Tips Mencari Hotel Murah di Yogyakarta

Diposting oleh Pekanbaru Sore Hari on Nov 12, 2014


Sudah lama sekali Yogyakarta menjadi tujuan wisata baik oleh wisatawan lokal maupun internasional. Dan cara termudah menjangkau kota ini yakni terbang dari Jakarta ke Yogyakarta. Salah satu keuntungan menjadi kota wisata adalah mudahnya menemukan berbagai tempat akomodasi yang dapat disesuaikan dengan anggaran biaya Anda. Menjadi tantangan tersendiri untuk menemukan hotel murah namun tidak murahan. 




1. Susuri Jalan Kaliurang


Selain letaknya jauh dari jalan Malioboro dan pusat kota seringkali wisatawan terlewati dari jalan ini. Namun jika Anda penyuka wisata outbound seperti hiking ke gunung, lokasi ini menjadi pilihan tepat untuk hiking ke Gunung Merapi. Di jalan ini Anda akan dengan mudah menemukan berbagai jenis homestay atau rumah singgah yang cocok disewa bila Anda berangkat dengan rombongan besar. 

Sebagian besar berbentuk rumah biasa lengkap dengan fasilitas seperti dapur dan kamar mandi. Ini akan membantu Anda untuk menghemat uang makan karena Anda dapat memasak sendiri. Belanja juga bukan perkara yang sulit. Setiap pagi Anda dapat menemukan pedagang sayur mayur keliling atau langkahkan kaki Anda ke pasar tradisional Yogyakarta yang akan menjadi pengalaman baru tak terlupakan.

2. Gang Satu, Gang Dua
Turis lokal dan mancanegara sering menyebutnya gang I dan gang II dan nama asli jalan ini adalah Jalan Sosrowijayan. Letaknya persis di samping Stasiun Tugu. Anda cukup berjalan kaki paling lama 5 menit melewati Jalan Pasar Kembang, dan Anda pun akan sampai Jalan Sosrowijayan ini. Di sini ada banyak hotel dengan variasi tarif yang beragam mulai dari yang bertipe homestay hingga hotel berbintang. Bila Anda hendak mengunjungi tempat wisata Yogyakarta yang berada di seputaran wilayah Malioboro seperti Pasar Beringharjo, Benteng, Kraton Yogyakarta dan Alun-alun Yogya, maka pilihlah hotel yang berada di daerah Gang I dan Gang II ini.

3. Prawirotaman
Dahulu daerah ini dikenal sebagai sentra batik lama, namun kini sudah berganti menjadi titik berkumpulnya para turis mancanegara dan hotel-hotel bertipe homestay. Bila Anda ingin menikmati wisata Yogyakarta yang jauh dari keriuhan Malioboro dan pusat kota, maka Prawirotaman bisa menjadi pilihan alternatif selain daerah Sosrowijayan. Di sini Anda tidak perlu khawatir soal makanan atau pun tempat hiburan. Sepanjang jalan Prawirotaman Anda akan dengan mudah menemukan kedai dan café yang menjual berbagai masakan khas Eropa. Toko cinderamata pun mudah dicapai dari penginapan. Kebanyakan memang menjual pernak-pernik khas Yogya seperti kerajinan perak, tas batik, kaos bertuliskan Yogyakarta dan ornamen Borobudur. 

{ 0 komentar ... read them below or add one }