Mengenal Kota Tanjung Pinang

Diposting oleh malamjumat on Apr 22, 2010


Kota Tanjung Pinang adalah salah satu kota sekaligus merupakan ibu kota dari Provinsi Kepulauan Riau, Indonesia. Dengan Koordinat 0º5' Lintang Utara; 104º27' Bujur Timur. Kota ini memiliki pesona menarik dengan beragam kultur budaya suku dari hampir seluruh Indonesia masuk ke kota ini, dengan bahasa Melayu yang masih tergolong klasik, dan sedikit unik terdengar di telinga orang-orang dari luar kota namun memiliki daya tarik tersendiri. Kota ini memiliki cukup banyak area wisata seperti Pulau Penyengat yang hanya berjarak kurang lebih 2 mil dari pelabuhan laut Tanjung Pinang, pantai Trikora dengan pasir putihnya kurang lebih 65 km dari kota dan pantai Cermin di pusat kota. Tanjung Pinang ditingkatkan statusnya menjadi kota dengan UU Nomor 5 Tahun 2001 tanggal 21 Juni 2001.

Ada
kota kecil berjarak kurang lebih 24 km dari kota ini yang bernama kota Kijang.


Pelabuhan laut Tanjung Pinang (pelabuhan Sri Bintan Pura) memiliki kapal-kapal jenis feri dan feri cepat termasuk juga speedboat untuk akses domestik ke pulau Batam dan kota-kota lain di Riau daratan, kepulauan Karimun dan Kundur, serta akses internasional ke negara Malaysia dan Singapura.


Nah untuk jalan darat sendiri sudah berkembang. Angkutan mulai dari motor,
mobil tanjung pinang sudah menjadi kebutuhan masyarakat. Dan tentu saja keberadaan mobil tanjung pinang dan angkutan lain menjadi sangat penting untuk mendukung nadi perekonomian masyarakat.


id.wikipedia.org

{ 0 komentar ... read them below or add one }