Bisnis Minuman Air Kelapa, Untungnya Sesegar Buahnya

Diposting oleh pulat on May 6, 2010



Minumlah air kelapa muda secukupnya untuk mengganti cairan tubuh yang hilang. Mengapa? Karena air kelapa merupakan minuman isotonik alami. Air kelapa muda bisa dimanfaatkan sebagai minuman penambah energi dan stamina alami.
Secara alami, air kelapa memiliki komposisi mineral dan gula yang sempurna sehingga memiliki kesetimbangan  elektrolit yang sempurna pula, sama halnya dengan cairan yang terdapat dalam tubuh manusia. Kandungan mineral alami dan protein di dalam air kelapa sangat baik untuk pertumbuhan dan perbaikan sel-sel dalam tubuh. Komposisi mineral air kelapa yang unik ini menyebabkan air kelapa bisa berperan sebagai minuman isotonik alami.
Potensi Pengembangan
Selama ini kita sering melihat bahwa air kelapa lebih sering dibuang begitu saja karena dianggap tidak memiliki nilai. Padahal jika dilihat dari kandungan gizinya cukup potensial untuk dikembangkan menjadi berbagai aneka olahan. Yang familiar yaitu pemanfaatannya sebagai nata de coco atau kecap.
Selain itu, cita rasa, kandungan mineral dan kesegaran khas yang dimiliki air kelapa muda juga berpotensi untuk dikembangkan menjadi produk minuman komersial.
Keunggulan
Hasil penelitian membuktikan air kelapa muda memiliki Indeks Rehidrasi (indikator banyaknya cairan rehidrasi yang diberikan yang dipergunakan tubuh) lebih baik dibandingkan dengan air biasa dan minuman elektrolit buatan.
Dengan Indeks Rehidrasi yang lebih tinggi berarti air kelapa muda lebih efektif dan lebih cepat memperbaiki dehidrasi. Kelebihan lain adalah memiliki rasa lebih lezat dan mudah ditoleransi lambung sehingga air kelapa muda dapat diminum dalam jumlah cukup banyak.
Namun, perlu diketahui bahwa, air kelapa mudah sekali mengalami perubahan cita rasa dan penurunan nilai gizi setelah dibuka dan dikeluarkan dari tempurungnya. Oleh karena itu, diperlukan sebuah teknologi pengawetan untuk mengembangkannya menjadi minuman komersial.
Info Teknologi Pengolahan
Pada prinsipnya proses pengolahan minuman isotonik dari air kelapa disebut dengan sterilisasi dingin (cold sterilization). Cara ini dipilih karena sifat air kelapa yang sangat sensitive terhadap panas sehingga teknologi pengawetan yang biasa dilakukan seperti pasteurisasi tidak efektif karena akan membuat cita rasa air kelapa berubah.
Teknologi ini bekerja dengan melewatkan air kelapa muda melalui suatu filter/penyaring yang terbuat dari porselin ataupun gel poliakrilik. Dengan karakteristik filter yang tepat, filter akan mampu menahan semua mikro-organisme dan sporanya dan melakukan permeate air kelapa muda yang steril. Karena tidak menggunakan panas (suhu tinggi) maka air kelapa steril yang dihasilkan tetap mempunyai karakteristik aroma dan cita rasa yang tetap segar. Itulah keunggulan dari sistem sterilisasi dingin (cold sterilization) diberikan oleh teknik mikro-filtrasi


http://bisnisukm.com

{ 0 komentar ... read them below or add one }