Belajar Dasar Bahasa Mandarin

Diposting oleh Wike Furyandi on Mar 3, 2010





Pelajaran Kursus Mandarin hari itu dimulai dengan perkenalan nada dan pinyin (aksara cina yang ditulis dengan huruf alfabet). Ternyata nada pengucapan suatu kata dalam bahasa cina ada 4 nada, yang kalo salah ngucapin bakal beda artinya. Untuk orang Indonesia yang hanya mengenal 1 nada mungkin agak sedikit kesulitan. Setelah bersusah payah mencoba mengucapkan 4 nada itu, pelajaran dilanjutkan dengan pengenalan pinyin. Nah ternyata pelajaran pinyin ini sangat susah..ejaan untuk tiap huruf ternyata berbeda dengan ejaan yang biasa kita pake, misal huruf “d” dalam bahasa cina di eja “te”. Selain beda cara membaca, ada juga beberapa karakter yang untuk orang indonesia pasti sangat sulit untuk dilafalkan, saya malah tidak bisa membedakan pelafalan beberapa karakter tersebut.

Beberapa kata yang dipelajari dalam Kursus Mandarin pertama: Ni hao! : Halo!

Ni hao ma? : apa kabar?

Xie xie : terima kasih

dui pu qi : Maaf

Lao Tse : guru

Wo ai ni : saya cinta kamu

Wo hen ni : saya benci kamu

sisanya lupa euy…

Sudah hampir 3 minggu belajar bahasa cina…belajar pinyin saja belum bener sudah ditambah dengan metode yang lain yaitu “po pho mo fo”. Cara pengucapannya sebenernya mirip dengan pinyin(cara pelafalan dengan menggunakan huruf alfabet) namun pada metode baru ini penulisannya bukan digunakan huruf alfabet, melainkan huruf cina..

contoh:

di metode “pinyin” di tulis: g

di metode “po pho mo fo” ditulis:

di baca: ke

Ada beberapa kosakata baru yang berguna untuk membantu percakapan “tarzan” ato ketika ditanya dikelas:

* wo bu dong (dibaca wo pu tong) : saya tidak mengerti
* bu zhi dao (bener ga ya nulisnya??yang pasti bacanya pu ce ta): tidak tahu
* mei you : tidak ada
* zhe ge: ini
* duoshao qian : berapa harganya

Berhubung masih sangat sedikit kosakata mandarin yang hapal, jadi untuk keperluan sehari-hari ya pake bahasa inggris..nah kalo dianya ga bisa bahasa inggris terpaksa pake bahasa “tarzan”..hehehe..mungkin selesai kuliah disini kemampuan bahasa “tarzan” saya bakal meningkat drastis..

fazrin.wordpress.com

{ 0 komentar... read them below or add one }