Pilihan Kost untuk Mahasiswa

Diposting oleh malamjumat on Jan 11, 2010


Untuk mengejar perguruan tinggi berkualitas, calon mahasiswa maupun orangtuanya, tidak segan untuk mencari hingga ke luar kota bahkan luar negeri. Akibatnya, para mahasiswa itu harus mencari kost sebagai tempat tinggal mereka selama menempuh studi di perguruan tinggi tersebut. Mencari kost tampak seperti perkara sepele, padahal seringkali tidak mudah menemukan kost yang cocok dengan kebutuhan kita. Belum lagi bila harus mencocokan dengan ketersediaan dana yang minim. Mungkin tempat kost murah banyak tapi tentunya bukan sekedar kost murah yang paling utama.

Berikut ada beberapa tips mencari tempat kost bagi mahasiswa baru:


1. Pastikan dahulu apakah kampus tempat anda kuliah menyediakan asrama atau tidak? Beberapa kampus memiliki fasilitas asrama yang bisa disewa oleh mahasiswanya. Biasanya, asrama kampus memberlakukan biaya sewa yang murah dan terletak tidak jauh dari lokasi kampus.


2. Jika tidak ada asrama kampus atau kehabisan tempat di asrama kampus, kumpulkan informasi tentang rumah atau kamar yang disewakan di sekitar kampus. Manfaatkan iklan rumah dari berbagai media.


3. Tentukan mana yang sesuai dengan kebutuhan, sesuai dengan selera, dan sesuai dengan dana yang tersedia. Tempat kost bisa saja berupa kamar, rumah, atau apartemen.


4. Pilih lokasi yang tidak terlalu jauh dari kampus sehingga tidak membuat anda malas pergi ke kampus. Pilih rumah atau kamar kos yang bersih karena anda akan tinggal cukup lama di sana. Pilih yang tidak mencampur penghuni laki-laki dan perempuan serta memiliki aturan mengikat tentang penerimaan tamu karena anda punya tujuan belajar.


5. Pertimbangkan faktor keamanan karena anda akan tinggal sendiri di rumah atau kamar kos tersebut.


Selamat mencari tempat kost, dan selamat belajar!


hardim.org

{ 0 komentar ... read them below or add one }