Resep Coklat Praline Aneka Model

Diposting oleh Wikey on Aug 25, 2011




Setelah sukses bikin coklat valentine yang cantik, saatnya kita coba resep coklat yang satu ini. Saat ini coklat telah menjadi makanan favorit. Dengan berbagai variasi dan bentuk, muncul satu jenis coklat bernama coklat praline. Coklat mungil bermacam isi dan bentuk ini telah menjadi tren coklat saat ini. Berikut salah salah satu contohnya :

http://2.bp.blogspot.com/_q2ZTt9mh6Tc/R0bv-AFB_WI/AAAAAAAAAB8/ZVqZE0Wg-vY/s200/sovenircokelatmold.bmp



Bahan:
* 500 gr fresh cream
* 20 gr kopi instan
* 600 gr Tulip super compound dark chocolate
* 100 gr butter
* Cetakan plastik (piping bag) dengan berbagai bentuk

Cara membuat:
1. Panaskan fresh cream dan kopi instan sampai kopi larut. Aduk-aduk terus hingga kopi tidak menggumpal. Sisihkan dan dinginkan.

2. Potong kecil compound dark chocolate, kemudian lelehkan di atas air panas. Jenis cokelat ada dua, yakni cokelatcompound dan coverture. Coklat compound terbuat dari minyak kelapa sawit, sedangkan coverture terbuat dari cokelat asli.

”Usahakan panci leleh cokelat lebih besar daripada wajan berisi air, agar percikan atau uap air tidak masuk ke dalam wadah cokelat sehingga cokelat jadi berlubang saat didinginkan,” papar Indra, yang pernah menjadi chef di Hotel Grand Hyatt, Hotel Borobudur, Hotel Sari Pan Pacific, dan Hotel Kempinski.

3. Setelah cokelat agak dingin, tambahkan unsalted butter atau mentega yang tidak asin.

4. Siapkan cetakan, kemudian tuang cokelat ke dalam cetakan. Rapikan cokelat yang keluar dari jalur cetakan dengan spatula. Biarkan sekitar 2-3 menit.

5. Tuang kembali adonan cokelat dalam cetakan ke wadah cokelat, sehingga nanti akan terbentuk cetakan tipis dari cokelat. Dinginkan dalam suhu ruangan.

”Setelah adonan dimasukkan dalam cetakan, ketuk-ketuk cetakan agar tidak ada gelembung udara yang masuk. Nanti cokelat bisa berlubang,” jelas Indra.

6. Siapkan adonan isi (kopi instan dan fresh cream). Kalau Anda suka krim kacang, gunakan saja selai kacang yang sudah jadi atau sesuai selera Anda. Masukkan ke dalam plastik segitiga.

7. Masukkan adonan isi (filling) menggunakan piping bag ke dalam cetakan. Pastikan kalau cokelat (adonan kulit dari cokelat) sudah mengeras.

8. Lapisi kembali dengan adonan cokelat. Rapikan dengan spatula. Kemudian dinginkan dalam suhu ruangan selama 10-15 menit. Nah, kalau Anda ingin cokelat terlihat mengkilap saat disajikan, masukkan langsung ke dalam freezer(suhu yang ekstrem akan membuat cokelat mengkilap).

9. Setelah siap, cokelat siap dikeluarkan dari cetakan. Sajikan.(islam-download.ne)

info terkait: Coklat

{ 0 komentar ... read them below or add one }