Plastik Ziplock Manfaatnya Dalam Pengemasan

Diposting oleh Unknown on Dec 16, 2019



Plastik Ziplock

Plastik ziplock atau plastik klip adalah suatu wadah / kantong bungkus berbahan LDPE. Plastik ini dapat digunakan sebagai pembungkus serta mempunyai rel atau “klip” pada atasnya yg mampu dibuka atau ditutup balik.



Kantong ini selain mempunyai rel atau klip yg bisa dibuka dan tutup kembali, pada bagian klipnya mempunyai strip berwarna seperti merah, kuning, orange, hijau atau tanpa rona/polos. tetapi kebanyakan yg seringkali dijumpai pada pasaran, plastik klip yang berwarna strip merah.

umumnya digunakan buat mengemas bahan kuliner. mirip kopi, bumbu bumbu, makanan ringan yang bersifat renyah dan kriuk juga. berbagai jenis kacang kacangan yg akan lebih baik Jika disimpan menggunakan bungkus yang baik dan berkualitas.

History Plastik ziplock atau Plastik Klip

Pada tahun 1950-an umumnya kantong plastik ditutup dengan cara mirip memakai las panas(heat sealing), selotip, staples. Hal tersebut tidak mudah sebab memerlukan alat-alat tambahan, serta sesudah dibuka dengan pisau atau gunting, kantong menjadi kurang hieginis, serta sulit buat ditutup pulang sebagai akibatnya produk didalamnya tidak terlindung asal polusi udara dan tercemar kotoran/debu.

Pada tahun 1976, PT. Plastik ziplock, sebuah perusahaan plastik yg pertama kali memperkenalkan dan menghasilkan secara luas kantong “plastik ziplock” di Indonesia.


Awal mulanya bungkus plastik ini hanya dipergunakan menjadi pembungkus obat (tablet atau pil) yg dijual retail pada apotek, dimana sebelumnya apotek-apotek di Indonesia memakai botol plastik atau kantong plastik biasa.

Namun pada perkembangan selanjutnya plastik ini digunakan juga untuk bungkus aneka macam produk lain seperti: makanan, garmen, komponen elektronik, aksesoris, spareparts, kosmetik, bumbu masak, dll.

Di bidang industri pun produk plastik ziplock digunakan menjadi pembungkus atau bungkus jamu, cotton bud, facial cotton, pakan ikan, dll. Selain praktis serta hemat, kantong “plastik ziplock” ini sanggup menerima amanah sebab tahan usang dapat juga digunakan berulang kali.


Manfaat Plastik Ziplock

  • Plastik ini membuat konsumen jadi fleksibel untuk menggunakan produk sesuai keperluan apabila produk masih tersisa maka bisa pada tutup kembali dengan klip zippernya dan produk permanen awet.
  • Bungkus terbuat berasal material plastik nylon, alumunium foil, dan kertas, jadi bisa menjaga isi produk dari impak keadaan di luar kemasan sebagai akibatnya bentuk, rasa, dan aromanya tidak berubah serta akan permanen sama seperti saat awal dikemas.
  • Menjaga ketahanan produk buat dipergunakan dalam jangka ketika yg panjang.
  • Kemasan plastik ini yg terbuat asal plastik nylon, dan alumunium, dapat melindungi isi produk berasal air.
  • Kemasan yang terbuat berasal alumunium foil serta kertas bisa melindungi produk berasal sinar matahari.
  • Seluruh plastik ini yang terbuat berasal bahan tersebut jua dapat melindungi isi produk asal serangga.
  • Bungkus tersebut juga didesain serta dirancang sedemikian rupa sehingga rapat udara. karena material tadi membentuk produk dapat terjamin keamanannya.
  • Melindungi produk jadi hygienis.
  • Bungkus plastik yg tertutup kedap membuat tak adanya celah yang bisa dipergunakan bakteri menjadi pintu masuk.
  • Menjaga kualitas produk agar tetap terjaga kesegarannya.

Plastik Ziplock Digunakan Untuk Kostum Muslim

Berbicara mengenai jenis plastik kemasan kostum Muslim Indonesia, yg didukung oleh sebagian besar wilayah di tanah air waktu ini tengah masuk pada fase “diet plastik”. yang berarti pemerintah mendorong warga buat meminimalisir penggunaan plastik, terutama kantong plastik dalam kehidupan sehari-hari.

Keadaan ini tentu saja memaksa para pelakon pada dunia perjuangan buat mencari pilihan bahan bungkus lain selain plastik. tetapi buat beberapa jenis bungkus, pilihan plastik tentu tidak bisa dihindari.

Di bidang perjuangan busana muslim plastik ziplock digunakan untuk mengemas busana tersebut. Pengusaha pakaian muslim pastinya membutuhkan plastik buat dapat mengemas produknya. Pemilihan jenis plastik yg sesuai pastinya akan membentuk perjuangan pemerintah (diet plastik) bertahap tercapai.

Plastik bungkus Ziplock pada usaha pakaian muslim dipergunakan menjadi pengganti jenis tas plastik. menggunakan plastik jenis ini bisa menjadi pertimbangan. Jenis plastik ini memiliki beberapa keunggulan yakni sifatnya yang mampu pada-recycle.

Klip plastik atau kantong klip plastik adalah suatu wadah / kantong berbahan LDPE yg bisa dipergunakan menjadi pembungkus dan memiliki rel atau “klip” pada atasnya yg bisa dibuka atau ditutup balik .

Dengan penggunaan plastik klip ziplock buat mengemas kostum muslim. pembeli bukannya akan membuang plastik tersebut tetapi bisa digunakan buat menyimpan pakaian di lemari, atau buat kegunaan lain.


Demikian pembahasannya wacana plastik ziplock yg penggunaannya lebih fleksibel, aman dan jua bisa membantu mengurangi penggunaan plastik. karena dapat dipergunakan lagi untuk pengemasan lain selanjutnya, semoga berguna dan menambah pengetahuan anda.

{ 0 komentar ... read them below or add one }