Tips Traveling Wisata ala Backpacker

Diposting oleh Pekanbaru Sore Hari on Nov 11, 2014


Mengunjungi destinasi wisata Indonesia tentulah tidak semenarik dan se-eksotis mengunjungi tempat wisata Eropa. Ini karena ada anggapan bahwa pada dasarnya setiap tempat di Indonesia tidaklah berbeda jauh. Penyebaran budaya juga sudah menjangkau banyak wilayah, sehingganya ada istilah jika Anda terbang dari Jakarta ke Yogyakarta hanya untuk wisata kuliner  mencicipi sepiring gudeg rasanya "wasting time", karena hampir semua kota menjual menu ini. 

Namun sesungguhnya ada sesuatu yang berbeda dan unik misalnya ketika Anda pergi ke wisata yogyakarta dan menikmati hal-hal tersebut di kota asalnya. Ada nuansa yang berbeda mencicipi semangkuk Coto Makassar dan menikmatinya berlatarkan sunset di Pantai Losari, ketimbang hanya memakannya di mall Jakarta.

Mengelilingi seluruh wilayah Indonesia tentulah akan menghabiskan ongkos tidak sedikit. Jadi salah satu jalan yang banyak ditempuh oleh para pelancong adalah dengan berwisata ala backpacker, murah namun tidak menyusahkan alias terbang bebas dalam traveling. Dengan biaya ekonomis, para backpacker bisa mengunjungi banyak tempat wisata Indonesia sekaligus menikmati atraksi budayanya.

Menjadi backpacker tidaklah sesulit yang dibayangkan oleh orang. Ada cukup banyak mitos negatif yang menghampiri para backpacker mulai dari perjalanan yang sulit, panas, hingga tinggal di hotel murahan yang kotor dan tidak aman. Padahal kenyataannya tidaklah demikian. Sekarang ada banyak trik yang membuat perjalanan ala backpacker aman dan menyenangkan.
Lantas apa yang harus dipersiapkan bila Anda ingin berpergian ala Backpacker? 

1. Pilihlah Harga Terbaik di Situs Perjalanan

Anda mungkin akan terkejut saat mengetahui bahwa meski hotelnya sama dan Anda akan menginap pada hari yang sama, Anda akan menemukan bahwa situs-situs perjalanan memajang harga yang berbeda. Ini ada kaitannya dengan kerjasama dan paket promo antara hotel tersebut dengan situs perjalanan tertentu. Namun Anda harus memperhatikan bahwa promo ini seringkali berakibat pengurangan fasilitas hotel seperti sabun, handuk atau makan pagi. Pastikan Anda memperhatikan dengan teliti sebelum melakukan pemesanan.

Photo: www.bundatour.com

2. Pesan Tiket Jauh-Jauh Hari

Banyak maskapai penerbangan, hotel dan tempat menginap yang memberlakukan kebijakan early bird. Seringkali dengan program-program early bird, Anda dapat menghemat hingga 50%. Ini adalah cara yang paling banyak dilakukan oleh backpacker yang ingin berwisata namun tetap tinggal di tempat yang nyaman dan aman. Tidak hanya itu saja, terkadang promo ini sudah dipaketkan dengan tiket masuk ke berbagai tempat wisata Indonesia sehingga dapat menekan pengeluaran Anda.

Photo: www.terbangbebas.com

3. Hotel Budget

Hotel budget atau Hotel Murah adalah hotel yang memang ditujukan untuk kalangan backpacker. Rata-rata per malam Anda hanya perlu membayar di bawah 100 ribu rupiah. Tentu saja Anda tidak dapat mengharapkan fasilitas mewah seperti kamar mandi dalam, toilietris, handuk, sabun atau pun sikat gigi. Namun kamarnya cukup bersih dan beberapa bahkan sudah dilengkapi dengan akses internet nirkabel. Akomodasi seperti ini akan menekan pengeluaran Anda cukup signifikan.

Photo: www.jakartaview.com

{ 1 komentar ... read them below or add one }

Runfashions.com said...

wah tutorialnya sangat bagus sekali gan. saya sudah lama mencari tutorial ini, eh tak tahunya ada di sini. Ya sudah gan salam sukses ya.
lain kali saya akan kunjungi lagi ne blog.
Salam sukses dari Admin jual mesin fotocopy dan salam blogging.