Tips Mendesain Apartemen Bulanan

Diposting oleh Unknown on Jun 8, 2010


Sebelumnya, tentukan dahulu target market calon penyewa dari sewa apartemen. Tentunya hal ini sebaiknya sudah kita rencanakan sebelum membeli apartemen tersebut.


Biasanya harga sewa apartemen di Jakarta sekitar 10% dari harga beli apartemen tersebut. Apabila kita ingin mendesign interiornya tentukan apa tujuannya, antara lain:

1. Meningkatkan harga sewa apartemen?

2. Mempercepat dapat penyewa?

3. Target market penyewa menuntut apartemen yang siap huni sehingga harus sudah rapi interiornya (misalkan expatriate)


Bila ingin meningkatkan harga sewa apartemen, tentukan maksimal biaya pengadaan interior termasuk biaya design, karena biasanya sebagaimanapun kita renovasi sebuah sewa apartemen, tetap ada batasan realistis harga sewa apartemennya.


Jika ingin mempercepat dapat penyewa sewa apartemen, berarti kita akan menekankan pada penampilan ruangan yang cozy sehingga menjadi "irresistible" bagi si calon penyewa. Tarik perhatian sisi sub-conscious si calon penyewa.


1. Space Planning / Perencanaan Ruang

Untuk apartemen dengan ukuran tidak terlalu luas, sebaiknya pastikan designer interior merencakanan space storage sebaik-baiknya. Pikirkan juga hal-hal kecil yang dapat mengganggu kerapihan apartemen setelah dihuni, misalkan dimana akan meletakkan meja setrika, dispenser air mineral, sapu, tongkat pel atau rice cooker. Dalam hal ini, custom-made furniture akan lebih berperan dibanding Anda membeli loose furniture tanpa perencanaan. Perencanaan yang kurang matang dapat menyebabkan apartemen kelihatan berantakan setelah dihuni. Sedangkan kebalikannya perencanaan matang dapat membuat si calon penyewa lebih tertarik.


2. Color Scheme/ Pemilihan Tema Warna

Sangat dianjurkan memakai warna-warna muda dan terang untuk ruangan yang tidak terlalu luas, misalkan putih, beige, creme. Apabila ingin memberikan aksen ruangan sebagai point of interest, bisa mewarnai hanya satu bagian dinding dengan warna yang sedikit berani (misalkan hijau lumut, merah maroon, orange terang dll). Atau bisa juga menempatkan furniture satu sofa berwarna merah menyala di dalam ruangan dengan tema putih creme atau abu2 muda. Ruangan yang keseluruhan putih dapat menyebabkan rasa bosan.


3. Aplikasikan Optical Illusion

Beberapa contoh misalkan: Penggunaan cermin di ruangan sempit sangat membantu memberikan kesan luas. Pemakaian cermin di dalam lemari buku memberikan kesan masih ada ruang dibaliknya) Pemilihan furniture yang tidak terlalu tinggi untuk diletakkan di tengah ruangan menghindari kesan sempit (pilih sofa yang rendah jika akan diletakkan di tengah-tengah ruangan). Pemilihan meja makan kaca bening dapat memberikan kesan transparan. Hati-hati pada penggunaan lampu gantung untuk ruang dengan langit-langit rendah.


pamdesign.multiply.com

{ 0 komentar ... read them below or add one }