Pengelasan Dengan Alat Las Listrik

Diposting oleh Tukang Tambal Ban on Jun 18, 2009




Pengelasan dengan gas atau Las Listrik adalah proses pengelasan dimana digunakan campuran gas sebagai sumber panas. Nyala gas atau Las Listrik yang banyak digunakan adalah gas alam, asetilen dan hidrogen yang dicampur dengan oksigen.

Pengelasan Oksiasetilen
Dalam proses Kerja Las Gas ini digunakan campuran gas oksigen dengan gas asetilen. Suhu nyalanya Las bisa mencapai 3500 oC. Pengelasan bisa dilakukan dengan atau tanpa logam pengisi. Oksigen berasal dari proses hidrolisa atau pencairan udara. Oksigen disimpan dalam silinder baja pada tekanan 14 MPa. Gas asetilen (C2H2) dihasilkan oleh reaksi kalsium karbida dengan air dengan reaksi sebagai berikut :

Tabung asetilen dan oksigen untuk pengelasan oksiasetilen

Skema nyala las oksiasetilen dan sambungan gasnya

Pada nyala gas oksiasetilen bisa diperoleh 3 jenis nyala yaitu nyala netral, reduksi dan oksidasi.
Pada nyala netral kerucut nyala bagian dalam pada ujung nyala memerlukan perbandingan oksigen dan asetilen kira-kira 1 : 1 dengan reaksi serti yang bisa dilihat pada gambar. Selubung luar berwarna kebiru-biruan adalah reaksi gas CO atau H2 dengan oksigen yang diambil dari udara dan Bengkel Las yang biasa di lakukan di Bengkel Las.


Kerja Las Gas Nyala reduksi terjadi apabila terdapat kelebihan asetilen dan pada nyala akan dijumpai tiga daerah dimana antara kerucut nyala dan selubung luar akan terdapat kerucut antara yang berwarna keputih-putihan. Nyala jenis ini digunakan untuk pengelasan logam Monel, Nikel, berbagai jenis baja dan bermacam-macam bahan pengerasan permukaan nonferrous dan Bengkel Las Listrik & Kerja Las Listrik .


Nyala oksidasi adalah apabila terdapat kelebihan gas oksigen yang ada di Bengkel Las Listrik & Kerja Las Listrik. Nyalanya mirip dengan nyala netral hanya kerucut nyala bagian dalam lebih pendek dan selubung luar lebih jelas warnanya.Nyala oksidasi digunakan untuk pengelasan Las kuningan dan perunggu.

Asyari Daryus – Proses Produksi

Universitas Darma Persada - Jakarta

Temukan informasi lainnya hanya di Las Listrik - Bengkel Las - Kerja Las - Bengkel Las Listrik - Kerja Las Listrik - Las hanya di 88db.com


http://laslistrik.blogspot.com

{ 4 komentar ... read them below or add one }

Anonymous said...

Fungsi dari selaput electroda dan hal-hal yg perlu diperhatikan dalam pemilihan electrode.

thanks

kadir

Anonymous said...

maksud dari polimerisasi dan bagaimana cara utk menghindari hal tersebut

Bengkel Las Listrik said...

Baru tahu nih tentang apa sich yang dimaksud dengan selaput electroda dan fungsinya sebagai apa...Makasih sebelumnya atas balasannya..

ultrasonic Thickness Gauge said...

Makasih mas ndro Inponya....nambah2 pengetahuan sedikit nih mas ndro...ULTRA SONIC THICKNESS GAUGE wat alat tes ketebalan material