Arti Sebuah Warna Pada Desain Grafis

Diposting oleh pulat on Jan 4, 2011





Warna berfungsi Utk memberikan vibrasi tertentu di dalam suatu Desain Grafis. Begitu hebatnya kekuatan warna, sehingga bisa memberikan efek psikologis kepada semua orang yg melihatnya.

Psikologi Warna Di Dalam Desain Grafis

Merah
Merah adalah warna yg kuat sekaligus hangat. Biasanya di gunakan Utk memberikan efek psikologi ‘panas’ , ‘berani’ , ‘marah’ dan ‘berteriak’.
Di dalam desain grafis, kita bisa menggunakan warna merah sebagai aksen karena sifatnya yg kuat.

Hijau
Hijau adalah warna yg tenang karena biasanya di kaitkan dgn lingkungan dan alam. Di dalam desain grafis, kita bisa menggunakan warna hijau Utk memberikan kesan segar. Dan dgn mudah kita bisa memberikan nuansa membumi dgn kombinasi warna hijau dan coklat gelap.

Biru
Biru adalah warna favorit para pria dan termasuk warna yg ‘dingin’. Kalau di dunia desain grafis, biru sering di sebut “warna corporate” karena hampir semua perusahaan menggunakan warna biru sebagai warna utamanya. Tidak heran memang, karena biru merupakan warna yg termasuk tenang dan bersifat penyendiri.

Kuning
Kuning adalah warna yg ceria, menyenangkan dan menurut saya sedikit ‘melompat-lompat’. Tidak heran warna kuning identik dgn mainan anak-anak, seringkali di gunakan Utk mendapatkan perhatian orang. Ingat rambu lalu lintas yg memberikan tanda bahaya? Semua di dominasi warna kuning atau merah (yg masih satu garis keturunan).

Ungu
Ungu adalah warna yg memberikan kesan spiritual, kekayaan dan kebijaksanaan. Dgn menggunakan warna ungu kita bisa memberikan kesan unik pada desain kita, baik kita menggunakan secara dominan atau hanya sebagai aksen saja. Kelemahannya adalah sngt susah di padukan dgn warna lain, kita harus ekstra memikirkan warna yg cocok bersanding dgn warna ungu.

Cokelat
Coklat adalah warna bumi, memberikan kesan hangat, nyaman dan aman. Namun selain itu, coklat juga memberikan kesan ’sophisticated’ karena dekat dgn warna emas. Bisa di baygkan kesan ‘mahal’ desain dgn kombinasi warna hitam dan coklat muda.
Dan tidak lupa, coklat juga bisa memberikan nuansa ‘dapat di andalkan’ dan ‘kuat’.

Orange
Oranye adalah hasil peleburan merah dan kuning, sehingga efek yg di hasilkan masih tetap sama, yaitu ‘kuat’ dan ‘hangat’.

Dari sisi psikologis sebenarnya warna oranye memberikan kesan tidak nyaman, dan sedikit gaduh.

Merah Muda
Merah muda adalah warna yg feminin, kalau menggunakan warna ini pasti kamu berurusan dgn sesuatu yg bersifat kewanitaan..

Putih
Putih adalah warna yg murni, tidak ada campuran apapun. Makanya sering di anggap sebagai warna yg menimbulkan efek suci dan bersih. Ktika kita ingin membuat desain yg simple dan minimalis, menggunakan warna putih adalah langkah yg tepat

Hitam
Hitam adalah warna yg gelap, suram, menakutkan tetapi elegan. Saya merasa elemen apapun jika di taruh di atas background hitam akan terasa lebih bagus

Rangkuman
Kombinasi warna yg tepat dapat memberikan karakter dan vibrasi pada suatu desain grafis. dan pada akhirnya mengerti pesan yg kita sampaikan melalui visual secara keseluruhan


Sumber:  tutorialdesaingrafis.com
Temukan Info Lain Seputar Desain Grafis

{ 2 komentar ... read them below or add one }

bunga said...

Mantap saya Sangat suka dengan posting an sangat masuk..

Jasa Desain Logo said...

artikel yang menginspirasi. terimakasih