dua isteri, lalu dia cenderung kepada salah satu dari keduanya (yakni tidak adil, Pen.), (maka) dia akan datang pada hari Kiamat, sedangkan lambungnya miring" [3]



Dengan demikian, seorang suami wajib berlaku adil di dalam pembagian. Jika dia bermalam pada satu isterinya semalam atau dua malam atau tiga malam, maka dia juga bermalam pada isteri yang lain seukuran itu. Dia tidak boleh melebihkan salah satu dari keduanya dalam pembagian. Namun, jika dia lebih mencintai salah satunya, dan lebih banyak berjima` dengannya, maka tidak ada dosa baginya, dan tentang inilah turun firman Allah:



"Dan kamu sekali-kali tidak akan dapat berlaku adil (yakni dalam perkara batin, Pen.) di antara isteri-isteri(mu), walaupun kamu sangat ingin berbuat demikian" [An-Nisaa` ayat 129] - yaitu dalam hal kecintaan dan jima`.



Dalam Sunan Empat, dari `Aisyah, dia berkata: Rasulullah Shallallahu `alaihi wa sallam biasa membagi dan berbuat adil, lalu beliau berdoa:



"اللَّهُمَّ هَذَا قَسْمِي فِيمَا أَمْلِكُ فَلاَ تَلُمْنِي فِيمَا تَمْلِكُ وَلاَ أَمْلِكُ" قَالَ أَبُو دَاوُد يَعْنِي الْقَلْبَ



"Wahai Allah, ini pembagianku dalam perkara yang aku mampu, maka janganlah Engkau mencelaku dalam perkara yang Engkau mampu, sedangkan aku tidak mampu". Abu Dawud mengatakan: "Yang beliau maksud adalah hati".[4]



Adapun adil dalam hal pemberian nafkah dan pakaian, maka yang demikian itu merupakan Sunnah (ajaran Nabi), dan kita diharuskan meneladani Nabi Shallallahu `alaihi wa sallam. Demikian juga Rasulullah, beliau juga berlaku adil di antara isteri-isteri beliau dalam hal nafkah, sebagaimana berlaku adil di dalam pembagiannya.[5]



Syamsul Haq al `Azhim rahimahullah berkata: "Hadits ini sebagai dalil wajibnya suami untuk menyamakan pembagian di antara isteri-isterinya, dan haram atasnya jika) cenderung kepada salah satu dari mereka. Allah Ta`ala berfirman:



"[Karena itu janganlah kamu terlalu cenderung (kepada yang kamu cintai)] – [An-Nisaa` ayat 129], yang dimaksudkan adalah cenderung dalam pembagian dan nafkah, bukan dalam hal kecintaan, karena ini termasuk perkara yang tidak dikuasai oleh hamba".[6]



Dalam terjemahan al Qur`an yang diterbitkan Departemen Agama Republik Indonesia, disebutkan pada catatan kaki sebagai berikut: [265] Berlaku adil ialah perlakuan yang adil dalam meladeni isteri seperti pakaian, tempat, giliran dan lain-lain yang bersifat lahiriyah. [266] Islam memperbolehkan Poligami dengan syarat-syarat tertentu. Sebelum turun ayat ini, Poligami sudah ada, dan pernah pula dijalankan oleh para nabi sebelum Nabi Muhammad Shallallahu `alaihi wa sallam, ayat ini membatasi Poligami sampai empat orang saja".[7]



Adil dalam pembagian giliran dan nafkah ini termasuk yang dimaksudkan oleh firman Allah:



"Dan bergaullah dengan mereka (para isteri) secara patut. kemudian bila kamu tidak menyukai mereka, (maka bersabarlah) karena mungkin kamu tidak menyukai sesuatu, padahal Allah menjadikan padanya kebaikan yang banyak" [An-Nisaa`:19]



2. Kemampuan Melakukan Poligami.

Islam adalah agama yang mudah. Dalam Islam, seseorang tidak diperbolehkan memberatkan dirinya sendiri. Demikian pula dalam hal Poligami. Sehingga, seorang laki-laki yang berPoligami, disyaratkan harus memiliki kemampuan agar tidak menyusahkan orang lain. Kemampuan yang dimaksudkan, meliputi pemberian nafkah dan menjaga kehormatan isteri-isterinya.



- Kemampuan Memberi Nafkah.

Ketika seorang laki-laki menikah, maka dia menanggung berbagai kewajiban terhadap isteri dan anaknya. Di antaranya adalah nafkah. Dengan demikian seorang laki-laki yang melakukan Poligami, maka kewajibannya tersebut bertambah dengan sebab bertambah isterinya.



