Tips Memilih Tenda Untuk Mendaki Gunung

Diposting oleh pulat on Jun 1, 2010



Saat ini di pasaran banyak sekali beredar tenda-tenda yang entah itu dijual secara perseorangan dan dijual di toko-toko outdoor, rata-rata dengan konstruksi tenda dome tent atau pengembangan dari tunnel tent dan single hope tent.

Nah bagaimana mengetahui ciri-ciri tenda dome yang cocok untuk mendaki gunung? berikut mudah-mudahan tips ini bisa membantu teman-teman dalam memilih tenda yang cocok untuk pendakian gunung.

Tinggi Tenda
Tenda dome Tinggi tenda setidaknya maksimal 1 meter atau 40 inci. Ini berdasar pengamatan tenda-tenda di luar negeri rataa-rata tingginya 1m atau dibawahnya. Seperti biasa, makin tinggi tenda makin besar daya tangkap anginnya.

Bahan tenda
Perhatikan bahan tenda pilihlah yang dari nylon jangan pilih tenda yang terbuat dari kain katun bahan bagian dalamnya (inner) terbuat dari katun.

Bentuk Tenda
Untuk tenda dome Hindari memilih tenda yang mempunya bagian terbuka / menganga, apalagi bagian atas, karena akan jadi “santapan” angin, karena angin dan badai adalah kendala utama yang dihadapi jika berada di tempat ketinggian.

Bobot dan dimensi
Pilihlah tenda dome yang masuk akal beratnya dan dimensi yang kecil pada saat di packing. Selain untuk kepraktisan juga sangat membantu ketika harus dibawa-bawa dalam carrier.

Bahan alas tenda

Lembar Flysheet
Tenda untuk pendakian gunung harus mempunyai lembar flysheet nya, kecuali tenda yang single tent yang terbuat dari bahan breathable garmen yang bisa menahan air tapi kondensasi dalam tenda bisa keluar. Seperti tenda keluaran merek Bibler akan tetapi harga tenda dengan bahan jenis seperti ini mahal sekali, dan kebanyakan tenda Bibler ini dipakainya di gunung-gunung tinggi bersalju.

Jarak flysheet dan bagian dalam tenda

Guylines atau tali pengencang
Tenda pendakian gunung pasti akan mempunyai tali-tali pengencang dibagian tertentu yang berguna untuk ketahanan tenda dalam menghadapi angin di gunung. tali-tali ini umumnya oleh pabrik tenda ditempatkan pada titik-titik frame konstruksi tenda yang berguna memberikan kekuatan tambahan pada frame agar tidak patah.

Ruang penyimpanan.

Kepkraktisan saat mendirikan.
Usahakan memilih tenda yang mudah dan praktis saat dirakit atau digunakan. Sekiranya ruwet tidak praktis mending cari merk lainnya.
Jahitan
Perhatikan apakah jahitan2nya sudah dberi seam seal/didobel lapisan plastik. Perhatikan pula apakah keempat sudut tendanya terangkat atau malah sejajar dengan tanah saat didirikan. Sebaiknya cari tenda yg sudah ada seam pada jahitanya dan kalau bisa cari yang pojok-pojoknya terangkat beberapa cm dari permukaan (bath tub type).



http://www.ekowahyu.com
Temukan semuanya tentang Pasang Iklan, bisnis, Iklan Baris, iklan gratis

{ 0 komentar ... read them below or add one }