Apa Itu Jaringan Internet

Diposting oleh pulat on Jun 21, 2010



Salah satu cara untuk terhubung ke jaringan internet  adalah dengan menghubungkan komputer Anda  ke jaringan komputer yang terhubung ke internet. Cara ini banyak digunakan di perusahan, kampus-kampus, dan warnet-warnet. Sebuah komputer yang dijadikan server  (komputer layanan) di hubungkan ke internet. Komputer lain di jaringan tersebut kemudian dihubungkan ke server  tersebut. Biasanya komputer yang berfungsi sebagai server  dihubungkan dengan sebuah  Internet  Service Provider (ISP) melalui kabel telepon atau melalui antena. Sedangkan untuk menghubungkan komputer ke komputer server  dilakukan dengan menggunakan kartu LAN (LAN Card) dan kabel koaksial (UTP).

A. Saluran Telepon Langsung  (Dial Up)
Apakah di rumahmu sudah terpasang saluran telepon? Jaringan telepon yang sudah merambah dengan luas. Jika sudah dan Anda  memiliki komputer maka Anda  terkoneksi dengan jaringan internet. Cara menghubungkan komputer Anda  ke internet  menggunakan kabel telepon biasa atau lebih sering disebut dengan dial up.  Siapkan kabel telepon, modem, dan ISP Anda  dapat mengakses internet  dengan cara dial up.

B. Jaringan GPRS
Tentu Anda  mengenal handphone (HP) bukan? Apakah keungulan HP dibanding telepon rumah? Tentu jawaban spontan karena sifat mobilitas HP yang dapat dioperasikan dengan berpindah-pindah atau bergerak. Sistem komunikasi bergerak di antaranya karena adanya teknologi GPRS. Apakah GPRS itu? GPRS adalah kepanjangan dari General Packet Radio Service yaitu komunikasi data dan suara yang dilakukan dengan menggunakan  gelombang radio. GPRS memiliki kemampuan untuk mengkomunikasikan data dan suara pada saat alat komunikasi bergerak (mobile).

C. Jaringan WiFi
Dengan menggunakan WiFi, Anda  dapat mengakses internet  dengan kecepatan  hingga 11Mbps. Dengan WiFi Anda  tidak membutuhkan kabel untuk terhubung ke jaringan, namun Anda  harus berada pada daerah yang mempunyai sinyal WiFi. Daerah yang  mendapat sinyal WiFi kurang lebih daerah yang berada pada radius 100 meter dari titik akses atau hotspot.

Ada tiga komponen dalam sebuah lokasi hotspot sebagai berikut.

(1) Access Point (titik/pusat akses) yaitu perangkat yang menghubungkan teknologi wireless LAN dengan ethernet yang terdapat di komputer. Titik akses memiliki kemampuan untuk melayani pengguna hingga 128 point. Luas daerah yang dijangkau oleh sebuah titik akses mencapai 25-100 meter.
(2) Access controller (pengendali akses) yaitu perangkat yang berfungsi sebagai alat autentifikasi yang mengecek apakah seorang pengguna mempunyai hak atau izin untuk melakukan akses.
(3) Internet  Link yaitu perangkat yang menghubukan lokasi hotspot dengan internet. Internet  Link mempunyai kemampuan koneksi ini digunakan untuk melayani seluruh pengguna dalam satu lokasi.

D. Jaringan TV Kabel
Pernahkan Anda mendengar Televisi/TV kabel? Siaran TV sering menwarkan perangkat TV kabel. Jaringan TV kabel  untuk menghubungkan komputer ke internet  telah banyak digunakan. Televisi kabel dinilai cocok terutama untuk pengguna internet  dari kalangan keluarga (rumah tangga). Kelebihan mengakses internet  dengan menggunakan jaringan TV kabel dapat mengakses jaringan internet  setiap saat dan bebas dari gangguan telepon sibuk.


http://info.g-excess.com/
Temukan semuanya tentang Pasang Iklan, bisnis, Iklan Baris, iklan gratis

{ 0 komentar ... read them below or add one }