Secara bahasa, yang dimaksud nafkah adalah harta atau semacamnya yang diinfaqkan (dibelanjakan) oleh seseorang. Adapun secara istilah, nafkah adalah, apa yang diwajibkan atas suami untuk isterinya dan anak-anaknya, yang berupa makanan, pakaian, tempat tinggal, perawatan, dan semacamnya.[8]



Nafkah bagi isteri ini hukumnya wajib berdasarkan al Kitab, as-Sunnah, dan Ijma`.



Dalil dari al-Kitab, di antaranya dapat disebutkan :



"Dan kewajiban ayah memberi makan dan pakaian kepada para ibu dengan cara yang ma`ruf." [Al Baqarah/2:233]



Imam Ibnu Katsir rahimahullah menjelaskan tentang ayat “dan kewajiban ayah (si anak) memberi nafkah (makan) dan pakaian kepada para ibu (si anak) dengan ma’ruf (baik), yaitu sesuai dengan kebiasaan yang telah berlaku pada semisal para ibu itu, dengan tanpa israf (berlebihan) dan tanpa bakhil (menyempitkan), sesuai dengan kemampuannya, kaya, sedang, dan miskin. [9]



Sedangkan dalil dari as-Sunnah, dapat disebutkan antara lain:



عَنْ مُعَاوِيَةَ الْقُشَيْرِيِّ قَالَ قُلْتُ يَا رَسُولَ اللهِ مَا حَقُّ زَوْجَةِ أَحَدِنَا عَلَيْهِ قَالَ أَنْ تُطْعِمَهَا إِذَا طَعِمْتَ وَتَكْسُوَهَا إِذَا اكْتَسَيْتَ أَوْ اكْتَسَبْتَ وَلاَ تَضْرِبْ الْوَجْهَ وَلاَ تُقَبِّحْ وَلَا تَهْجُرْ إِلاَّ فِي الْبَيْتِ



"Dari Mu’awiyah al Qusyairi Radhiyallahu `anhu, dia berkata: Aku berkata: “Wahai, Rasulullah. Apa hak isteri salah seorang dari kami yang menjadi kewajiban suaminya?” Beliau menjawab,"Engkau memberi makan kepadanya, jika engkau makan. Engkau memberi pakaian kepadanya, jika engkau berpakaian. Janganlah engkau pukul wajahnya, janganlah engkau memburukkannya, dan janganlah engkau meninggalkannya kecuali di dalam rumah”. [HR Abu Dawud no. 2142, Ibnu Majah no. 1850. Syaikh al Albani mengatakan: “Hasan shahih”.]



Imam Ibnul-Qaththan rahimahullah (wafat th 628 H) menukilkan ijma` tentang masalah ini. Beliau berkata: “Ahlul ilmi telah sepakat kewajiban nafkah untuk para isteri atas para suami, jika mereka (para suami itu) telah baligh, kecuali isteri yang nusyuz (maksiat) dan enggan (mentaati suami)”.[10]



Yang termasuk nafkah, yaitu suami memberikan tempat tinggal atau rumah bagi isteri-isterinya. Asalnya, satu rumah untuk satu isteri, sebagaimana yang dilakukan oleh Nabi Shallallahu `alaihi wa sallam . Allah Ta`ala berfirman:



"Hai orang-orang yang beriman, janganlah kamu memasuki rumah- rumah Nabi kecuali bila kamu diizinkan" [Al Ahzab/33:53]



Dalam ayat ini Allah menyebutkan rumah-rumah Nabi dengan bentuk banyak, bukan satu rumah saja. Maka dari sini kita mengetahui, bahwa menempati satu rumah merupakan hak bagi setiap isteri, sebagaimana para isteri Rasulullah Shallallahu `alaihi wa sallam . Selain itu, seorang wanita tidak boleh melihat aurat wanita lainnya. Sedangkan jika berkumpul bersama, seorang wanita tidak akan aman dari terbukanya aurat di antara mereka.



Al Hasan al Bashri rahimahullah pernah ditanya tentang seorang laki-laki yang mengumpulkan dua isteri di dalam satu rumah. Beliau menjawab: "Mereka (Salaf) membenci wajs. Yaitu seorang suami menggauli salah satu isterinya, sedangkan yang lain melihatnya".[11]



Imam Nawawi rahimahullah berkata: "Jika seorang laki-laki memiliki banyak isteri, dia tidak boleh mengumpulkan mereka di dalam satu rumah, kecuali dengan ridha keduanya, atau ridha semua isterinya. Karena, hal itu dapat memicu timbulnya permusuhan (di kalangan) mereka. Dan seorang suami, tidak boleh menggauli salah satu isterinya dengan disaksikan oleh yang lainnya, karena menunjukkan kurangnya adab dan buruknya pergaulan". [12]



Dengan demikian, seorang laki-laki tidak boleh mengumpulkan lebih dari satu isteri di dalam satu rumah, kecuali dengan izin dan ridha mereka, maka itu tidaklah mengapa.



