Tujuan Utama Sebuah Iklan

Diposting oleh pulat on May 31, 2010




Apa yang membuat sebuah iklan itu baik atau tidak? Pertama-tama, pasang iklan harus menarik perhatian pembaca dimana iklan tersebut juga harus benar-benar mengungkapkan apa yang ingin anda sampaikan. Kedua, pasang iklan harus dapat mengungkapkan semua maksud anda dengan kata-kata seminimal mungkin untuk menghemat biaya operasional anda. Dan ketiga, iklan harus membuahkan hasil; entah itu permintaan atau penjualan.

Tujuan utama anda adalah untuk menarik perhatian pembaca. Anda harus membayangkan seolah-olah pembaca sedang menelusuri halaman tempat iklan anda berada dimana terdapat dua atau tiga ratus pasang iklan yang lain. Oleh sebab itu harus ada sesuatu pada iklan anda yang akan membuat pembaca tersebut berhenti menelusuri halaman dan memperhatikan iklan anda!

Berikut adalah elemen dari pasang iklan yang bermutu: Perhatian, Daya Tarik, Keinginan, Tindakan…
Tanpa keempat elemen tersebut yang terintegrasi secara baik dalam iklan anda, maka iklan ada hanya akan “terpampang di situ” saja tanpa ada hasil selain hanya akan memakan biaya. Apa yang kami perlihatkan pada anda hanyalah iklan yang paling dasar. Walaupun iklan semacam itu dapat dipampang di surat kabar terkemuka dan akan memperoleh tanggapan yang bagus, iklan tersebut dikenal sebagai “iklan buta” dan akan menyedot permintaan serta tanggapan dari keseluruhan lingkup orang-orang yang membaca surat kabar yang memuat iklan anda. Dalam kata lain, mendapat permintaan dan tanggapan dari para “pembaca yang hanya sekedar menghabiskan waktu” dan bukan dari pembeli yang berkelas.

Intinya adalah
1) Anda harus menarik perhatian pembaca…
2) Anda harus “merangsang si pembaca lebih jauh lagi” dengan sesuatu (ungkapan menarik) yang membuat si pembaca tersebut “menginginkan” produk atau jasa anda…
3) Menuntut si pembaca segera bertindak

Elemen terakhir dari iklan anda adalah tentu saja nama dan alamat anda dimana si pembaca akan memberikan tanggapan—ke mana ia harus mengirim uangnya atau untuk mengetahui informasi lebih lanjut.

Secara umum, para pembaca lebih sering memberikan tanggapan kepada iklan yang mencantumkan nama di dalamnya daripada iklan yang hanya sekedar mencantumkan inisial saja atau jumlah kata, atau ruang yang anda pakai untuk iklan anda, pemakaian beberapa nama dalam iklan akan menyebabkan iklan tersebut mahal. Apabila kita meminta kepada para responden iklan kita untuk menulis surat atau mengirim uang mereka ke Asosiasi Riset Penulis & Penerbit (The Research Writers & Publishers Association), atau biaya iklan kita akan menjadi terlalu tinggi. Oleh sebab itu kita persingkat nama kita menjadi Periset (Researchers) atau Penghasil Uang (Money-Maker). Intinya adalah berpikir relative terhadap penempatan biaya iklan anda serta mempersingkat nama-nama yang terlalu panjang.


Sekarang anda sudah tahu aturan-aturan dasar…..selanjutnya terserah anda.



http://www.dunia-wirausaha.com
Temukan semuanya tentang Bisnis, Pasang Iklan, Iklan Jasa, Iklan Baris

{ 0 komentar ... read them below or add one }