Membangun Bisnis Sablon Kaos T-shirt

Diposting oleh malamjumat on Dec 26, 2008


Bisnis ini memang punya peluang yang baik. Masih banyak orang yang menjadikan T-shirt sebagai cendera mata atau pakaian kasual yang memang cocok dengan iklim negara kita. Mari kita belajar dari pebisnis yang berhasil dalam bidang ini. Sebut saja Dagadu dari Yogya, Joger dari Bali dan C-59 dari Bandung. Salah satu keberhasilan mereka adalah karena mereka memiliki desain & jual kaos sablon yang orisinil dan khas!

Jadi, kunci sukses dalam bisnis kaos sablon ini adalah desain. Rasanya kamu semua punya modal untuk itu, karena secara sederhana desain adalah kreativitas. Nah, ciptakan desain-desain yang baik dan unik agar menempati posisi yang baik di mata konsumen. Ini penting jika kamu memang ingin membangun brand atau merek sendiri. Misalnya desain untuk aksesoris couple, atau yang jual aksesoris lainnya.

Tentu amat berbeda jika untuk 'sekadar' membuat sablon kaos biasa. Desain menjadi tidak penting karena desain dapat diambil dari mana saja. Contohnya, nama klub dan logo sepak bola dari Liga Italia, Liga Inggris, atau Liga Indonesia, merek-merek terkenal, atau sablon kaos untuk kepentingan instansi atau sekolah.

Desain kaos yang 'biasa' ini memang banyak diperjualbelikan di pasar atau toko aksesoris mana saja karena sifatnya yang umum. Risikonya ya harus bertarung dengan yang lain, apalagi harga kaos seperti ini bisa dibawah Rp 20.000. Kamu harus membuatnya dalam jumlah banyak agar skala ekonomis terpenuhi.

Hal lain yag perlu diperhatikan adalah mutu, baik mutu kaos maupun mutu pengerjaan sablonnya. Desain yang bagus kalau dikerjakan dengan ceroboh tentu akan merusak hasil yang diharapkan. Pengetahuan cara menyablon memang harus dikuasai. Apalagi misalnya kaos pasangan (untuk aksesoris couple). Tentunya Anda tidak ingin toko kaos atau gerai Anda hanya sebagai pelengkap saja bukan.

Anggaplah Anda mengikuti 'kursus singkat' 3-6 hari. Keterampilan dasar ini, meliputi misalnya pembuatan screen, pencampuran cat sablon, proses penyablonan, pengetahuan peralatan sablon, jenis cat, jenis kaos, dan sebagainya, sangat penting. Sedangkan untuk meningkatkan mutu kerja, seiring waktu dan banyaknya Anda mencari sumber bacaan, Insya Allah akan tercapai juga.

Untuk mempersingkat learning curve (kurva pengetahuan) dan bisnis Anda, Anda daat melakukannya dengan menerima tukang sablon yang berpengalaman bekerja pada bisnis Anda. Dengan cara seperti ini, bisnis Anda dapat cepat terwujud.

Pusat grosir ataupun toko aksesoris lainnya mungkin bisa dikunjungi untuk mencari kaosnya, peralatan sablon bisa ditanyakan di toko atau tukang sablon yang telah ada. Masukkan ini ke dalam bagian riset pasar Anda.

Setelah desain ada, produknya jadi, tentu pasarnya yang kita tuju. Bagaimana strateginya? Secara ringkas, untuk produk sablon yang 'biasa' tentu Anda harus memiliki distributor yang banyak di setiap pasar, toko bahkan kaki lima untuk memasarkannya. Juga hubungan yang baik dengan instansi atau sekolah yang memerlukan seragam olahraga atau acara dengan memberikan proposal dan harga yang rasional. Kalau Anda bisa, tidak ada salahnya melakukan promosi aksesoris online. Media seperti ini (promosi aksesoris online lumayan berkembang.

Untuk desain kaos dengan merek sendiri, tentu lebih khusus lagi. Memiliki toko kaos sendiri atau gerai tersendiri di department store tertentu atau butik-butik tertentu akan mendongkrak citra produk Anda. Harga kaos Anda pun dapat sedikit di atas rata-rata. Penempatan lokasi jual kaos sablon juga harus Anda perhatikan. Dekatkan dengan konsumen yang hendak Anda tuju.

http://aries-sablon.blogspot.com

Temukan Toko Kaos, Toko Aksesoris, Aksesoris Couple, Jual Kaos Sablon, Jual Aksesoris, Aksesoris Online hanya di Toko Kaos & Aksesoris Couple: Jual Kaos Sablon & Aksesoris Online Jakarta 88db.com

{ 0 komentar ... read them below or add one }