Karena menanggung nafkah merupakan kewajiban suami. Oleh karena itulah, Allah k memerintahkan orang-orang yang belum memiliki kemampuan harta untuk menikah, agar menjaga kehormatan mereka, sampai Allah memberikan karunia-Nya. Allah berfirman:



"Dan orang-orang yang tidak mampu kawin hendaklah menjaga kesucian (diri)nya, sehingga Allah memampukan mereka dengan karunia-Nya" [An-Nur/24:33]



- Kemampuan Menjaga Kehormatan isteri-isterinya.

Selain kebutuhan nafkah, wanita juga memiliki kebutuhan biologis. Sehingga seorang laki-laki yang berPoligami, ia harus memiliki kemampuan untuk memenuhi kebutuhan biologis isteri-isterinya. Jika tidak, hal itu akan membawa kepada kerusakan, sedangkan Allah tidak menyukai kerusakan.

Nabi Shallallahu `alaihi wa sallam bersabda:



يَا مَعْشَرَ الشَّبَابِ مَنْ اسْتَطَاعَ مِنْكُمْ الْبَاءَةَ فَلْيَتَزَوَّجْ وَمَنْ لَمْ يَسْتَطِعْ فَعَلَيْهِ بِالصَّوْمِ فَإِنَّهُ لَهُ وِجَاءٌ



"Wahai jama`ah para pemuda, barangsiapa di antara kamu mampu menikah, hendaklah dia menikah. Dan barangsiapa tidak mampu, maka hendaklah dia berpuasa, karena puasa itu pemutus syahwat" [HR Bukhari, no. 5065, Muslim, no. 1400]



Al Hafizh Ibnu Hajar rahimahullah berkata: "Nabi Shallallahu `alaihi wa sallam mengkhususkan pembicaraan kepada para pemuda, karena umumnya, pada diri mereka terdapat kekuatan yang mendorong kepada nikah. (Ini) berbeda dengan orang tua, walaupun maknanya juga diperhatikan jika sebab itu didapati pada orang-orang tua, maka juga berlaku pada mereka"



Di kalangan para ulama, mereka memiliki dua pendapat tentang makna al ba`ah (menikah). Pertama, jima. Kedua, biaya nikah. Namun sesungguhnya kedua makna tersebut dapat digunakan pada hadits ini. [13]



Adab Poligami



Allah Azza wa Jalla yang menciptakan manusia, maka Dia jugalah yang paling mengetahui mashlahat (perkara yang membawa kepada kebaikan) bagi manusia, dibandingkan manusia itu sendiri. Dia Maha Mengetahui, Maha Bijaksana, dan Maha Kasih Sayang kepada hamba-hambaNya. Allah berfirman :



"Apakah Allah yang menciptakan itu tidak mengetahui (yang kamu lahirkan atau rahasiakan); dan Dia Maha Halus lagi Maha Mengetahui?" [Al Mulk/67:14]



Demikianlah seluruh syari`at Allah, semuanya merupakan mashlahat, baik mashlahat murni yang tidak ada keburukannya, ataupun mashlahat rajihah (yang lebih kuat) terhadap keburukannya. Termasuk dalam hal ini, yaitu Poligami yang telah dihalalkan oleh Allah di dalam kitab suciNya, dihalalkan oleh RasulNya yang mulia Shallallahu `alaihi wa sallam, serta disepakati oleh umat Islam.



Sebagai syari`at yang dihalalkan, maka seorang muslim yang melakukan Poligami, semestinya memperhatikan syarat dan adab-adabnya. Sementara itu, di tengah masyarakat, umat Islam yang melakukan Poligami, sebagian di antara mereka melakukannya dengan tanpa memenuhi syarat dan adab-adabnya, sebagaimana yang telah diajarkan oleh Islam. Hal ini turut memperburuk citra agama Islam di mata musuh-musuhnya. Sehingga melahirkan penilaian negatif terhadap Poligami yang merupakan anugerah Allah ini.



Oleh karena itu sebagai umat Islam, sepantasnya kita mengetahui syarat-syarat dan adab-adab Poligami, sehingga kesempurnaan agama Allah ini dapat kita pahami. Dan bagi seseorang yang melaksanakan Poligami, dia melaksanakan dengan sebaik-baiknya sebagaimana dituntunkan syari`at.



ADAB-ADAB Poligami

Ketika seseorang melakukan Poligami, maka semestinya dia mengetahui adab-adab yang berkaitan dengannya. Berikut adalah di antara pembahasan dalam perkara ini.



