Tips Jitu Belajar Pemrograman

Diposting oleh Unknown on Jan 27, 2011


Pemrograman adalah suatu bahasa komputer untuk membuat aplikasi program yang orang butuhkan untuk memudahkan pekerjaannya saat menggunakan komputer, Ada metode cepat menguasai bahasa pemrograman, yaitu:
  1. Pertama kali dan yang terpenting adalah Anda harus KONSENTRASI. anda harus konsentrasi pada tujuan anda dalam mempelajari program. Apa sih program? Untuk apa sih saya membuat program? Itu adalah pertanyaan yang harus anda cari jawabannya. Tapi ada 2 buah hal pokok jawaban dari pertanyaan ini. Anda harus memberikan jawaban dengan mencari literatur di internet sebagai bahan bakar dan anda harus meresapi arti dari program kedalam otak anda.
  2. Sebenarnya, dalam bahasa apapun yang ingin anda kuasai, percayalah, pasti ada hal terpenting dari hal penting dalam bahasa itu. Hal terpenting itulah yang harus anda garis bawahi, itulah yang harus anda pelajari. Dan setelah anda mengetahui hal terpenting itu maka carilah buku yang menjelaskan tuntas tentang itu.
  3. Apa sih “hal terpenting” dalam bahasa pemrograman itu? Jawabnya: anda harus mempelajari Struktur Bahasa, Sintak Dasar (cara pengetikan bahasa program), Tipe Data, dan Cara Membuat Prosedur / Fungsi. Sedikit bukan?
  4. “Loh bagaimana dengan yang hal penting lainnya?”, jawabnya: Anda harus tahu bahwa pemrograman juga hampir sama dengan kebutuhan manusia, ada kebutuhan Primer, Sekunder dan Tersier. Nah, pada point 3 tadi adalah kebutuhan primernya. Jadi, kalau anda ingin lebih kaya pengetahuan akan bahasa pemrograman tersebut, silakan anda memperluasnya dengan kebutuhan Sekunder dan Tersier melalui literatur, tutorial dan buku yang banyak beredar.
  5. Dan terakhir adalah, PRAKTEK. Karena tidak mungkin semua yang ada dimuka bumi ini muncul dengan sendirinya, pasti ada yang membuatnya begitu juga program. Ada pepatah “tak ada kerja tak ada produk“.
  6. Produktif,inovatif dan Kreatif lah dalam segala hal di kehidupa.
Demikian tipsnya semoga bermanfaat untuk anda.

{ 0 komentar ... read them below or add one }