Hati-hati Dalam Memilih Mainan Anak

Diposting oleh pulat on Apr 5, 2011





Mainan anak dapat membantu meningkatkan kecerdasan si kecil. Namun, banyak hal yg perlu diperhatikan saat membelikan mainan karena tidak semua mainan baik untuk anak.

Dikutip dari everydayhealth, American Academy of Family Physicians dan American Academy of Pediatrics mrekomendasikan bahwa saat Anda akan membeli mainan untuk si kecil, hal yg harus dipertimbangkan adalah keamanan mainan tersebut terhadap anak.

Belakangan ini kasus mainan beracun mulai banyak ditemukan. Jangan hanya karena bentuknya yg lucu, Anda jadi melupakan faktor keamanan si kecil. Berikut ini tip-tip yg harus diperhatikan oleh orang tua sebelum membelikan mainan yg tepat bagi anak-anaknya.

·         Hindari mainan yg memiliki bentuk terlalu runcing dan berujung tajam.
·         Mainan bongkar pasang hanya ditujukan untuk anak yg lebih tua, sebaiknya jauhkan dari bayi dan balita.
·         Beli mainan yg sesuai dgn usia si kecil. Baca label dan jika mainan tersebut tidak direkomendasikan untuk anak dibawah usia tertentu, jangan memaksa membelinya untuk bayi Anda walau bentuknya menarik dan lucu.
·         Pilihlah mainan yg bisa dicuci dan baca pada label bahwa mainan tersebut tidak mengandung bahan yg beracun. Tidak jarang bayi dan balita mamasukan mainannya ke dalam mulut atau hanya sekedar mengigit-gigitnya.
·         Hindari mainan anak yg memiliki bagian-bagian kecil, walaupun pada label mainan tertulis petunjuk usia yg sesuai dgn usia sang anak. Ini untuk menghindari bayi tersedak saat memasukan mainan tersebut ke dalam mulutnya.
·         Jauhi mainan dgn tali atau pita yg longgar karena mudah kusut dan bisa mencekik leher bayi.
·         Hindari mainan senjata untuk anak. Bahkan versi paling sederhana dgn peluru plastik, jelas ini berbahaya dan dapat meyebabkan cedera mata dan tersedak.
·         Pilih mainan plastik yg terdapat simbol daur ulang pada label. Mainan plastik yg terbuat dari bahan daur ulang biasanya cukup aman bagi sang anak.


Sumber: wolipop.com
Temukan Info Lain Seputar Mainan Anak

{ 0 komentar ... read them below or add one }