1. Dengan BerPoligami, Seorang Laki-Laki Janganlah Menjadi Lalai Dalam Menjalankan Ketaatannya Kepada Allah.



Yang dimaksud yakni hanya memikirkan isteri-isteri dan anak-anaknya saja. Karena sesungguhnya tujuan kehidupan adalah beribadah kepada Allah. Demikian juga kewajiban hidup di dunia ini banyak. Ada kewajiban terhadap Allah, kewajiban terhadap orang tua, kewajiban terhadap tetangga, dan lain-lain. Allah berfirman:



"Hai orang-orang mukmin, sesungguhnya di antara isteri-isterimu dan anak-anakmu ada yang menjadi musuh bagimu, maka berhati-hatilah terhadap mereka. Dan jika kamu memaafkan dan tidak memarahi serta mengampuni (mereka), maka sesungguhnya Allah Maha Pengampun lagi Maha Penyayang." [Ath-Thaghabun/64:14]



Dalam tafsirnya tentang ayat ini, Imam Ibnu Katsir menjelaskan, Allah Ta`ala berkata memberitakan tentang isteri-isteri dan anak-anak, bahwa di antara mereka ada yang menjadi musuh bagi suami dan anak. Dalam arti, isteri-isteri dan anak-anak dapat melalaikannya dari amal shalih. Sebagaimana firman Allah:



"Hai orang-orang beriman, janganlah hartamu dan anak-anakmu melalaikan kamu dari mengingat Allah. Barangsiapa yang berbuat demikian, maka mereka itulah orang-orang yang merugi".[Al Munafiqun/63:9] [1]



2. Seorang Laki-Laki –dari umat Nabi Muhammad Shallallahu `alaihi wa sallam - Tidak Boleh Beristeri Lebih Dari Empat Dalam Satu Waktu.



Jika seseorang masuk agama Islam, sedangkan dia beristeri lebih dari empat, maka dia disuruh memilih empat isterinya, dan lainnya diceraikan. Seorang sahabat Nabi yang bernama Wahb al Asadi Radhiya;;ahu `anhu berkata:



أَسْلَمْتُ وَعِنْدِي ثَمَانُ نِسْوَةٍ فَذَكَرْتُ ذَلِكَ لِلنَّبِيِّ صَلَّى اللهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ فَقَالَ النَّبِيُّ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ اخْتَرْ مِنْهُنَّ أَرْبَعًا



"Aku masuk Islam, sedangkan aku memiliki delapan isteri. Aku menyebutkan hal itu kepada Nabi n , maka beliau bersabda: "Pilihlah empat dari mereka". [HR Abu Dawud, no. 2241. Hadits ini dishahihkan oleh al Albani]



3. Jika Seseorang Menikahi Wanita Kelima, Padahal Dia Masih Memiliki Empat isteri.



Dalam masalah ini, al Qurthubi rahimahullah mengatakan: "(Imam) Malik dan Syafi`i mengatakan, `Jika dia mengetahui (hukumnya), maka dia dikenai had`. Begitu pula (yang) dikatakan oleh Abu Tsaur. Az-Zuhri mengatakan,`Jika dia mengetahui (hukumnya), maka dia dirajam (dilempari dengan batu sampai mati). Jika dia tidak tahu, maka dia dikenai had yang rendah, yaitu dera. (Adapun) wanita itu, (ia) mendapatkan mahar, dan dipisahkan antara keduanya. Mereka tidak boleh berkumpul selamanya`." [2]



Kalau ini sebagai hukuman bagi orang yang menikahi isteri kelima, lalu bagaimanakah orang yang menikahi isteri ke enam dan seterusnya, sebagaimana dilakukan oleh orang-orang zhalim dari kalangan raja –dan lainnya- zaman dahulu dan sekarang?



4. Seorang Laki-Laki Tidak Boleh Memperisteri Dua Wanita Bersaudara Dalam Satu Waktu.



Allah Azza wa Jalla berfirman:



"(Diharamkan atas kamu) menghimpunkan (dalam perkawinan) dua perempuan yang bersaudara, kecuali yang telah terjadi pada masa lampau. Sesungguhnya Allah Maha Pengampun lagi Maha Penyayang." [An-Nisaa`/4:23]



5. Seorang Laki-Laki Tidak Boleh Memperisteri Seorang Wanita Dan Bibinya Dalam Satu Waktu.



Abu Hurairah Radhiyallahu `anhu berkata:



نَهَى النَّبِيُّ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ أَنْ تُنْكَحَ الْمَرْأَةُ عَلَى عَمَّتِهَا وَالْمَرْأَةُ وَخَالَتُهَا



"Nabi Shallallahu `alaihi wa sallam melarang seorang wanita dinikahi bersama dengan `ammah (wanita saudara bapak)nya, dan seorang wanita bersama khalah (wanita saudara ibu)nya (oleh seorang laki-laki, Pen.). [HR Bukhari, no. 5110, Muslim, no. 1408]



6. Boleh Berbeda Mahar Dan Walimah Bagi isteri-isteri. Yaitu Nilai MDhar dan Besarnya Walimah Di Antara Para isteri Tidak Harus Sama.



