Byur... 25 Galon Air Muncrat Dari Permukaan Bulan

Diposting oleh Unknown on Mar 30, 2010




Sungguh mengejutkan hasil eksperimen penembakan proyektil yang dilakukan badan antariksa as (nasa) ke permukaan bulan belum lama ini. Betapa tidak, meski hanya menghasilkan lubang kecil, tembakan tersebut menyebabkan sekitar 25 galon air atau hampir 100 liter air muncrat dari permukaan bulan dalam bentuk es dan uap air.
"kami menemukan air. Dan kami tidak hanya menemukan dalam jumlah sedikit. Kami menemukan kandungan yang signifikan," ujar anthony colaprete, ilmuwan nasa saat mengumumkan hal tersebut, jumat (13/11). Temuan ini semakin meyakinkan para ilmuwan bahwa bulan makin cocok dijadikan tempat tinggal alternatif bagi manusia.
Kandungan air yang cukup besar akan memudahkan pembangunan fasilitas penelitian di bulan seperti yang dicita-citakan selama ini. Selain untuk memenuhi kebutuhan air minum, air juga penting dalam pembuatan bahan bakar roket.
Untuk memperoleh bukti adanya air, nasa harus mengorbankan satelit lunar crater observation and sensing satellite (lcross) yang diluncurkan bersama dengan misi lunar reconnaissance orbiter (lro) pada 18 juni 2009. Lro menempatkan diri di orbit bulan, sedangkan lcross memisahkan diri dan melenting beberapa kali ke orbit bulan dan bumi untuk meningkatkan kecepatannya hingga melesat seperti peluru sebelum menumbuk bulan.
Setelah melakukan perjalanan selama 113 hari dengan menempuh jarak 9 juta kilometer, lcross kemudian menghunjam ke permukaan bulan. Sebelum menabrakkan diri, sebuah roket bernama centaur lebih dulu dilepaskan untuk menghasilkan efek tabrakan ganda berselang empat menit. Tabrakan yang diarahkan ke sebuah kawah cabeus dekat kutub selatan bulan itu menghasilkan muncratan setinggi hampir dua kilometer.
Ini memang bukan kabar pertama penemuan galon air di bulan. Pada misi-misi sebelumnya pernah terungkap adanya kemungkinan kandungan hidrogen yang merupakan unsur penting pembentuk air di kawah-kawah bulan dekat kutubnya dalam bentuk padat. Pada september 2009, sebuah kajian ilmiah juga menyimpulkan bahwa tanah bulan mengandung elemen air.

Http://sains.kompas.com

{ 0 komentar ... read them below or add one }