* Tulis angka jumlah bulatan tsb di belakang kartu belajar.
* Buat beberapa soal penjumlahan, pengurangan, perkalian & pembagian di belakang
education card
* Mulai mengajar anak 3 kali sehari.
* Pertama mengenalkan anak dengan 1-10. Caranya, hari pertama, tunjukkan 5 kartu anak secara urut (mulai dengan 1-5) sambil menyebutkan jumlahnya, tiap kartu satu detik.
* Hari kedua, ulangi kegiatan kartu anak di hari pertama ditambah dengan 5 kartu berikutnya (6-10) dengan jarak belajar minimal 15 menit dari 5 kartu sebelumnya
* Pada hari ketiga, perlihatkan kartu dengan cara acak
* Pada kesempatan berikutnya hilangkan bilangan pertama, ganti dengan yang baru.
* Setelah selesai mengenalkan 1-20, mulai dengan soal2 dalam kisaran 1-20.
* Kemudian baru pengenalan 21-100.
* Dilanjutkan dengan soal2.
* Tahap selanjutnya adalah evaluasi, berikan soal kepada anak, beri alternative jawabannya. Jadi misalnya kita tanya (tetep dengan menunjukkan kartu) 15 + 11 berapa? Lalu tunjukkan 2 kartu, misal 26 dan 32. Jika anak salah memilih, tidak perlu menyanggah dengan panjang lebar, cukup bilang “jawaban yg benar 26”
* Terakhir adalah pengenalan angka
Beberapa yg perlu diperhatikan adalah :
* Bisa mulai diterapkan pada bayi usia 3 bulan.
* Ingat bahwa belajar matematika adalah belajar mengenai fakta bukan angka/symbol. Jadi mengenal angka adalah urusan terakhir.
* Usahakan waktu belajar sesingkat mungkin (disela2 bermain) supaya anak tidak merasa bosan & kemudian menganggap belajar
(matematika) adalah hal yang tidak menyenangkan.
* Lakukan kegiatan ini tanpa beban, tidak perlu punya target/pengharapan yang macam2. Anggaplah ini adalah salah satu permainan kita bersama anak.
http://ardhanamesvari.multiply.com
Temukan informasi lainnya mengenai Baby Flashcards - Education Flashcards - Baby Education - Baby Card - Education Card - Kartu Belajar - Kartu Anak - Kids Flashcards hanya di 88db.com
{ 0 komentar ... read them below or add one }
Post a Comment