An-Najasyi Radhiyallahu menikahkan Rasulullah Shallallahu `alaihi wa sallam dengan Ummu Habibah Radhiyallahu `anha, dan beliau Shallallahu `alaihi wa sallam memberikan mahar sebanyak empat ribu (dirham). (HR Abu Dawud, an-Nasaa-i). Beliau Shallallahu `alaihi wa sallam juga menikahi Shafiyah Radhiyallahu `anha dengan mahar memerdekan Shafiyah dari perbudakan. [HR Bukhari, 5086, Muslim, no. 1045]



Anas bin Malik Radhiyallahu `anhu mengatakan tentang walimah yang diadakan Rasulullah Shallallahu `alaihi wa sallam ketika menikahi Zainab bintu Jahsy Radhiyallahu `anha :



مَا رَأَيْتُ النَّبِيَّ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ أَوْلَمَ عَلَى أَحَدٍ مِنْ نِسَائِهِ مَا أَوْلَمَ عَلَيْهَا أَوْلَمَ بِشَاةٍ



"Tidaklah aku melihat Nabi Shallallahu `alaihi wa sallam mengadakan walimah pada seorangpun dari isteri-isterinya sebagaimana beliau mengadakan walimah terhadapnya. [HR Bukhari, 5171, Muslim, no. 1428].



7. Seorang Suami Yang Menikah Lagi Dengan Gadis, Maka Dia Tinggal Bersamanya Selama Tujuh Hari, Kemudian Melakukan Giliran Yang Sama Setelah itu. Jika Yang Dinikahi Janda, Maka Dia Tinggal Selama Tiga Hari, Kemudian Baru Melakukan Giliran.



Hal ini berdasarkan hadits sebagai berikut:



عَنْ أَنَسٍ قَالَ مِنْ السُّنَّةِ إِذَا تَزَوَّجَ الرَّجُلُ الْبِكْرَ عَلَى الثَّيِّبِ أَقَامَ عِنْدَهَا سَبْعًا وَقَسَمَ وَإِذَا تَزَوَّجَ الثَّيِّبَ عَلَى الْبِكْرِ أَقَامَ عِنْدَهَا ثَلاَثًا ثُمَّ قَسَمَ



"Dari Anas, dia berkata: "Termasuk Sunnah, jika seorang laki-laki menikah lagi dengan gadis, maka dia tinggal bersamanya selama tujuh hari, dan (kemudian) menggilir. Dan jika menikahi janda, maka dia tinggal bersamanya selama tiga hari, kemudian baru menggilir". [HR Bukhari, no. 5214, Muslim, no. 1461].



8. Seorang Wanita Yang Dipinang Oleh Seorang Laki-Laki Yang Telah Beristeri, Tidak Boleh Mensyaratkan Kepada Laki-Laki Itu Untuk Menceraikan isterinya.



عَنْ أَبِي هُرَيْرَةَ قَالَ قَالَ رَسُولُ اللَّهِ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ لَا تَسْأَلْ الْمَرْأَةُ طَلَاقَ أُخْتِهَا لِتَسْتَفْرِغَ صَحْفَتَهَا وَلْتَنْكِحْ فَإِنَّ لَهَا مَا قُدِّرَ لَهَا



"Dari Abu Hurairah Radhiyallahu `anhu, dia berkata: Rasulullah Shallallahu `alaihi wa sallam bersabda: "Janganlah seorang wanita meminta (seorang laki-laki) menceraikan saudaranya (seagama), sehingga dia akan membalikkan piringnya. Namun hendaklah dia menikah, karena sesungguhnya dia mendapatkan apa yang telah ditakdirkan baginya". [HR Bukhari, no. 6601]



Menurut Imam an-Nawawi, makna hadits ini adalah, larangan terhadap seorang wanita asing (bukan mahram) meminta kepada seorang laki-laki menceraikan isterinya, dan menikahinya, sehingga dia mendapatkan nafkah laki-laki itu, kebaikannya, dan pergaulannya, yang sebelumnya untuk wanita yang telah diceraikan. [3]



Ketika menjelaskan makna hadits ini, di antaranya al Hafizh Ibnu Hajar mengatakan, kemungkinan yang dimaksudkan adalah, hendaklah dia menikah dengan laki-laki tersebut, tanpa meminta mengeluarkan madunya dari penjagaan laki-laki itu (yakni menceraikannya). Tetapi hendaklah ia menyerahkannya kepada apa yang telah Allah takdirkan. Oleh karena itulah beliau Shallallahu `alaihi wa sallam menutup dengan sabdanya "karena sesungguhnya dia mendapatkan apa yang telah ditakdirkan baginya", sebagai isyarat, walaupun jika dia meminta dan mendesaknya, serta mensyaratkan (untuk mencerainya), maka hal itu tidak akan terjadi, kecuali apa yang Allah takdirkan. (9/275).



