Mencuci Celana Jeans

Diposting oleh pulat on May 2, 2011





Celana Jeans – Sudah pasti anda memiliki sepasang celana jeans favorit yg selalu Anda kenakan untuk menambah kenyamanan dan kepercayaan diri Anda. Agar celana jeans andalan tidak cepat aus karena terlalu sering dipakai, sebaiknya Anda memegang empat aturan dasar dalam merawat celana jeans berikut ini.

Jangan terlalu sering mencucinya
Kecuali Anda menumpahkan sesuatu pada celana jeans, atau celana jeans terkena noda yg bakal sulit dibersihkan, sebaiknya tidak mencucinya setiap Anda selesai memakainya (atau setiap dua kali pakai). Terlalu sering mencuci bahan denim akan membuat warnanya cepat pudar, berubah bentuk, dan lebih cepat aus. Belum lama ini CNN bahkan melaporkan bahwa seorang mahasiswa University of Alberta belum mencuci celana jeans-nya selama 15 bulan. Tampaknya, celana jeans tidak akan lebih kotor daripada ketika dicuci dan dipakai selama 13 hari.

Jangan mencucinya dgn air panas
Mencuci bahan denim dalam air panas bisa menyebabkan kerusakan pada serat kainnya. Sebaiknya, gunakan air dingin saja, dan cuci celana jeans warna gelap dalam keadaan terbalik (bagian dalam di luar). Lalu, gantungkan saja sampai kering. Menghindari air panas saat mencuci akan mencegah celana jeans menyusut dan meningkatkan daya tahannya.

Jangan pernah menyetrika celana jeans
Alasannya sama dgn masalah mencuci celana jeans dgn air panas. Paparan panas dan uap dari setrika dapat merusak serat-serat denim. Belum lagi risiko noda putih akibat setrika yg terlalu panas. Selain itu, karena celana jeans adalah pakaian kasual, Anda tak akan membutuhkan lipatan-lipatan yg membuatnya terlihat ketinggalan jaman.

Kirimkan ke dry cleaner
Untuk mencegah celana jeans berwarna gelap akan memudar, sebaiknya Anda mengirimnya ke dry cleaner, dan bukannya mencucinya. Kemudian, simpanlah celana jeans ke tempat yg tidak langsung terpapar sinar matahari untuk menjaga agar warnanya tetap awet.

Sumber: kompas.com

Temukan Info Lain Seputar Celana Jeans

{ 0 komentar ... read them below or add one }