Piala Sudirman

Diposting oleh Unknown on Mar 15, 2010





Piala sudirman adalah kejuaraan bulutangkis internasional untuk nomor beregu campuran, mempertandingkan nomor tunggal pria, tunggal wanita, ganda pria, ganda wanita, dan ganda campuran. Kejuaraan ini digelar setiap dua tahun sekali. Nama sudirman diambil dari nama tokoh perbulutangkisan indonesia, almarhum dick sudirman, salah satu pendiri pbsi dan dikenal juga sebagai bapak bulu tangkis indonesia.
Piala sudirman tidak memperebutkan hadiah uang. Para pemain bertarung hanya untuk membela nama negara dan memperoleh poin peringkat, klo mau liat bentuk pialanya silakan cek di jual piala
Kejuaraan ini pertama kali dicetuskan oleh indonesia pada tahun 1986. Sepanjang sejarahnya, hanya lima negara yang telah berhasil mencapai babak semifinal di seluruh kejuaraan: indonesia, korea selatan, inggris, china dan denmark.
Piala sudirman yang pertama digelar di istora gelora bung karno, jakarta pada 24-29 mei 1989. Pada kejuaraan tersebut, indonesia berhasil tampil sebagai juara dengan mengalahkan korea selatan dengan nilai 3-2. Itulah satu-satunya gelar piala sudirman yang pernah diraih indonesia.
Sejak tahun 1991, piala sudirman secara bergantian direbut korea selatan dan china. Korea menjadi juara pada tahun 1991, 1993, dan 2003 sedangkan tiongkok juara pada 1995, 1997, 1999, 2001, 2005 dan 2007 lengkapnya ada di jual piala.
Piala sudirman yang mempunyai tinggi 80 cm dirancang oleh rusnadi dari fakultas seni rupa itb dan terdiri dari lima bagian. Tutup piala berbentuk candi borobudur yang merupakan salah satu monumen bersejarah yang terletak di indonesia. Badan piala berbentuk kok (bola bulutangkis) yang berlapiskan emas 22 karat dengan berat 600 gram.
Pegangan piala berbentuk benang sari. Bagian keempat berbentuk daun sirih yang merupakan ornamen ucapan selamat datang. Bagian kelima berupa alas berbentuk segi delapan yang melambangkan arah mata angin yang terbuat dari kayu jati. Piala ini dikerjakan pt. Masterix bandung dengan harga usd 15 ribu (sekitar rp. 27 juta) di kala itu.



Http://id.wikipedia.org

{ 0 komentar ... read them below or add one }