Demikian juga seorang isteri, tidak boleh meminta suaminya untuk menceraikan madunya. Sebagaimana dijelaskan oleh Imam Ibnu Abdil Barr rahimahullah, beliau berkata: "Di dalam hadits ini terdapat fiqih (pemahaman), bahwa seorang wanita tidak pantas meminta kepada suaminya untuk menceraikan madunya, agar dia bersendiri dengan suaminya". (9/274). Wallahu a`lam.



9. Suami Wjib Berlaku Adil Dalam Memberi Giliran Pada isteri-isterinya.



Misalnya, setiap satu isteri bagian gilirannya satu hari dan satu malam. Atau jika seorang isteri mendapatkan sepekan, maka yang lain juga mendapatkan bagian yang sama. Demikian pula terhadap isteri yang sedang haidh atau sakit, ia tetap berhak mendapat giliran. Dan jika suami akan bersafar, kemudian hendak mengajak salah satu isterinya, maka dia dapat mengadakan undian.

`Aisyah Radhiyallahu `anha berkata:



كَانَ رَسُولُ اللَّهِ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ إِذَا أَرَادَ سَفَرًا أَقْرَعَ بَيْنَ نِسَائِهِ فَأَيَّتُهُنَّ خَرَجَ سَهْمُهَا خَرَجَ بِهَا مَعَهُ وَكَانَ يَقْسِمُ لِكُلِّ امْرَأَةٍ مِنْهُنَّ يَوْمَهَا وَلَيْلَتَهَا غَيْرَ أَنَّ سَوْدَةَ بِنْتَ زَمْعَةَ وَهَبَتْ يَوْمَهَا وَلَيْلَتَهَا لِعَائِشَةَ زَوْجِ النَّبِيِّ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ تَبْتَغِي بِذَلِكَ رِضَا رَسُولِ اللَّهِ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ



Kebiasaan Rasulullah Shallallahu `alaihi wa sallam jika menghendaki safar, beliau mengundi di antara isterinya. Maka siapa dari mereka yang keluar bagiannya, dia pun keluar bersama beliau. Dan beliau membagi untuk tiap-tiap isterinya sehari semalam. Akan tetapi Saudah binti Zam`ah Radhiyallahu `anha, (beliau) menyerahkan harinya untuk `Aisyah, isteri Nabi Shallallahu `alaihi wa sallam, (karena) beliau mencari ridha Rasulullah Shallallahu `alaihi wa sallam dengannya. [HR Bukhari, no. 2688, Abu Dawud, no. 2138]



Demikian juga, seorang suami tidak boleh pergi pada waktu malam hari dari rumah isterinya yang berhak mendapatkan giliran menuju ke rumah isteri yang lainnya, karena hal ini merupakan kezhaliman.



10. Suami Tidak Boleh Berjima` Dengan isteri Yang Bukan Pemilik Hak Giliran, Kecuali Dengan Izin Dan Ridha Pemilik Hak.



`Urwah bin Zubair mengatakan, bahwa `Aisyah Radhiyallahu `anha berkata kepadanya:



يَا ابْنَ أُخْتِي كَانَ رَسُولُ اللَّهِ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ لَا يُفَضِّلُ بَعْضَنَا عَلَى بَعْضٍ فِي الْقَسْمِ مِنْ مُكْثِهِ عِنْدَنَا وَكَانَ قَلَّ يَوْمٌ إِلَّا وَهُوَ يَطُوفُ عَلَيْنَا جَمِيعًا فَيَدْنُو مِنْ كُلِّ امْرَأَةٍ مِنْ غَيْرِ مَسِيسٍ حَتَّى يَبْلُغَ إِلَى الَّتِي هُوَ يَوْمُهَا فَيَبِيتَ عِنْدَهَا وَلَقَدْ قَالَتْ سَوْدَةُ بِنْتُ زَمْعَةَ حِينَ أَسَنَّتْ وَفَرِقَتْ أَنْ يُفَارِقَهَا رَسُولُ اللَّهِ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ يَا رَسُولَ اللَّهِ يَوْمِي لِعَائِشَةَ فَقَبِلَ ذَلِكَ رَسُولُ اللَّهِ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ مِنْهَا قَالَتْ نَقُولُ فِي ذَلِكَ أَنْزَلَ اللَّهُ تَعَالَى وَفِي أَشْبَاهِهَا أُرَاهُ قَالَ وَإِنْ امْرَأَةٌ خَافَتْ مِنْ بَعْلِهَا نُشُوزًا



Wahai, anak saudara perempuanku. Dahulu, Rasulullah Shallallahu `alaihi wa sallam tidak mengutamakan sebagian kami (para isteri) atas yang lain di dalam pembagian. Yaitu menetapnya beliau pada kami. Dan hampir setiap hari beliau mengelilingi kami semua. Yakni beliau mendatangi semua isterinya dengan tanpa menyentuh (jima`, Pen.), sehingga beliau sampai kepada isteri yang hari itu menjadi haknya, maka beliau bermalam padanya. Pada waktu Saudah (salah satu isteri beliau) sudah tua dan takut diceraikan oleh Rasulullah Shallallahu `alaihi wa sallam, dia mengatakan: "Wahai, Rasulullah. Hariku untuk `Aisyah," maka Rasulullah Shallallahu `alaihi wa sallam menerima itu darinya. `Aisyah mengatakan: Kami berkata: Tentang itu –dan yang semacamnya- Allah menurunkan firmanNya:



