Global Positioning System (Gps)

Diposting oleh Tukang Tambal Ban on Oct 12, 2009



Gps adalah suatu sistem navigasi yang memanfaatkan satelit sehingga gps dapat memberikan informasi posisi dan waktu suatu tempat dibumi dengan akurat. Penerima gps memperoleh sinyal dari beberapa satelit yang mengorbit bumi yang terdiri dari 24 susunan satelit, dengan 21 satelit aktif dan 3 buah satelit sebagai cadangan. Dengan susunan orbit tertentu, maka satelit gps bisa diterima diseluruh permukaan bumi dengan penampakan antara 4 sampai 8 buah satelit. Kehadiran teknologi ini salah satunya digunakan untuk navigasi dalam beberapa jenis kendaraan seperti yang digunakan dalam film ini.

Kelebihan gps:

Dengan sistem yang mampu mengetahui lokasi, arah, kecepatan dan rute yang dilalui oleh kendaraannya, gps sangat berguna untuk memandu pengendara. Dengan alat ini, pengendara bisa mengetahui rute mana yang sebaiknya dipilih untuk mencapai tujuan yang diinginkan dengan hanya menyebutkan lokasi tujuan yang ia ingin tuju, ini menunjukkan akurasi gps yang cukup tinggi. Kelebihan gps yang digunakan dalam kendaraan ini mampu mengetahui jalur-jalur tertentu untuk mencapai tempat tujuan dengan lebih cepat dan menghindari macet ini merupakan salah satu kelebihan gps nah untuk kelebihan lainnya anda bisa liat di toko gps.

Kekurangan gps:

Penggunaan gps untuk mengetahui posisi yang mengandalkan setidaknya tiga satelit ini tidak selamanya akurat. Terkadang, dibutuhkan satu satelit untuk memperbaiki sinyal yang diterima. Ketidakakuratan posisi yang ditunjukkan gps ini dipengaruhi oleh posisi satelit yang berubah dan adanya proses sinyal yang ditunda. Kecepatan sinyal gps ini juga seringkali berubah karena dipengaruhi oleh kondisi atmosfer yang ada. Selain itu, sinyal gps juga mudah berinteferensi dengan gelombang elektromagnetik lainnya.

Kesimpulan:

Seperti dua sisi mata uang, perkembangan teknologi yang ada sekarang ini juga memiliki kelebihan dan kekurangan. Dari dua contoh diatas, kehadiran global positioning system (gps) yang ada di toko gps, memang sangat membantu kehidupan manusia. Dengan kehadiran dua alat ini, kehidupan manusia menjadi lebih praktis dan efisien. Tetapi, ada kalanya sistem dalam alat-alat tersebut tidak berfungsi dengan baik. Contohnya, malfungsi delacroy voting systems yang menyebabkan proses perhitungan kandidat yang salah. Sebagai alat buatan manusia, kehadiran electronic voting machines yang kita anggap sangat hebat ternyata tak lepas dari eror/malfungsi.

http://www.waena.org

{ 0 komentar ... read them below or add one }