Menjelajahi Kota Balikpapan dengan Mobil Rental

Diposting oleh pulat on Jun 4, 2010







Banyak tempat-tempat wisata di Balikpapan tidak terjangkau oleh kendaraan umum, padahal pesonanya sangat sayang untuk dilewatkan. Menyewa mobil menjadi pilihan ideal bagi wisatawan yang ingin menjelajahi tempat-tempat wisata di di Balikpapan sepuasnya. Berikut tips untuk menyewa mobil di Balikpapan

5 Hal yang Perlu Anda Ketahui sebelum Menyewa Mobil di Balikpapan

Tentang Rental Mobil

Semua rental mobil balikpapan yang tercantum dalam daftar rental mobil balikpapan di situs ini sudah memiliki izin usaha yang diterbitkan oleh pemerintah. Namun, tidak seperti Hertz atau Avis, rental mobil di Indonesia biasanya memang dikelola langsung oleh pemiliknya. Hal ini memberikan peluang untuk menegosiasikan tarif sewa yang lebih murah bila Anda akan menyewa dalam waktu yang lama (lebih dari seminggu), sudah sering menyewa di sana, atau sudah kenal baik dengan pemilik rental mobil itu.

Tentang Tarif Sewa

Tarif rental mobil Balikpapan sangat sederhana, hanya memuat komponen dasar: sewa mobil. Bila dalam perjalanan ada ongkos parkir, karcis tol, dan sebagainya, maka hal itu menjadi tanggungan penyewa.

Tentang BBM

Berdasarkan pengalaman, akan lebih hemat bila menyewa mobil tanpa BBM (bahan bakar minyak) karena Anda bisa mengisinya sendiri sesuai kebutuhan. Mobil jenis budget MPV (Toyota Avanza, Daihatsu Xenia, atau Suzuki APV) biasanya mengkonsumsi 1 liter premium untuk jarak tempuh 10 km, jadi Anda cukup mengisi 20 liter BBM untuk berkeliling Kota Yogyakarta seharian atau ke Candi Borobudur (42 km). Harga resmi premium di SPBU Pertamina adalah Rp. 4.500 / liter.

Catatan:
Kebutuhan BBM mungkin saja berbeda tergantung jarak tempuh dan rasio kompresi mobil Anda.

Tentang Sopir

Banyak situs travelling yang merekomendasikan untuk menyewa mobil + sopir bila berwisata ke Balikpapan, sepenuhnya setuju. Lalu lintas di sini berjalan di sebelah kiri dan agak semerawut, Anda akan lebih menikmati perjalanan bila menyewa mobil + sopir. Upah sopir di Yogyakarta hanya Rp. 50.000 / 12 jam, jadi Anda bisa memberikan tips bila Anda puas.

Bila Anda menyewa mobil + sopir maka Anda wajib memberi makan sopir. Ketika saatnya makan siang atau makan malam, sebaiknya Anda mengajak sopir beristirahat sejenak sambil makan. Sopir yang berpengalaman kadang bisa menunjukkan tempat makan enak (dan murah) di dekat situ.

Khusus hari Jumat, Anda perlu menanyakan sopir bila dia membutuhkan waktu untuk sholat Jumat (pk 12.00 - 12.45)

Bila Anda bepergian ke luar kota hingga menginap maka Anda juga wajib menyediakan penginapan atau memberikan ongkos penginapan untuk sopir yang besarnya sesuai kesepakatan (lazimnya Rp. 100.000 / malam).

Tentang Paket Wisata

Beberapa rental mobil di Balikpapan juga menyediakan paket wisata yang menarik dengan harga yang sangat murah. Anda memang tidak bisa mengharapkan sopir yang mengantarkan Anda akan mengetahui banyak hal tentang tempat-tempat wisata tersebut, namun ini bukan masalah besar. Anda bisa membaca informasi tentang tempat-tempat wisata di Balikpapan tersebut di situs-situs seperti 88db.com

Selamat menyewa mobil dan menjelajahi tempat-tempat wisata di Balikpapan.




http://www.yogyes.com

Temukan semuanya tentang Pasang Iklan, bisnis, Iklan Baris, iklan gratis

{ 1 komentar ... read them below or add one }

rental mobil balikpapan said...

menarik sekali ulasanya,

Rental Mobil di Balikpapan