Akibat Sembarangan Memakai Lensa Kontak

Diposting oleh pulat on Mar 8, 2011










Softlens - Lensa kontak tidak hanya sebagai pengganti kacamata saja, saat ini penggunaan softlens menjadi bagian dari fashion. Namun tahukah Anda, lensa kontak dapat memicu cedera pada kornea mata.

Mata membutuhkan oksigen untuk bekerja dgn baik. Kurangnya oksigen tidak hanya menyebabkan mata kering, dapat juga menyebabkan kornea menjadi bengkak dan gangguan pengelihatan.

Kekurangan oksigen di mata rentan terjadi pada pengguna lensa kontak. Biasanya pemakai lensa kontak sering mengabaikan aturan-aturan dalam penggunaan lensa kontak, hal tersebut semakin memicu masalah pada mata.

Berikut tips singkat bagaimana merawat soflens again tidak rusak, berikut tips singkat untuk menjaga softlens:

1. Letakkan softlens pada telapak tangan Anda, dan pastikan tangan Anda bersih dari kotoran. Kemudian beri 2-3 tetes pembersih khusus kontaklens, gosok perlahan dgn ujung jari lalu bersihkan dgn pembersih khusus lensa.

2. Rendam kontak lens Anda pada wadah khusus atau tempat khusus lensa dgn menggunakan solution dan perlu diperhatikan harus dgn aturan yg telah dianjurkan oleh produsen softlens.

3. Pada saat Anda ingin memakainya, bilas terlebih dahulu softlens Anda dgn solution lalu keringkan.

4. Jika Anda telah memakai softlens selama 2 minggu, rendam softlens dgn menggunakan tablet yg telah dianjurkan hal ini untuk mengurangi deposit protein berlebih pada softlens Anda.

Seperti dikutip medic magic, sebanyak sembilan dari 10 pengguna lensa kontak memakainya 10 jam sehari. Waktu yg terlalu lama dalam penggunaan lensa kontak dapat menyebabkan gejala defisiensi oksigen pada mata. Gejala umumnya ditandai dgn pemandangan yg tidak jelas. Biasanya juga ditandai dgn gatal pada mata, merah, berair dan gangguan pengelihatan.



Sumber: Wolipop.com

Temukan Info lain Seputar Health

{ 0 komentar... read them below or add one }