Ini Dia Cara Unik Melatih Anjing

Diposting oleh pulat on Mar 16, 2011





Pelatihan Hewan - Sebelum kita memulai pelatihan, sebaiknya dipersiapkan treat/snack sebagai reward dan pistol air sebagai punishment. Pelatihan hewan sebaiknya dimulai pada saat perut anjing kosong (agar dia lebih fokus pada perintah kita, dan tentunya lebih mengharapkan treat).

Reward dan Punishment
Setiap kali doggie kita mengikuti apa yg kita perintahkan, berikan dia reward berupa treat sambil diiringi dgn pujian "Yes" atau "Pintar". Sementara jika dia melakukan kesalahan, tembakkan pistor air dibelakang telinganya atau di punggung sambil mengatakan "No" atau "Nakal". Jika lama kelamaan doggie sudah terbiasa untuk mengikuti perintah, maka sedikit demi sedikit treat/snack dikurangi namun tetap berikan pujian berupa "Yes" atau "Pintar" tadi.

Body Language
Selama pelatihan hewan (anjing) perhatikan body language doggie. Bila dia tampak sudah lelah atau hilang konsentrasi, sebaiknya hentikan latihan sementara waktu. Pelatih juga sebaiknya dalam keadaan yg 'mood'. tunjukkan ekspresi dan jalin eye-contact dgn doggie selama latihan.

Release Command
Dalam latihan ini doggie harus berdisiplin, namun kita harus pula mengajarkan kata "Free" atau "Selesai" bila kita menginginkan doggie untuk bersantai atau artinya pula latihan telah selesai.

Hal-hal yg perlu dihindari selama pelatihan hewan (anjing):

§         Jangan memberikan treat kepada doggie kecuali pada saat latihan.

§         Jangan menjadikan treat untuk memancing doggie untuk berhenti melakukan sesuatu.

§         Misalnya ada doggie yg sedang mengejar sepeda, terus kita panggil dgn makanan. Ini artinya kita mengajarkan kepadanya bahwa mengejar sepeda itu baik.

§         Jangan memukul doggie dgn alasan apapun selama pelatihan.

§         Jika berlatih bersama doggie lain, sebaiknya jangan sampai doggie kita bertatapan dgn doggie lain. karena ini bisa menimbulkan perkelahian. alihkan pandangannya dgn tangan kita sehingga tidak terjadi


Sumber: petshop21.com

Temukan Info Lain Seputar Hewan Peliharaan

{ 0 komentar ... read them below or add one }