Sejak Kapan Habit Belanja Online Tersebut Berlangsung ?

Diposting oleh malamjumat on Feb 17, 2012


Belanja OnlineKebiasaan orang belanja di mall memang masih berlansung tapi seiring dengan kemajuan teknologi tinggi banyak orang yang lebih menyukai belanja online di beberapa toko atau online shop yang memang menjual beberapa produk yang di butuhkan.

Lalu sebenarnya sejak kapan kegiatan belanja online tersebut di gemari atau kapan kegiatan tersebut di kenal oleh para shopaholic, berikut beberapa sejarah belanja online atau belanja online (dalam bahasa wikipedia)

Belanja online pertama kali dilakukan di Inggris pada tahun 1979 oleh Michael Aldrich dari Redifon Computers. Ia menyambungkan televisi berwarna dengan komputer yang mampu memproses transaksi secara realtime melalui sarana kabel telepon. Sejak tahun 1980, ia menjual sistem belanja online yang ia temukan di berbagai penjuru Inggris.

  • Pada tahun 1980, belanja online secara luas digunakan di Inggris dan beberapa negara di daratan Eropa seperti Perancis yang menggunakan fitur belanja online untuk memasarkan Peugeot, Nissan, dan General Motors.
  • Pada tahun 1992, Charles Stack membuat toko buku online pertamanya yang bernama Book Stacks Unlimited yang berkembang menjadi Books.com yang kemudian diikuti oleh Jeff Bezos dalam membuat situs web Amazon.com dua tahun kemudian. Selain itu, Pizza Hut juga menggunakan media belanja online untuk memperkenalkan pembukaan toko pizza online.
  • Pada tahun 1994, Netscape memperkenalkan SSL encryption of data transferred online karena dianggap hal yang paling penting dari belanja online adalah media untuk transaksi onlinenya yang aman dan bebas dari pembobolan.
  • Pada tahun 1996, eBay situs belanja online lahir dan kemudian berkembang menjadi salah satu situs transaksi online terbesar hingga saat ini.

Di Indonesia sendiri belanja online semakin hari makin di gemari selain caranya yang lebih mudah, efektif dan efisien dalam hal waktu. Belanja online sendiri di Indonesia, tidak hanya dimonopoli oleh belanja barang, namun juga layanan jasa seperti perbankan yang memperkenalkan teknik e-banking. Melalui teknik e-bankin pelanggan dapat melakukan kegiatan seperti transfer uang, membayar tagihan listrik, air, telepon, Internet, pembelian pulsa, pembayaran uang kuliah dan lain sebagainya.

Belanja online di Indonesia untuk pembelian suatu barang mengalami perkembangan yang cukup pesat. Mulai dari situs yang menjual handphone, gitar, butik, toko buku, makanan, bahkan hingga ke alat elektronik pun mulai dirambah oleh layanan belanja online.

Sumber asli : id.wikipedia.org/wiki/Belanja_daring

{ 1 komentar ... read them below or add one }

Unknown said...

wah baru tahu saya... tapi kalo di Indonesia, belanja online itu sudah cukup populer atau belum kira-kira?