Teliti Memilih Lokasi Usaha

Diposting oleh malamjumat on Nov 27, 2008


Ada beberapa hal yang harus diingat untuk meneliti lokasi tempat usaha antara lain :

1. Perhatikan akan katerbatasan modal. Sebelum Anda melakukan penelitian, tentu Anda telah dapat mengukur kemampuan keuangan Anda sendiri. Apakah tempat usaha tersebut akan disewa atau dibeli. Kalau harganya atau sewanya tidak cocok, tidak ada gunanya meneliti situasi lokasi tersebut lebih lanjut.

2. Pelajari lebih mendalam lokasi yang telah dipilih. Untuk Anda yang memilih jenis usaha toko atau jasa di daerah pemukiman, perlu juga dipertimbangkan hal-hal berikut, misalnya :

a. Kelompok kesukuan dengan mengetahui berbagai macam suku yang mungkin berada di daerah tersebut, maka kita juga akan mengetahui kebutuhan spesifik dari kelompok tersebut.

b. Kepercayaan maupun kebudayaan Anda tentunya tidak akan menjual produk-produk yang tidak dikonsumsi oleh sebagian besar penghuni karena faktor tertentu.

c. Taraf hidup maupun daya belinya. Dengan pengamatan, Anda tahu produk dan jasa maupun kualitasnya yang perlu disediakan dan yang cocok untuk konsumen. Kemudian tempat belanja apa yang cocok bagi masyarakat di sana.

d. Jumlah pembeli yang diharapkan membeli. Hal ini diperlukan untuk menetapkan banyaknya macam-macam penjualan atau rata-rata nilai penjualan setiap harinya untuk memperkirakan perputarannya. Misalnya dengan memperhatikan apakah di sana pusat shopping atau tidak, dan sebagainya.

3. Potensi perkembangan daerah. Selidiki sebelumnya bahwa daerah yang telah Anda pilih merupakan daerah yang berkembang dan tumbuh dengan cepat atau sebaliknya. Hal ini dapat Anda tanyakan kepada pihak perusahaan yang membangun perumahan atau developer. Misalnya tahap-tahap pembangunan rumah-rumah baru, juga banyaknya usaha yang sudah ada. Misalnya kalau tahap Ke I baru dibangun 200 rumah, diharapkan tahap berikutnya sudah dibangun 400 rumah dalam tahun yang sama. Tujuannya agar kita mengetahui perkembangan di sana, tempat belanja apa yang cocok bagi masyarakat. Kemudian apakah di sana cocok dijadikan pusat shopping dan sebagainya. Misalnya sekarang daerah yang mengalami perkembangan adalah Depok. Munculnya berbagai pusat perbelanjaan, salah satunya adalah Depok Town Square.

Dengan petunjuk yang disebutkan di atas Anda dapat menganalisanya lebih cermat untuk mendapatkan keputusan yang tepat, sebelum Anda memutuskan memilih tempat usaha dilokasi tersebut.

www.lppm.ac.id

Temukan Tempat Usaha, Tempat Belanja, Pusat Perbelanjaan, Pusat Shopping, Shopping Mall Depok Town Square hanya di Tempat Usaha & Belanja : Pusat Perbelanjaan & Shopping Mall Depok Town Square 88db.com

{ 0 komentar ... read them below or add one }