Menilai Kualitas Materi Bimbel

Diposting oleh pulat on Jan 4, 2011





Buat kamu yg masih bingung nyari Bimbingan Belajar , khususnya untuk program intensif SPMB, ada beberapa tips dr saya yg mungkin cukup berguna dalam menentukan suatu Bimbingan Belajar .

Banyak faktor yg mesti diperhatikan, khususnya dalam memilih program intensif SPMB.

Faktor-faktor yg mesti diperhatikan :

1. Kualitas pengajarnya, coba cari informasi mengenai pengajarnya serta reputasinya. (Pengajar boleh lulusan PTN, tp kalo IP-nya 2,0? Gmn?).

2. Pilihlah Bimbingan Belajar  yg letaknya strategis dgn tempat tinggal Anda, hal ini dilakukan untuk menghindari kejenuhan atau kebosanan, karena dalam Intensif tiap hari Anda harus bolak-balik dr rumah ke tempat les.

3. Kualitas materi, SPMB mempunyai standar tertentu. Jangan sampai Bimbingan Belajar  yg kita pilih tidak mempunyai buku referensi yg jelas dan tidak punya patokan yg jelas, kecuali hanya menjiplak materi Bimbingan Belajar  lainnya.

4. Pilihlah Bimbingan Belajar  yg silabusnya pengarajarannya dan target jumlah pertemuannya mempunyai rencana yg jelas.

5. Motode pengajaran dan fasilitas, merupakan faktor yg sangat penting, coba lihat fasilitas yg diberikan oleh Bimbingan Belajar . Jangan lupa mengecek kebenaran fasilitas tersebut. Fasilitas tersebut minimal : papan tulis (wajib ada!), ruang ber-AC, Pemeriksaan Try Out dgn komputer SPMB (OMR - OPSCAN 4U - SCANNER), OHP, ruang diskusi, ruang konsultasi, mushola, kantin, dsb, dll.

6. Kalo mw sukses, belajarlah dari orang-orang yg sukses. Pilihlah Bimbingan Belajar  yg reputasi sudah diakui secara nasional, misalnya berapa banyak alumni lulusan Bimbingan Belajar  tersebut yg diterima di PTN?

7. Pilihlah Bimbingan Belajar  yg sesuai dgn keuangan Anda.

8. Ada baiknya (tidak disarankan), pilihlah Bimbingan Belajar  yg terdekat dgn kantor pusat cabangnya, atau d'pusat Bimbingan Belajar nya. Kualitas Bimbingan Belajar nya kantor pusat berbeda dgn cabangnya, terlalu jauh dari kantor pusat akan sulit dikontrol oleh pusatnya, buku boleh sama, apakah standar pengajarnya jg sama? Setelah saya menela'ah lebih jauh, bahwa ini murni bisnis. Kantor Cabang berbeda dgn Kantor Pusatnya, banyak kantor cabang yg ingin meraup keuntungan dalam bisnis ini, sehingga menomorduakan yg namanya kualitas dan kuantitas.

9. Bimbingan Belajar  yg mahal belum tentu bagus, tidak ada relasi antarkeduanya, Bimbingan Belajar  yg mematok biaya yg terlalu tinggi justru menunjukkan manajemen yg tidak baik, terlalu boros dgn dana dan tidak efisien.

Beberapa Bimbingan Belajar  yg saya sarankan dalam Program Intensif SPMB

Jika Anda tinggal di JABODETABEK dan sekitarnya, Bimbingan Belajar  yg direkomendasikan ialah BTA (Bimbingan Tes Alumni) 8, BTA 70, dan kantor cabangnya, Nurul Fikri, dan QUIN, khusus yg minat kuliah di FSRD ITB : Bintang Merah.

Jika Anda tinggal di daerah Bandung dan sekitarnya, Bimbingan Belajar  yg direkomen, ialah Ganesha Operation (GO) dan SSC (Sony Sugema College)

Jika Anda tinggal di Yogyakarta, Semarang, dan sekitarnya, coba pilih Primagama


Sumber: spmblover.18.forumer.com
Temukan Info Lain Seputar Bimbingan Belajar 

{ 0 komentar ... read them below or add one }