"Dan jika seorang wanita khawatir akan nusyuz atau sikap tidak acuh dari suaminya…" [HR Abu Dawud, no. 213]



Kelengkapan ayat di atas ialah:



"Dan jika seorang wanita khawatir akan nusyuz atau sikap tidak acuh dari suaminya, maka tidak mengapa bagi keduanya mengadakan perdamaian yang sebenar-benarnya, dan perdamaian itu lebih baik (bagi mereka) walaupun manusia itu menurut tabiatnya kikir. Dan jika kamu bergaul dengan isterimu secara baik dan memelihara dirimu (dari nusyuz dan sikap tak acuh), Maka Sesungguhnya Allah adalah Maha mengetahui apa yang kamu kerjakan." [An-Nisaa`/4:128]



Penulis kitab `Aunul Ma`bud berkata: "Di dalam hadits ini terdapat dalil, bahwa laki-laki boleh menemui isterinya yang bukan pemilik hak giliran hari itu, menyenangkan hatinya, menyentuhnya, dan menciumnya. Hadits ini juga menunjukkan kebaikan akhlak Nabi Shallallahu `alaihi wa sallam, dan beliau adalah sebaik-baik manusia terhadap keluarganya (isterinya). Di dalam hadits ini juga terdapat dalil, bolehnya seorang isteri memberikan gilirannya kepada madunya. Dengan syarat, (mendapat) ridha suami. Karena, suami juga mempunyai hak atas isterinya, sehingga isteri tersebut tidak berhak menggugurkan hak suami kecuali dengan ridhanya". [Syarah hadits no. 2135]



Bahkan demikian juga jika para isteri mengizinkan suami boleh menggilir mereka semua dalam satu malam. Anas bin Malik Radhiyallahu `anhu berkata:



أَنَّ نَبِيَّ اللَّهِ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ كَانَ يَطُوفُ عَلَى نِسَائِهِ فِي اللَّيْلَةِ الْوَاحِدَةِ وَلَهُ يَوْمَئِذٍ تِسْعُ نِسْوَةٍ



"Sesungguhnya Nabi Shallallahu `alaihi wa sallam pernah mengelilingi semua isterinya dalam satu malam. Waktu itu beliau memiliki sembilan isteri". [HR Bukhari, no. 284]



Demikian sedikit penjelasan yang berkaitan dengan syarat dan adab berPoligami, Dengan penjelasan ini, mudah-mudahan kita mengetahui kesempurnaan agama Islam yang membolehkan Poligami, dengan memberikan batasan hanya empat isteri. Dan diiringi dengan kewajiban-kewajiban yang harus dipenuhi oleh laki-laki yang melakukan poligam tersebut.



Syari`at Islam yang membolehkan Poligami dengan syarat dan adab-adabnya, tentu lebih baik daripada Poligami yang dilakukan oleh berbagai bangsa di dunia, baik pada zaman dahulu maupun pada masa sekarang yang tanpa batasan. Demikian juga, Poligami yang dibolehkan Islam, tentu lebih baik dari pada perselingkuhan dan perzinaan yang dilakukan oleh orang-orang pada zaman dahulu maupun sekarang. Maka orang yang adil, dan menilai dengan jujur, pastilah mengakui keunggulan dan kesempurnaan Islam, dibandingkan dengan ajaran dan fikiran manusia, siapapun orangnya.

Wallahul-Musta`an.



[Disalin dari majalah As-Sunnah Edisi 12/Tahun X/1428H/2007. Diterbitkan Yayasan Lajnah Istiqomah Surakarta, Jl. Solo – Purwodadi Km.8 Selokaton Gondangrejo Solo 57183 Telp. 0271-761016]





Oleh

Ustadz Abu Isma`il Muslim al Atsari____________________________________________________



Footnotes

[1]. Tafsir Ibni Katsir, surat ath-Thaghabun/64 ayat 14.

[2]. Tafsir al Qurthubi (5/18), dinukil dari Jami` Ahkamin-Nisaa` (3/467).

[3]. Fathul-Bari (9/274), syarah hadits no. 5152, Penerbit Darus Salam, Riyadh.
Selengkapnya Syarat dan Adab Poligami

Tips Make Up Wedding Unik

Diposting oleh Tukang Tambal Ban on



Setiap pengantin wanita pastilah ingin tampil cantik dan segar dihari pernikahannya. Nah, beberapa tips berikut diharapkan bisa menjadi panduan bagi calon pengantin wanita untuk tampil cantik, segar, dan mempesona dihari bahagianya.

