Peluang Usaha  - Diferensiasi memang diperlukan untuk dapat berkompetisi di dalam  pasar yg penuh dgn persaingan seperti di dalam peluang usaha apotik ini.  Namun demikian, saya ingin terlebih dahulu mengingatkan Anda agar  jangan melupakan hal-hal ? standar? yg juga dapat mempengaruhi  keberhasilan Peluang usaha apotik ini.
Pertama-tama,  lokasi. Ingat, walaupun jarak antar apotik tidak diatur oleh  pemerintah, namun Anda harus mempertimbangkan potensi peluang usaha di  wilayah tersebut, seperti jumlah penduduk dan daya beli penduduknya.  Perlu juga dipertimbangkan keberadaan layanan kesehatan lainnya di  daerah tersebut, seperti dokter, puskesmas, rumah sakit, dan tentu saja,  apotik lainnya. Dan lokasi yg strategis untuk bangunan apotik akan  menentukan apakah konsumen akan tertarik datang ke apotik 
Kedua,  jangan lupa lengkapi bangunan dan peralatan apotik. Jangan sampai  konsumen mengalami pengalaman pertama berbelanja yg tidak mengenakan di  apotik Anda, baik pada saat menunggu resep.
Nah,  dalam hal diferensiasi, coba aturlah apotik menjadi semacam convenience  store kecil. Mulailah memikirkan produk-produk apa yg bisa Anda  sekalian jual di apotik, produk yg banyak dicari orang. Misalnya, bila  di sekitar Anda agak sulit untuk menemukan penjual kosmetik,  pertimbangkan untuk menjajakan produk-produk kecantikan disitu. Makanan  dan minuman kecil juga bisa Anda pertimbangkan, yg selain bisa menambah  pemasukan, juga akan menambah kenyamanan pembeli obat yg menunggu  resepnya. Yg perlu diperhatikan adalah barang-barang yg sifatnya  impulsif (konsumen tertarik membeli setelah melihatnya) harus berada di  rak terdepan, bila perlu tepat di depan pintu masuk.
Setelah  barang-barang impulsif tersebut, Anda bisa menaruh rak yg diisi oleh  obat-obatan tradisional seperti jamu. Pengikut setia obat-obatan  tradisional masih banyak di Indonesia, dan marjinnya bisa lebih menarik  daripada menjual obat bermerk dimana produsen obat kelas kakap memiliki  kekuatan untuk memaksakan harga kepada distributor kecilnya..
Lalu  siapkan rak yg berisi obat-obat bebas/OTC. Untuk membedakan dgn apotik  lain, lengkapilah koleksi obat-obat bebas itu sebisa mungkin, khususnya  produk unggulan. Bila apotik Anda lebih lengkap daripada apotik pesaing,  konsumen akan lebih cenderung memilih apotik Anda, walaupun misalnya,  harga jualnya sedikit lebih mahal.
Yg  terakhir, untuk obat resep/ethical, diferensiasi dari segi kualitas  layanan dan harga dapat dicoba. Untuk harga, pertimbangkan tingkat  keuntungan yg kompetitif (lebih rendah) dibandingkan pesaing secara  konstan untuk segmen obat resep ini. Saya menganjurkan agar segmen ini  diperlakukan sebagai penarik konsumen saja, dan berharap agar keuntungan  yg tipis dari segmen ini akan dikompensasi dgn tingginya tingkat  penjualan, dan sumbangsih banyaknya penjualan barang-barang lainnya dgn  marjin lebih bagus di apotek Anda.
Semoga sukses buat Anda dgn usaha apotiknya!
Sumber: okezone.com
Temukan Info Lain Seputar  Peluang Usaha
{ 0 komentar ... read them below or add one }
Post a Comment