Tips Terbaik Konsumsi Minyak Ikan Secara Bijak

Diposting oleh Ade Winahyu on Apr 7, 2011



Health - Banyak dijual dalam bentuk tablet transparan berwarna kuning keemasan. Beberapa dijual dalam bentuk botol dengan perasa tertentu untuk mengurangi aroma amisnya. Apa sih sebenarnya minyak ikan itu?

Jika anda lahir di tahun 80-an pasti merasakan bagaimana orangtua anda rajin memberikan minyak ikan untuk menambah nafsu makan dan bobot pada anak yang kekurangan berat badan. Ya, di masa itu konsumsi minyak ikan untuk anak-anak yang dianggap berat badannya kurang memang lazim dilakukan.

Bukan tanpa alasan tentu, karena minyak ikan termasuk bahan makanan sumber lemak yang rendah kolesterol, sehingga mendapat rekomendasi para ahli gizi dan kesehatan. Mereka sepakat untuk memberikan label aman untuk dikonsumsi oleh bayi, balita, maupun orang dewasa.

Minyak ikan berasal dari jaringan ikan yang berminyak, serta mengandung banyak asam lemak omega 3, asam eicosapentaenoic (EPA), asam docosahexaenoic (DHA) juga vitamin A. Sementara EPA dan DHA dapat menurunkan risiko penyakit jantung koroner, pembekuan darah yang berlebihan, tekanan darah rendah serta memperbaiki kandungan lipid.

Namun mengkonsumsinya juga harus sesuai aturan. Produk minyak ikan sirup untuk anak-anak yang dijual di pasaran umumnya telah menambahkan zat-zat gizi lain. Baca aturan pakainya. Konsumsi berlebihan dapat mengakibatkan alergi, pecah pembuluh darah di otak hingga pendarahan internal lainnya. Jadi, bijaksanalah mengkonsumsinya, konsultasikan dengan dokter anda terlebih dulu.

{ 0 komentar ... read them below or add one }