- untuk wajah
tata rias pengantin kesan make up artists natural diperoleh dari pemilihan pemulas mata warna cokelat dan emas. Agar wajah terlihat segar, bubuhkan pemulas pipi berwarna sheer pink. Untuk bibir, sebelum membubuhkan lipstik, bubuhkan lipbalm. Lipstik warna pink make up artists lembut akan memperkuat kesan romantis untuk tata rias.

- untuk rambut

1. Rambut diberi foam agar tatanan rambut tahan lama. Bentuk ikal dengan hot curler. Sematkan jepit rambut pada masing-masing ikal.apalagi pengantin adat harus benar - benar sabar dalam rias rambutnya.

2. Lepaskan jepitan. Sisihkan poni. Bagi rambut menjadi dua bagian, atas dan bawah. Untuk bagian bawah, sisakan dari 1/3 bagian rambut.

3. Bentuk 1/3 bagian rambut bawah menjadi twist. Sematkan jepit.

4. Sasak sisa rambut bagian atas dan poni. Rapikan, tata rias pengantin rambut dengan tangan ke arah belakang. Rapikan dengan jepit rambut. Semprotkan hairspray.

5. Rapikan belakang rambut, bentuk ikal.
Sematkan bunga mawar dan baby bride segar di samping kiri-kanan rambut.

- untuk make up
1.
Wedding make up atau brides make up sebaiknya korektif dalam arti mengoreksi tata rias bagian wajah yang kurang.

2. wedding make up atau brides make up tidak harus menor atau tebal. Pilih riasan yang sifatnya abadi alias tidak hanya sebagai "ratu sehari".

3. Perhatikan kerapihan wedding make up artists atau brides makeup sehingga si pengantin terlihat cantik dari dekat maupun kejauhan.

4. Pilih wedding make up artists atau brides makeup (alas bedak, maskara, eyeliner, dan lain-lain) yang bersifat waterproof agar riasan tak cepat luntur.(em carilah perias pengantin yang profesional)

5. Sebaiknya sesuaikan make up dengan warna kulit

6. Minimal satu bulan sebelum hari-h, lakukan perawatan wajah seperti scrubbing atau masker agar wajah tidak berjerawat dan berminyak agar saat perias pengantin anda tidak sebal karena wajah anda berjerawat.

(perempuan/pit/ft:ilustrasi)


http://www.rileks.com

Selengkapnya Tips Make Up Wedding Unik

Tips Saat Membeli Perangkat Mobil

Diposting oleh Tukang Tambal Ban on



Tidak sedikit orang yang memiliki ketergantungan tinggi untuk mendengarkan musik selama berkendara di jalan raya. Selain untuk mengusir rasa bosan terlebih ketika terjebak di kemacetan. Beragam
audio mobil atau audio cars pun tersedia di pasaran demi memenuhi kebutuhan setiap pengguna berikut kelengkapannya seperti speaker, tweeter, subwoofer, dan masih banyak lagi.

Agar biaya
audio mobil atau audio cars yang dikeluarkan tidak terbuang percuma akibat tidak sesuai kebutuhan. Untuk meminimalkan hal tersebut, pastikan bahwa jenis perangkat audio yang anda beli mampu mengakomodasi kebutuhan jenis musik yang anda sukai. Jika menyukai musik yang terdengar dominan pada suara bas, pilihlah perangkat audio sound dengan amplifier dan subwoofer yang lebih kuat. Jika tidak, bisa memilih audio yang menghasilkan seluruh spektrum suara dengan seimbang. Dengan demikian, menikmati musik saat di perjalanan pun akan terasa semakin nyaman.

Di samping itu, perhatikan kebiasaan sehari – hari, apakah anda menghabiskan lebih banyak waktu dalam kendaraan?, jika ya, menggunakan perangkat
audio sound yang lengkap dan menghasilakan sura berkualitas tinggi tentu tidak ada salahnya. Namun jika anda hanya menggunakan mobil untuk perjalanan yang tidak memakan banyak waktu, jalanan yang tidak memakan banyak waktu, menggunakan perangkat sound mobil, sound audio dan audio car lengkap atau bahkan hingga membutuhkan untuk pemasangan sistem akan menjadi suatu pemborosan saja. Akan tetapi tentu saja hal ini berpulang kembali pada masing – masing orang yang memiliki kebutuhan berseda – beda.

Hal lain yang tidak boleh luput dari perhatian adalah mencermati pemasangan seluruh komponen sistem
sound mobil, sound audio dan audio car di dalam kabin , yang berpengaruh terhadap kenyamanan telinga saat mendengarkan serta kemanan sistem listriknya.


Sumber : Kompas
Selengkapnya Tips Saat Membeli Perangkat Mobil