Imlek = Tionghoa

Diposting oleh malamjumat on Jan 26, 2011


Menyambut tahun baru imlek yang akan jatuh pada tanggal 3 febuari 2011 sejumlah hotel di jakarta menyambut dengan meriah mulai dari desain interior hotel seperti peletakan lampion, pohon angpau, wallpaper bernuasa chinese dan berbagai macam hal lainnya.

Tahun baru imlek ini sebenarnya tradisi Di Tiongkok, adat dan tradisi wilayah yang berkaitan dengan perayaan Tahun Baru Cina sangat beragam. Namun, kesemuanya banyak berbagi tema umum seperti perjamuan makan malam pada malam Tahun Baru, serta penyulutan kembang api. Meskipun penanggalan Cina secara tradisional tidak menggunakan nomor tahun malar, penanggalan Tionghoa di luar Tiongkok seringkali dinomori dari pemerintahan Huangdi. Setidaknya sekarang ada tiga tahun berangka 1 yang digunakan oleh berbagai ahli, sehingga pada tahun 2009 masehi "Tahun Tionghoa" dapat jadi tahun 4707, 4706, atau 4646.

Dirayakan di daerah dengan populasi suku Tionghoa, Tahun Baru Imlek dianggap sebagai hari libur besar untuk orang Tionghoa dan memiliki pengaruh pada perayaan tahun baru di tetangga geografis Tiongkok, serta budaya yang dengannya orang Tionghoa berinteraksi meluas. Ini termasuk Korea, Mongolia, Nepal, Bhutan, Vietnam, dan Jepang (sebelum 1873). Di Daratan Tiongkok, Hong Kong, Macau, Taiwan, Singapura, Indonesia, Malaysia, Filipina, Thailand, dan negara-negara lain atau daerah dengan populasi Han Cina yang signifikan, Tahun Baru Cina juga dirayakan, dan pada berbagai derajat, telah menjadi bagian dari budaya tradisional dari negara-negara tersebut (wikipedia)

Negara Indonesia adalah salah satu yang merayakan imlek dan tahun baru imlek di negara kita tidak hanya di rayakan oleh kaum tionghoa tapi dirayakan oleh setiap kita karena tahun baru imlek sudah di jadikan libur nasional oleh pemerintah kita.

Nah setelah mengenai sedikit sejarah imlek bagaimana menurut kalian tahun baru imlek itu ? jika menurut saya ini adalah salah satu keberagaman tersendiri terutama di negara Indonesia. Bangga menjadi negara Indonesia. erick

{ 0 komentar ... read them below or add one }